Indonesia Luncurkan Toko UMKM Perdana di Bandara Perth, Australia

Indonesia Luncurkan Toko UMKM Perdana di Bandara Perth, Australia
info gambar utama

BUMN Ritel Indonesia, PT Sarinah (Persero) meluncurkan Toko Windownesia di Bandara Perth, Australia, pada 11 Oktober 2023. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, kehadiran Windownesia akan membawa produk UMKM go global.

“Kalau kita ke luar negeri, biasanya produk Asia atau Asia Tenggara lain bertebaran, kita pasti terganggu ketika melihat banyak produk-produk negara lain, tapi produk kita tidak ada, padahal Allah SWT memberikan Indonesia kekayaan yang luar biasa dari segi wilayah, alam, budaya, dan manusianya,” ujar Erick, dilansir dari Republika, Rabu (18/10).

Kementerian BUMN dikatakan terus mendorong transformasi Sarinah yang tidak hanya menjadi etalase produk lokal untuk pasar domestik, melainkan juga mampu menembus pasar global. Pihaknya telah memberikan dukungan hingga pendampingan agar UMKM naik kelas dan merambah pasar global.

Produk lokal layak jual

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (18/10), Toko Windownesia diluncurkan dengan menggandeng Dufry International AG. Kolaborasi ini bertujuan memberikan wadah khusus untuk memasarkan produk-produk Indonesia pada kanal distribusi Dufri yang mengoperasikan toko bebas bea di seluruh dunia.

Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati menilai peluncuran toko ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong produk-produk UMKM Indonesia agar mampu naik kelas, sekaligus membuktikan bahwa produk Indonesia berdaya saing dan layak untuk dijual di luar negeri.

“Ini adalah Windownesia yang pertama dan juga untuk partner kami Dufry ini juga merupakan country corner yang pertama. Jadi kita benar-benar bisa meyakinkan mereka bahwa Indonesia ini pantas diberikan corner di toko-tokonya mereka,” jelasnya.

Gudang Ekspor Shopee Diresmikan, Saatnya UMKM Go Internasional

Perluas jaringan ke negara lain

Kehadiran Windownesia diyakini dapat mengubah persepsi orang-orang di luar negeri terhadap produk Indonesia. Selain itu, toko ini juga akan menjadi wadah baru bagi UMKM nasional untuk turut berkembang dalam peningkatan konektivitas perekonomian dunia.

Sebagai toko UMKM Indonesia yang pertama, Windownesia di Australia ini harapannya akan menjadi awal dari pembukaan Windownesia lainnya di beberapa negara lain. PT Sarinah saat ini pun tengah menjajaki kerja sama dengan India, Korea Selatan, Jerman, Turki, dan Saudi Arabia untuk membuka Windownesia.

“Jadi bisa dibayangkan ini bisa menjadi suatu gerakan dimana ini bisa memberikan peluang seluas-luasnya kepada pada pelaku UMKM dan brand lokal untuk mulai present di international market,” kata Fetty.

Ada 3 Strategi Percepatan Digitalisasi UMKM dari Pemerintah, Apa Saja?

Referensi:

  • Kompas.com. Sarinah Gandeng Dufry Buka Toko di Australia, Dorong Produk UMKM Masuk Pasar Global. https://money.kompas.com/read/2023/10/15/110000826/sarinah-gandeng-dufry-buka-toko-di-australia-dorong-produk-umkm-masuk-pasar?page=all
  • Republika. Mimpi Erick Thohir Terwujud, Indonesia Punya Toko UMKM di Australia. https://ekonomi.republika.co.id/berita/s2jydm370/mimpi-erick-thohir-terwujud-indonesia-punya-toko-umkm-di-australia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini