Youth Today x Join AIESEC: Show Your Shine in Authentic Ways with AIESEC

Youth Today x Join AIESEC: Show Your Shine in Authentic Ways with AIESEC
info gambar utama

Hoy, AIESEC! What’s up?

AIESEC in IPB setiap tahunnya kembali membuka kesempatan bagi para pemuda di IPB University untuk mengembangkan potensi kepemimpinan bersama AIESEC in IPB melalui program JoinAIESEC 2023. Program tersebut diikuti secara antusias oleh banyak mahasiswa IPBUniversity.

Dalam salah satu rangkaian dari Join AIESEC, AIESEC in IPB mempersembahkan Youth Today X Join AIESEC Special Edition bagi para pendaftar AIESEC in IPB. Youth Today merupakan acara yang diselenggarakan oleh AIESEC in IPB yang bertujuan untuk menghubungkan generasi muda agar bisa menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya untuk mengembangkan kepemimpinan mereka sebagai seorang pemuda.

Pada tahun 2023, Youth Today mengangkat suatu tema Youth Today x Join AIESEC Special Edition Mapping Out YOUth Future: Show Your Shine in Authentic Ways with AIESEC dalam bentuk webinar dan Focus Group Discussion telah berhasil diselenggarakan pada Sabtu, 9 September 2023 pukul 19.00 - 21.30 WIB dengan total 1013 peserta melalui Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube. Webinar ini terdiri dari 4 sesi utama; (1) Story of Us; (2) Embrace the Authenticity; (3) Lead with US; (4) ABS x ILO Project Focus Group Discussion.

Baca juga: Squid Game Ala Indonesia Berhadiah Rp256 Juta Siap Digelar di GBK

Sesi pertama, Story of US, disampaikan oleh Iman Azhari, Local Committee President AIESEC in IPB 2023. Ia menceritakan tentang bagaimana budaya AIESEC in IPB dan relevansi AIESEC in IPB terhadap apa yang dibutuhkan para pemuda di masa saat ini. Selain itu disampaikan juga keunikan dari kepemimpinan yang diberikan AIESEC in IPB. Sesi tersebut memberikan gambar kepada para participants mengenai AIESEC in IPB secara inklusif dan berbagai aktivitas kepemimpinan yang biasa dilakukan.

Pada sesi kedua, Embrace the Authenticity, disampaikan oleh Amirah Fairuz Salsabila, alumni AIESEC in IPB yang saat ini juga berperan di Global Finance Board of AIESEC International. Ia menceritakan tentang pengalaman dan perjalanannya sebagai seorang AIESECer yang mulai merintis AIESEC journey nya dari level university based hingga level global. Amirah juga memaparkan manfaat yang diperoleh selama menjadi bagian dari AIESEC in IPB terhadap kehidupannya.

Lead with Us, sesi ketiga yang disampaikan oleh Lita Yulika Wibowo, LCVP Talent Management of AIESEC in IPB 2023. yang menjelaskan tentang AIESECvalue dan alat-alat yang digunakan oleh AIESEC in IPB untuk bekerja. Sesi ini menjelaskan lebih detail mengenai bentuk tanggung jawab apa yang dijalani sebagai seorang AIESECers seperti local committee meeting, pengisian personal development plan, dan lain sebagainya. Hal tersebut pastinya dibentuk sebagai penunjang perjalanan setiap AIESECers di AIESEC in IPB.

Baca juga: Danau Toba Dipuji Jadi Lokasi Balap Jetski Terbaik di Dunia

ABS x ILO Project FGD menjadi sesi penutup pada acara Youth Today malam itu. Sesi ini dibawakan oleh Shyfa Kanaya Zulkifli untuk menjelaskan aturan dan apa kegiatan yang akan dilakukan oleh participants di setiap breakout room yang telah disediakan.

Dijelaskan juga tentang ILO (The International Labour Organization) yang menjadi partner dari sesi ini yang dimana ILO merupakan organisasi internasional yang berfokus dalam terciptanya peluang bagi perempuan dan laki-laki untuk memperoleh pekerjaan yang layak dan produktif secara aman dan adil. Lalu, setelah itu peserta akan dipandu untuk masuk ke Breakout Room dan mengikuti FGD dengan mentor yang telah disediakan.

Pada sesi focus group discussion (FGD), setiap peserta diberikan kesempatan untuk mengisi suatu tools bernama PDP (Personal Development Plan) dan Padlet sebagai media untuk menuliskan hasil diskusi yang dibimbing oleh para moderator. FGD tersebut mengangkat topik Vision Setting. Objective yang ingin dicapai dari sesi tersebut ialah para pendaftar dapat membuat rencana yang terarah dengan menuliskan misi-misi dengan mengembangkan potensi yang mereka miliki untuk mencapai visi yang ingin dicapai.

Setiap rangkaian acara pada Youth Today diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas bagi para pendaftar tentang bagaimana perjalanan mereka kedepannya jika sudah menjadi bagian dari AIESEC in IPB nantinya. Banyak dari para peserta yang bergabung merasa senang dengan segala rangkain acara Youth Today karena memberikan informasi yang sangat insightful.

Dokumentasi Ribadii

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini