Alunan Musik Gamelan Meriahkan Malam Kebudayaan Indonesia di Swedia

Alunan Musik Gamelan Meriahkan Malam Kebudayaan Indonesia di Swedia
info gambar utama

Alunan gamelan mewarnai malam Indonesian Cultural Night 2023 yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Stockholm di Kota Malmo, Swedia, pada 27 Oktober 2023. Beragam kebudayaan Tanah Air lainnya juga turut memeriahkan acara tersebut.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, Indonesian Cultural Night merupakan acara tahunan KBRI Stockholm yang diadakan sebagai ajang untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat internasional, terutama di Swedia.

Dubes RI Kamapradipta Isnomo menilai pemilihan Kota Malmo untuk promosi budaya sangat tepat karena dikenal sebagai kota besar yang multikultur dan pusat berbagai perusahaan dan universitas yang terkenal di Swedia yang berbatasan dengan Denmark.

Jembatan pertukaran budaya

Indonesian Cultural Night 2023 tak hanya menjadi ajang promosi budaya dan memperkenalkan Indonesia. Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan people-to-people contact antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat Swedia maupun warga asing yang tinggal di sana.

Sementara itu, Ketua Dewan Kota Malmo Carina Nilsson mengungkapkan bahwa acara tersebut dapat menjadi jembatan bagi pertukaran budaya antara Swedia dan Indonesia. Menurutnya, semboyan Indonesia, Unity in Diversity, juga nampak di Kota Malmo.

Sebagai kota multikultur, Kota Malmo disebutkan sangat terbuka terhadap ide-ide baru dan kegiatan bisnis, hingga terhadap orang-orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Indonesian Cultural Night 2023 sendiri mendatangkan ratusan orang dari berbagai kalangan.

PKN 2023 di PT PFN: Menghargai Budaya dengan Hubungan Erat Manusia dan Lingkungan

Segarnya kopi Gayo

Ajang malam kebudayaan tersebut dimulai dengan sesi Fika Reception, yaitu acara mini resepsi yang memberikan ruang kepada para tamu untuk saling menikmati jajanan khas Indonesia, teh, dan kopi Gayo yang disiapkan oleh roastery lokal Swedia.

Dalam kebudayaan Swedia, Fika merupakan acara kebersamaan untuk menikmati kopi dan makanan ringan di sela-sela hari. Usai jamuan ringan ini, Indonesian Cultural Night 2023 dilanjutkan dengan pertunjukan beragam kebudayaan seperti tarian tradisional dan musik gamelan.

Tradisional yang ditampilkan adalah tari Medley Wonderful Indonesia, yakni perpaduan tari Tor-Tor,​ tari Janger, tari Jaipong, tari Kipas, dan Burung Enggang. Penampilan musik gamelan dibawakan dengan instrumen minimalis dan kontemporer oleh Bilawa Ade Respati, seniman Indonesia yang berkiprah di Eropa.

Pertunjukan Budaya dalam Indonesian Cultural Night Pukau Masyarakat Bangko

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini