Evan Soumilena, Bintang Futsal Asal Papua yang Kini Unjuk Gigi di Portugal

Evan Soumilena, Bintang Futsal Asal Papua yang Kini Unjuk Gigi di Portugal
info gambar utama

Talenta futsal Indonesia merambah Eropa. Ada Evan Soumilena yang kini bermain di Portugal.

Evan tergabung dengan ADCR Caxinas, salah satu klub futsal papan atas di Portugal. Pihak klub telah mengumumkan bergabungnya Evan pada 22 September 2023 lalu.

"Langsung dari belahan dunia lain untuk memperkuat skuad kami, salah satu pemain terbaik dari kejuaraan Indonesia, Evan Soumilena." demikian petikan pengumuman tersebut.

Bersama ADCR Caxinas, Evan mengarungi Liga Placard musim 2023-2024 yang merupakan kompetisi futsal level tertinggi di Portugal. Evan bersama klubnya harus bersaing ketat dengan klub-klub top lain seantero Portugal.

Elkan dan Shayne menjadi Dua Pemain Sepakbola Indonesia yang Masuk EA Sports FC 2024

Profil Evan Soumilena

Lahir di Papua pada 19 November 1996 dengan nama lengkap Holypaul Evan Septinus Soumilena. Evan mulai meniti karier di dunia futsal bersama klub Liga Futsal Profesional Indonesia, Black Steel Manokwari yang kini telah berganti nama menjadi Black Steel Papua. Sejak 2017, Evan telah meraih berbagai prestasi bersama klub pertamanya itu.

Tercatat, Evan pernah membawa Black Steel menjadi juara Liga Futsal Profesional Indonesia 2020. Ciamiknya lagi, ia juga menyabet gelar pemain terbaik pada tahun tersebut.

Selama berkarier di Indonesia, Evan tidak pernah bergabung dengan klub futsal profesional lain. Dari Black Steel, ia langsung hijrah ke Eropa untuk berseragam ADCR Caxinas.

Pada musim 2022-2023 yang jadi musim terakhirnya bersama Black Steel, Evan hanya mampu membawa klubnya menempati peringkat ketiga Liga Futsal Profesional Indonesia. Namun, ia berhasil menyabet gelar pencetak gol terbanyak. Dengan koleksi 33 gol, tidak ada pemain lain yang menyamai catatan tersebut sejak Liga Futsal Profesional Indonesia pertama digulirkan pada 2006-2007.

Selain jadi andalan di klub, Evan juga merupakan bagian dari Timnas Futsal Indonesia sejak 2022. Tercatat, ia dua kali mengantar Indonesia menjadi runner-up di ajang internasional, tepatnya di Kejuaraan Futsal AFF dan SEA Games 2022.

Sejauh ini, ADCR Caxinas telah melakoni dua laga di Liga Placard 2023-2024. Evan yang bermain dalam laga terakhir di mana mereka menghadapi Sporting CP mampu menorehkan penampilan yang cukup impresif.

Bermain di Pavilhao Joao Rocha, Lisbon, Sabtu (30/9/2023) malam WIB, Evan menyumbangkan satu assist yang dieksekusi menjadi gol oleh Francisco Oliveira. Di lapangan, Evan juga beberapa kali melancarkan aksi yang merepotkan lawan. Sayang, ADCR Caxinas harus rela menelan kekalahan 2-5.

Dengan Liga Placard 2023-2024 yang baru dimulai, Evan masih punya banyak kesempatan untuk unjuk gigi. Para penikmat futsal Tanah Air pun dapat menyaksikan aksinya, setidaknya hingga akhir musim ini behubung Evan punya kontrak selama setahun di ADCR Caxinas.

Melangkah Menuju Industrialisasi: Babak Baru Sejarah Futsal Indonesia

Referensi:

https://www.sofascore.com/team/futsal/adcr-caxinas/363238

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini