Kebun Raya Mangrove: Lestarikan Lingkungan Surabaya

Kebun Raya Mangrove: Lestarikan Lingkungan Surabaya
info gambar utama

Siapa yang tidak mengenal Mangrove? Mangrove merupakan ekosistem yang melibatkan beragam tanaman yang tumbuh di pasir, tanah, dan air sekitar laut, lagoon, atau sungai.

Mangrove memiliki karakteristik bermacam-macam. Diantaranya seperti berbagai jenis tanaman ekonomis sebagai sistem penjagaan untuk menjaga keseimbangan ekosistem, perlindungan pesisir dari dampak perubahan iklim, serta menjadi sumber daya makanan dan ekonomi yang vital bagi berbagai spesies.

Peran krusial Mangrove dalam menjaga keseimbangan ekosistem dapat berfungsi sebagai dasar hidup bagi manusia dan hewan. Umumnya, tanaman-tanaman ini berbentuk bakau. Bakau-bakau ini pun bermacam-macam jenisnya. Di antaranya Bakau Kurep, Bakau Minyak, Mangrove Merah dan Bakau Kecil.

Tumbuhan ini tumbuh di kawasan perairan payau, campuran air tawar dan asin, yang sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Tujuan dikelilingi air laut juga bermanfaat sebagai menjaga kelembaban di dalam hutan. Lambat laun, tumbuhan Mangrove kali ini juga ada di Surabaya, lho! Kebun Mangrove ini dikenal sebagai Kebun Raya Mangrove Surabaya!

Baca Juga: Seniman RI dan Qatar Bersatu dalam Karya Seni "Dialogue of Papers"

Kebun Raya Mangrove Surabaya

Kebun Raya Mangrove Surabaya adalah kebun raya mangrove yang menggabungkan konservasi, edukasi, dan wisata. Kebun ini kerap menjadi destinasi populer di Jawa Timur dengan fasilitas lengkap sekaligus berperan penting dalam pelestarian lingkungan.

Kebun Raya Mangrove Surabaya, sebagai kebun raya tematik mangrove pertama dan satu-satunya di Surabaya, Jawa Timur. Dengan luas 27 hektar (ha), mangrove di Surabaya terbagi menjadi tiga wilayah berbeda.

Diantaranya mencakup Mangrove Wonorejo, Mangrove Medokan Sawah, dan Mangrove Gunung Anyar. Masing-masing wilayah memiliki lebih dari 58 jenis mangrove, termasuk bakau hitam, bakau merah, dan bakau minyak telah ditanam ke tiga tempat ini.

Didirikan pada tahun 2014. Awalnya, Pemerintah Kota Surabaya membangun Kebun Raya Mangrove Surabaya sebagai kebun raya bertema mangrove pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Hingga akhirnya, kebun raya ini memiliki lima fungsi utama, yaitu konservasi, penelitian, edukasi, wisata, dan jasa lingkungan. Fungsi-fungsi ini membuatnya menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat, pusat penelitian, dan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga:Sempat Mengalami Penyusutan, Rehabilitasi Mangrove di Sumatera Utara Telah Diupayakan

Fungsi Kebun Raya Mangrove di Surabaya

Kebun Raya Mangrove Surabaya dibangun dengan tujuan utama untuk memprioritaskan pelestarian keragaman hayati, perlindungan pesisir, dan pemberdayaan masyarakat di Kota Metropolitan. Hal ini bertujuan agar Surabaya memiliki lingkungan yang sehat, bersih dan hijau untuk masa depan daerah.

Berbagai macam koleksi tanaman mangrove ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku tanaman obat dan produk pangan berbasis teknologi canggih. Kelebihan yang dimiliki menegaskan peran mangrove yang sangat berpengaruh dalam melestarikan ekosistem mangrove di Kota Metropolitan dan memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Selain menjadi destinasi wisata alam di Surabaya, kebun raya yang berperan sebagai sarana edukasi masyarakat, tempat penelitian, dan destinasi wisata yang menarik. Melalui upaya yang dilakukan oleh pemerintah, Kebun Raya Mangrove Surabaya tidak hanya mengantisipasi pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan, tetapi juga membantu menjaga dan meningkatkan jumlah tanaman mangrove agar terawat dengan baik dari masa ke masa. Yang tentunya, memiliki peran penting dalam pelestarian keragaman hayati.

Dengan destinasi wisata yang mumpuni, tentunya tidak terlewatkan fasilitas-fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Mangrove. Semua tempat Mangrove yang ada di Surabaya ini telah mencakup fasilitas berupa wisata edukasi mangrove, jogging track, menara pantau, spot foto, dermaga perahu, picnic ground, kantor pengelola, dan tidak lupa fasilitas wajib berupa toilet dan mushola.

Baca Juga:Camp Leakey Tempat Pusat Perlindungan dan Rehabilitasi Habitat Orangutan

Sampai saat ini, jenis tanaman yang dapat ditemui di Kebun Raya Mangrove Surabaya sudah memiliki tanjang, bakau putih, lindur, werus, mata buaya, api-api, kateng, dan lain sebagainya.

Sebagai destinasi wisata keluarga, teman, atau sahabat, Kebun Raya Mangrove menawarkan beragam potensi wisata dan fasilitas, menjadikannya salah satu destinasi populer di Jawa Timur.

Oleh karenanya, Mari Kawan GNFI! Jelajahi Kebun Raya Mangrove Surabaya, lindungi lingkungan dengan melestarikan keanekaragaman hayati dan pesisir. Ajak keluarga, teman, maupun sahabat Kawan untuk mendukung pelestarian ini bersama!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini