RI Pamer Keindahan Alam dan Budaya di Pameran Pariwisata Terbesar di Swedia

RI Pamer Keindahan Alam dan Budaya di Pameran Pariwisata Terbesar di Swedia
info gambar utama

Indonesia memamerkan keindahan alam dan keragaman budaya yang dimilikinya lewat Travel News Market (TNM) 2023 di Stockholm Waterfront Congress Centre, Swedia, Kamis (9/11). Acara ini memberikan peluang untuk memperkuat hubungan dengan pasar Skandinavia.

Dilansir dari Antara, Sabtu (11/11), TNM merupakan acara perjalanan business to business (B2B) terkemuka di Swedia yang mempertemukan penyedia perjalanan internasional dengan para profesional industri Skandinavia.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia Kamapradipta Isnomo, mengungkapkan bahwa upaya kolaboratif penting dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Melalui TNM, Indonesia berpeluang mempromosikan keindahan serta keunikannya.

“Kerja sama antara semua pihak terlibat sangat penting untuk memastikan promosi dan pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Kami antusias menjaring peluang yang TNM berikan untuk memperkuat hubungan dengan pasar Skandinavia dan memamerkan keindahan serta keunikan Indonesia,” kata Ismono.

Indonesia wajib dikunjungi

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) menyatakan antusiasmenya untuk berinteraksi dengan pelaku industri perencana perjalanan, dan mitra profesional di Travel News Market 2023. Hal ini diharapkan bisa mengukuhkan posisi Indonesia sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi turis Skandinavia.

KBRI menggandeng mitra berbagai pelaku industri pariwisata, di antaranya Wonderful Indonesia Tour AB, Wicked Adventures, Orient Tours AB, dan Traveloka. Selain keindahan alam dan budaya, Indonesia juga memamerkan pengalaman unik di lima destinasi wisata super prioritas di Tanah Air.

Berdasarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo, kelima destinasi itu adalah Danau Toba (Sumatra Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat/NTB), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur/NTT) dan Likupang (Sulawesi Utara).

Membidik Wisatawan Eropa Lewat Bursa Pariwisata di London

Digemari backpacker Swedia

Indonesia belakangan menjadi destinasi favorit bagi warga negara Swedia untuk berlibur. Hal ini dibuktikan dari peningkatan jumlah pelancong Swedia yang mengunjungi Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 26.115 pelancong Swedia mengunjungi Indonesia pada Januari–September 2023.

Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan tahun 2020 yang sebanyak 17.600, maupun pada 2021 yang hanya sebanyak 3.516 pelancong Swedia. Pada 2021, Duta Besar Swedia untuk Indonesia Marina Berg mengungkapkan Provinsi Bali menjadi salah satu destinasi favorit bagi turis-turis asal Swedia.

Dilansir dari VOI, Sabtu (11/11), Berg mengatakan, pelancong dari negaranya senang berlibur ke Bali, khususnya para backpacker. Sebagai informasi, backpacker adalah seorang yang melakukan perjalanan wisata dengan tema serba minimalis, mulai dari barang bawaan, akomodasi, hingga pengeluarannya.

Mengenal Keragaman Warga Labuan Bajo yang Jadi Magnet Wisatawan

Referensi:

  • Antara. KBRI Stockholm Promosikan Alam dan Budaya Indonesia pada Ajang TNM. https://www.antaranews.com/berita/3817635/kbri-stockholm-promosikan-alam-dan-budaya-indonesia-pada-ajang-tnm
  • VOI. Pelancong Swedia Favoritkan Bali sebagai Tujuan Wisata. https://bali.voi.id/aktual/105873/pelancong-swedia-favoritkan-bali-sebagai-tujuan-wisata

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini