4 Negara Eropa ini Bebaskan Visa untuk Warga Negara Indonesia

4 Negara Eropa ini Bebaskan Visa untuk Warga Negara Indonesia
info gambar utama

Halo, Kawan GNFI pecinta traveling. Liburan akhir tahun 2023 sudah mulai dekat, pasti Kawan yang sudah merencanakan liburan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, seperti eropa mungkin? Nah, ada kabar gembira untuk Kawan, beberapa negara Eropa membebaskan visa bagi wisatawan Indonesia, lho!

Di Eropa terdapat banyak sekali destinasi menarik dan penuh sejarah yang menjadi favorit para wisatawan yang datang. Tidak heran jika wisatawan rela untuk mengurus visa demi mengunjungi destinasi ikonik di beberapa negara Eropa.

Visa merupakan dokumen surat izin yang diberikan oleh negara yang dituju agar seseorang dapat memasuki wilayahnya. Beberapa negara di Eropa masih mewajinkan visa bagi warga Indonesia, sementara ada pula negara yang telah menerapkan kebijakan bebas visa. Kawan cukup membawa paspor sebagai syarat administrasinya.

Lalu, negara Eropa mana saja yang membebaskan warga negara Indonesia berkunjung tanpa visa? Berikut ini 4 negara yang bisa dikunjungi wisatawan Indonesia tanpa visa.

1. Serbia

Kota Serbia | Sumber foto Dimitrije Milenkovic Unsplash.com
info gambar

Serbia merupakan negara Eropa yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Terletak di antara hUngaria, Bulgaria, Rumania, Montenegro, dan Mekadonia Utara, Serba memiliki banyak destinasi wisata bersejarah yang menarik untuk dikunujungi.

Dengan hanya memegang tiket dan paspor, Kawan bisa memiliki untuk menjelajahi Serbia selama periode 30 hari.

baca juga: 5 Eco Park di Indonesia

2. Azerbaijan

Kota Baku Azerbaijan | Sumber foto Orxan Musayev unpslash.com
info gambar

Azerbaijan merupakan negara di Transkaukasia Timur yang berbatasan dengan Pegunungan Kaukasus di sisi selatan, Rusia di sisi utara, Laut Kasipia di sisi timur, Iran di sisi selatan, Armenia di sisi barat, dan Georgia di sisi barat laut.

Negara dengan ibu kota Baku ini tercata sebagai anggota ke-46 Majelis Eropa yang bergabung pada 25 Januari 2001. Secara geografis, Azerbaijan berada di persimpangan Eropa dan Asia Barat. Menarik bukan untuk dikunjungi?

Jika Kawan tertarik mengunjungi Azerbaijan, Kawan perlu memiliki Visa on Arrival (VoA) 30 hari. VoA adalah dokumen izin masuk sementara yang diberikan oleh pemerintah negara tujuan untuk warga asing yang akan masuk ke negaranya.

3. Belarusia

Arsitektur di negara Serbi | Sumber foto Egor Kunovsky Unsplash.com
info gambar

Kawan tahu, gak? Belarusia, sebelum merdeka pada tahun 1991, dikenal sebagai 'Rusia Putih'. Negara Eropa Timur ini, dengan ibu kota Minsk, berbatasan dengan Ukraina di selatan, Rusia di utara dan timur, Polandia di barat, serta Lituania dan Latvia di barat laut.

Bagi pecinta makanan olahan kentang, Belarusia menjadi destinasi yang sangat menarik. Sebagian besar hidangan khas di negara ini menggunakan kentang sebagai bahan dasar. Bahkan, masyarakat Belarus memiliki lebih dari 300 resep berbeda yang menggunakan kentang.

Bagi para penggemar kuliner dan keindahan alam Belarus, tidak diperlukan visa untuk berkunjung. Kawan hanya perlu membeli tiket pesawat dan membawa paspor. Wisatawan Indonesia dapat tinggal selama 30 hari tanpa visa dengan syarat harus datang dari Bandara Internasional Minsk, tidak melakukan penerbangan ke atau dari Rusia, memiliki tiket pulang dalam waktu 30 hari, dan menunjukkan asuransi senilai 10 ribu euro atau sekitar Rp165,8 juta (menggunakan asumsi kurs Rp16.589/US$).

baca juga: Kepulauan Raja Ampat Tempat Destinasi Terbaik untuk Pecinta Selam

4. Turki

Hot air ballooning | Mar Cardeira unsplash.com
info gambar

Turkiye memiliki keunikan karena salah satu kota terbesarnya, Istanbul, menjadi satu-satunya kota di dunia yang terletak di antara dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Meskipun secara geografis sebagian besar wilayah Turki terletak di Asia, negara ini memiliki kehadiran yang signifikan di kedua benua.

Negara ini, dengan ibu kota Ankara, berbatasan dengan Laut Hitam di utara, Georgia dan Armenia di timur laut, Azerbaijan dan Iran di timur, serta Irak dan Suriah di tenggara. Di sebelah barat daya dan barat, Turki berbatasan dengan Laut Mediterania dan Aegea, sedangkan di sebelah barat laut berbatasan dengan Yunani dan Bulgaria.

Turki dikenal memiliki banyak tujuan wisata menarik, dengan 21 situs yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO. Selain keindahan wisata, Turki juga menghadirkan beragam pilihan kuliner yang menarik untuk dinikmati.

Berita baiknya bagi pelancong asal Indonesia adalah bahwa tidak diperlukan visa untuk mengunjungi Turki, dan mereka dapat tinggal selama 30 hari tanpa persyaratan visa.

Sumber referensi:

  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231011072212-269-1009686/kabar-gembira-wisata-ke-4-negara-eropa-ini-bisa-tanpa-visa
  • https://narasi.tv/read/narasi-daily/daftar-negara-eropa-tanpa-visa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini