Local Project by AIESEC in USU Ajak Pemuda Ikut Volunteer Demi Mendukung SDGs

Local Project by AIESEC in USU Ajak Pemuda Ikut Volunteer Demi Mendukung SDGs
info gambar utama

HOY AIESEC!

Tentu ada begitu banyak cara bagi kita sebagai pemuda untuk dapat memberikan suatu dampak positif bagi lingkungan sekitar kita. Dan salah satunya adalah dengan memberikan kontribusi kita sebagai seorang volunteer! Nah, pas banget nih, AIESEC in USU juga lagi buka pendaftaran program volunteer , ho.

Kegiatan relawan atau volunteer ini memiliki fokus pada pengembangan diri dan kontribusi positif pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Program ini bernama Local Project, yang akan menyediakan kesempatan bagi pemuda berupa program volunteer hybrid selama 4 minggu yang melibatkan pemuda dalam proyek-proyek yang mendukung SDGs khususnya di Sumatera Utara.

Di Museum Seni Terbesar Dunia, Indahnya Kain Tradisional Indonesia Hadir Memberi Warna

Pasti seru banget nih, bisa mempunyai kesempatan volunteer untuk society dan juga mengembangkan soft skill dan hard skill diri kita. So kita akan membahas 2 jenis program pilihan dari Local Project by AIESEC in USU. Salah satu program unggulan dari Local Project by AIESEC in USU sendiri adalah "Contribution to Literacy," yang menitikberatkan pada SDGs No. 4 dengan target 4.6, yakni "Memastikan para pemuda dan proporsi orang dewasa yang substansial untuk meraih literasi dan numerasi."

Proyek ini memberikan kesempatan kepada pemuda untuk menyalurkan kreativitas mereka demi meningkatkan tingkat literasi di Sumatera Utara. Melalui kegiatan volunteer, pemuda akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang mendukung tujuan SDGs No. 4, menciptakan dampak positif di komunitas sekitar.

Dokumentasi Pribadi

Proyek Contribution to Literacy atau Constitucy ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi pemuda untuk berkontribusi pada literasi, tetapi juga memberikan akses kepada mereka untuk bertemu dengan pembicara profesional, serta mendapatkan ruang pelatihan yang memungkinkan mereka untuk bekerja dan berkreasi.

Didukung 135 Negara, RI Kembali Jadi Anggota Organisasi Maritim Internasional

Ini adalah kesempatan langka bagi pemuda Sumatera Utara untuk merasakan pengalaman belajar yang holistik dan mendalam. For your information, untuk Contribution to Literacy 2.0 kali ini akan berkunjung ke Panti Asuhan dan melakukan kegiatan belajar mengajar untuk adik-adik di sana! Pasti seru banget!

Sementara itu, program "Hear the Earth" dari Local Project menargetkan SDGs No. 13 dengan fokus pada target 13.3: "Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan untuk menghadapi perubahan iklim."

Proyek ini melibatkan pemuda dalam menyuarakan ide-ide kreatif guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim dan dampaknya di Sumatera Utara. Melalui kegiatan ini, pemuda akan menjadi agen perubahan dalam menanggapi isu global yang mendesak.

Dokumentasi Pribadi

Hear the Earth tidak hanya memberikan pemuda kesempatan untuk berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan, tetapi juga menyediakan platform atau wadah bagi mereka untuk berinteraksi dengan pembicara-pembicara profesional yang ahli di bidangnya.

Ruang pelatihan yang disediakan dalam proyek ini akan memberikan pemuda kesempatan untuk mengasah keterampilan mereka sambil menggali potensi kreatif yang belum terungkap. Dan pada Hear the Earth 1.0 kali ini, akan berisi salah satu rangkaian kegiatan yaitu berkunjung ke pantai dan melakukan penanaman pohon di sana! Wah, sudah terbayang dong, betapa serunya bisa volunteer sembari healing.

Dokumentasi Pribadi

Local Project berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang menginspirasi dan memberdayakan pemuda Sumatera Utara. Dengan menggabungkan konsep pembelajaran hybrid, kontribusi nyata pada SDGs, dan interaksi dengan para pembicara profesional, Local Project bertujuan untuk membantu pemuda meraih potensi penuh mereka dan menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat.

Local Project by AIESEC in USU akan berfokus untuk melakukan kontribusinya terhadap target Pendidikan Berkualitas bersama Contribution to Literacy 2.0 dan Perubahan Iklim bersama Hear the Earth 1.0. So go ahead and choose your fighter!

Mengungkap Akar Konflik Rohingya: Mengapa Etnis ini Begitu Dibenci di Myanmar?

Kami mengundang pemuda yang berdomisili Sumatera Utara yang bersemangat untuk mengembangkan diri, belajar, dan memberikan kontribusi mereka pada SDGs untuk bergabung dalam Local Project Winter Peak by AIESEC in USU. Pendaftaran Local Project Winter Peak by AIESEC in USU telah dibuka dari tanggal 23 Oktober 2023 hingga 8 Desember 2023. Jadi jangan ketinggalan and register yourself now!


Bersama-sama kita wujudkan perubahan positif untuk masa depan yang lebih baik!

Penulis: Meisya Maulidia Tania

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini