Demi Kebudayaan Indonesia yang Semakin Maju ke Depan

Demi Kebudayaan Indonesia yang Semakin Maju ke Depan
info gambar utama

Tahukah kalian? Kalau kebudayaan merupakan sebuah hal yang tidak dapat kita pisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Coba kalian ingat-ingat kembali dalam satu hari kalian ada melakukan hal yang berkaitan dengan kebudayaan atau tidak? Aku sangat yakin, pasti jawaban kalian adalah “Ada”. Karena hanya dalam waktu sehari saja kalian mungkin telah melakukan hal yang berkaitan dengan kebudayaan lebih dari satu kali, atau bahkan kalian telah melakukannya secara berkali-kali.

Baik itu kalian melakukannya secara kalian sadari maupun tanpa kalian sadari, dimana pun kalian sedang berada pasti kebudayaan yang bisanya kita lakukan akan selalu ada dan terus terbawa dengan sendirinya di dalam diri kita. Layaknya sebuah bahasa yang tidak dapat kita pisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari, karena merupakan sebuah kendaraan atau jembatan bagi kita untuk dapat mengekspresikan diri kita.

Namun sayangnya dapat kita lihat, kalau banyak sekali anak muda di jaman sekarang yang telah terpengaruh oleh budaya-budaya luar dan menghilangkan kebudayaan lama mereka yaitu budaya Indonesia di dalam diri mereka. Oleh sebab itu juga, jangan terkejut ketika terdapat seseorang yang mengalami perubahan kebudayaan pada diri mereka, baik hal itu terjadi kepada diri kalian sendiri, teman kalian, keluarga kalian ataupun orang-orang yang mungkin kalian kenal.

Yang Muda yang Banyak Pertimbangan: Pernikahan Usia Muda di Indonesia Semakin Menurun

Karena kebudayaan dalam diri manusia bisa saja berubah akibat perubahan lingkungan serta perilaku orang-orang sekitar yang menimbulkan hal tersebut dapat terjadi. Dan perubahan kebudayaan yang dimaksud bukanlah hanya dalam satu faktor saja, melainkan dalam berbagai faktor. Seperti cara kita dalam berpakaian, cara kita dalam bersikap, dan cara kita dalam melakukan hal-hal lainnya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Padahal dengan mempertahankan kebudayaan kita justru akan memunculkan banyak manfaat baik yang akan menjadi hal positif bagi diri kita sendiri, seperti kita dapat lebih mudah untuk memahami dan mengetahui berbagai macam cara serta sudut pandang yang berbeda tentang budaya dari beberapa daerah di negara kita, akan membuat kita semakin terbuka dengan kebudayaan yang ada, dapat membuat kita memahami segala hal yang ada dalam kehidupan kita, akan membuat kita semakin berdaya dan berkembang, maupun dapat memperluas wawasan yang kita miliki dalam mengetahui serta memahami berbagai kebudayaan yang ada di negara kita sendiri (Indonesia).

Itulah alasannya mengapa mempelajari budaya-budaya dari negara kita sendiri serta mempertahankannya di dalam diri kita sendiri sangatlah penting untuk kita lakukan, karena dapat memberi kita pandangan baru untuk menjalani kehidupan kita sehari-hari. Adapun berbagai alasan lainnya mengapa kita sebagai anak-anak bangsa perlu untuk mengenal budaya di negara kita sendiri, selain karena kitalah yang akan melanjutkan tujuan didirikannya bangsa (secara mendasar budaya adalah bagian identitas suatu negara untuk membedakan diri dengan negara lain) ialah sebagai berikut:
1. Mempertahankan makna yang dimiliki oleh negara kita.
2. Menghargai karya-karya yang ada di negara kita.
3. Mempertahankan keunikan budaya yang telah ada di negara kita.
4. Memupuk rasa toleransi sejak dini.
5. Mempelajari dan memahami bagian-bagian penting yang telah ada dalam sejarah negara kita.
6. Memahami bahwa kebudayaan yang dimiliki oleh negara kita ialah sebagai sumber kekayaan yang berharga (yang tentunya harus selalu kita jaga dan lestarikan).

5 Nama Upacara Keagamaan Buddha: Tujuan dan Pelaksanannya

Jika alasan-alasan tersebut (yang telah tertera di atas) dapat kita maksimalkan dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai anak bangsa Indonesia, akan dapat menimbulkan rasa bangga serta meningkatkan rasa cinta kita terhadap budaya juga negara kita sendiri. Dan seterusnya dalam waktu jangka panjang akan menjadi sebuah tradisi yang tidak terhentikan.

Tapi, tentu saja bukan berarti kita tidak boleh atau tidak diperbolehkan untuk mempelajari kebudayaan yang dimiliki oleh negara luar ataupun neraga asing, hanya saja jangan sampai kita melupakan atau bahkan sampai menghilangkan kebudayaan lama yang kita miliki dari negara kita sendiri. Karena dengan kita mempelajari kebudayaan lain, kita juga akan mendapatkan berbagai manfaat yang ada, sebagai berikut:
1. Dapat memperluas wawasan yang kita miliki.
2. Dapat membuat kita akan semakin mudah dalam beradaptasi di lingkungan manapun.
3. Dapat menjadi sarana belajar tentang bahasa yang akan menambah ilmu serta pengetahuan yang kita miliki.
4. Dapat membuat kita menjadi sosok yang selalu menghargai kebudayaan yang dimiliki oleh orang lain.
5. Dapat mengajarkan kita tentang arti kata kehidupan yang sebenarnya.

Jadi dengan berbagai manfaat yang telah kita ketahui (seperti yang ada di atas), baik adanya bagi kita dalam mempelajari kebudayaan yang ada di negara lain. Hanya saja kita harus selalu ingat, untuk tidak menghilangkan kebudayaan yang kita miliki di negara kita sendiri dan juga harus selalu melestarikan kebudayaan yang kita miliki di Tanah Air kita.

Foto from: Pexels (web penyedia gambar bebas hak cipta).


Setiap bangsa ataupun negara pasti memiliki kebudayaannya masing-masing yang telah dibentuk sejak lama (yang tentunya, berbeda-beda). Mau wujudnya kebendaan ataupun non kebendaan, yang jika menurut Koentjoroningrat terdapat 7 yaitu, sebagai berikut:
1. Agama.
2. Ilmu pengetahuan.
3. Organisasi.
4. Kesenian.
5. Bahasa.
6. Teknologi.
7. Mata pencaharian.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kebudayaan diartikan sebagai sebuah pikiran, adat istiadat, sesuatu yang berkambang, dan juga menjadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk diubah. Budaya ialah sebuah konsep yang menumbuhkan minat yang berkenaan dengan cara kita hidup, cara kita belajar serta berpikir, cara kita dalam merasa, cara kita mempercayai dan cara kita dalam mengusahakan apa yang patut menurut budaya kita. Yang dalam hal ini, ialah merupakan tingkah laku serta gejala sosial yang menggambarkan identitas dan citra suatu masyarakat.

Harmonisasi Bahasa Madura dan Permainan Tradisional untuk Mencegah Perundungan Anak

Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang kita miliki di Tanah Air sebagai tanda rasa cinta kita kepada negeri kita yaitu, Indonesia. Dan berikut ini ialah beberapa cara atau tips bagi kita untuk dapat melestarikan budaya bangsa kita sendiri:
1. Mempelajari budaya bangsa. Karena sebelum kita melestarikan budaya bangsa, kita harus mengenal terlebih dahulu terhadap budaya itu sendiri.
2. Memperkenalkan budaya kepada orang lain.
3. Memperkenalkan budaya kepada negara lain.
4. Tidak terpengaruh dengan budaya lain atau budaya dari negara asing.

Jadi, apa lagi yang sedang kalian tunggu? Mari kita bersama-sama selalu melestarikan kebudayan kita yang telah lama ada di negeri kita sendiri yaitu, Indonesia. Dengan begitu, kita akan semakin bangga dan percaya diri dalam mengenali kebudayaan kita kepada orang asing, serta akan membuat kita semakin mencintai kebudayaan yang telah kita miliki maupun dapat membuat kita semakin mencintai negara kita sendiri. Demi kebudayaan Indonesia yang semakin maju kedepan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NB
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini