Pentingnya Peran Anak Muda Membentuk Serta Melestarikan Nilai-Nilai Kebudayaan Indonesia

Pentingnya Peran Anak Muda Membentuk Serta Melestarikan Nilai-Nilai Kebudayaan Indonesia
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbung untuk Melambung

Gelaran Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2023 (PKN),akan diselenggarakan pada tanggal 20-29 Oktober 2023, yang akan mengusung sebuah tema "Merawat Bumi Merawat Kebudayaan".

Momentum Gelaran Pekan Kebudayaan Nasional Tahun ini haruslah menjadi penyemangat serta pendorong bagi generasi muda Indonesia, dalam melestarikan serta membentuk sebuah karakter dari nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah kebudayaan yang ada di Indonesia.

Sesuai dengan tema yang diadakan tahun ini yaitu, "merawat bumi merawat kebudayaan" tentulah hal ini menjadi pendorong kita untuk memahami bagaimana cara suatu kebudayaan bisa terus dilestarikan, serta dirawat supaya nilai-nilai dasar penyampaian makna dari masing-masing budaya dapat tersampaikan dengan semestinya.

Hal ini lah yang menjadi dasar bagaimana upaya kita dalam membentuk sebuah karakter serta melestarikan nilai-nilai Kebudayaan yang ada diberbagai daerah di Indonesia, tentunya anak muda Indonesia haruslah berperan aktif dalam melestarikan serta merawat kebudayaan yang ada di daerah masing-masing maupun kebudayaan yang ada di seluruh Indonesia.

Maka dari itu marilah mengenal berbagai macam jenis-jenis kebudaya yang ada di Indonesia dari mulai tarian dari masing-masing daerah maupun kebudayaan lainnya, serta nilai-nilai atau makna apa saja yang terkandung didalamnya.

Pesona Tarian Kembang dari Mangkunegara yang Memikat Negeri Belanda

Macam-macam Kebudayaan di Indonesia serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya:

 sumber foto: pixabay (szimmermann_De)
info gambar

1.Tari Kecak

Adalah salah satu jenis tarian yang berasal dari Bali, yang sudah begitu terkenal baik di dalam negeri maupu mancanegara keunikan tari kecak sendiri terletak pada banyaknya orang yang memainkan tarian ini, dan gerakan yang sederhana namun itulah yang membuat unik dan juga tanpa iringan alat musik melainkan hanya menggunakan suara dari penari yang berjumlah kurang lebih 50 orang, dengan suara "cak" secara bersamaan dan juga drama yang di tampil saat pentas tari ini dilakukan.

hal inilah yang membuat tari kecak memiliki gerakan bermakna nilai seni yang tinggi, belajar mengandalkan kekuatan Tuhan, dan mengandung banyak pesan moral didalamnya.

2.Tari Cangget

Salah satu jenis tarian yang berasal dari provinsi Lampung tarian ini dimainkan oleh pemuda pemudi Lampung, tari cangget sudah ada sejak 1942, biasa dimainkan saat acara adat seperti panen raya, upacara pendirian rumah dan sebagai tarian pengantar.

Adapun nilai yang terkterkandung didalam tari cangget yaitu selain tarian ini memiliki nilai keindahan tari cangget juga memiliki nilai kerukunan yang tercermin dalam fungsi tersebut yang diantaranya sebagai ajang berkumpul atau berkenalan baik bagi orang tua, kaum muda, laki-laki maupun perempuan, serta sebagai perwujudan rasa syukur kepada sang pencipta (Allah swt) atas nikmat kesehatan serta rizki yang telah dilimpahkan.

Ritual Seblang, Tarian Penghormatan kepada Leluhur untuk Hindari Bencana

macam-macam kebudaya di Indonesia tidak hanya dari tariannya saja, tapi juga dari berbagai macam bahasa, kebiasaan masyarakat dalam suatu wilayah, maupun makanan dan rumah-rumah adat dari tiap masing-masing daerah. yang pastinya mengandung nilai dan makna tersendiri berikut beberapa rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia:

1.Nuwoh Sesat

Adalah rumah ada masyarakat Lampung Dalam bahasa daerah setempat, "Nuwo" berarti rumah atau tempat tinggal dan "Sesat'" bermakna musyawarah.

Nuwo Sesat adalah tempat pertemuan adat para perwatin (penyimbang) ketika mengadakan pepung adat (musyawarah), jadi dapat kita simpulkan bahwa Nuwoh Sesat sendiri adalah rumah masyarakat Lampung yang di pergunakan untuk pertemuan adat dalam rangka musyawarah untuk mencari mufakat, inilah salah satu nilai yang bisa kita dapat dari rumah kebudayaan adat Lampung.

2.Honai

Adalah rumah adat mungil papua rumah Honai merupakan salah satu rumah khas Papua, namun tidak dapat ditemukan di seluruh Papua, hanya dapat ditemui pada suku Dani tepatnya di lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Honai merupakan sebutan untuk rumah adat yang ditempati oleh laki-laki. Rumah adat ini tentulah cukup unik untuk kita kenal bahwa banyak sekali berbagai macam adat budaya ciri khas dari tiap daerah, inilah yang harus anak muda pelajari dan pahami bahwa banyak sekali nilai yang terkandung dalam sebuah rumah adat kebudayaan di masing-masing tempat, Seperti rumah adat Papua yaitu Honai.

Itulah beberapa kebudayaan Indonesia dari berbagai macam daerah yang dapat kita lihat dan pahami, bahwa setiap tarian maupun rumah adat akan selalu ada unsur-unsur dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, hal inilah yang harus ditumbuhkan dan dilestarikan agar tetap terjaganya sebuah nilai maupun makna didalamnya.

Salah satu upaya dalam melestarikan kebudayaan adalah dengan memperkenalkan nilai yang terkandung di dalamnya kepada generasi muda, supaya generasi muda tahu bahwa kebudayaan adalah suatu nilai moral penting yang harus dijaga serta dirawat, agar nilai dari sebuah kebudayaan di tiap masing-masing daerah dapat diteruskan terjaga serta dilestarikan.

Maka dari itu upayaku dalam melestarikan kebudayaan Indonesia adalah dengan memperkenalkan nilai-nilai dan makna yang terkandung dalam sebuah kebudayaan ditiap masing-masing daerah, supaya nantinya penyampaian makna dari masing-masing kebudayaan dapat disampaikan dengan semestinya, hal inilah yang harus terus mendorong generasi muda Indonesia untuk terus melestarikan dan memperlajari nilai serta makna dari suatu kebudayaan yang ada di Indonesia untuk terus dirawat dan dilestarikan.

5 Tarian Daerah Papua yang Penuh Makna dan Pesona

sumber referensi:

Tarian adat lampung https://www.detik.com/sumbagsel/budaya/d-6908774/6-tarian-adat-lampung-sai-bumi-ruwa-jurai

Tari Kecak https://www.detik.com/bali/budaya/d-6405567/inilah-6-keunikan-tari-kecak-khas-bali

Nuwoh Sesat Artikel ditulis oleh Gifari Zakawali Disunting oleh Amelia Puteri https://www.orami.co.id/magazine/rumah-adat-lampung?page=all

Honai https://indonesiabaik.id/infografis/honai-rumah-mungil-khas-papua

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini