Bunga Kecombrang, Tanaman Rempah Khas Indonesia yang Kaya Manfaat

Bunga Kecombrang, Tanaman Rempah Khas Indonesia yang Kaya Manfaat
info gambar utama

Kecombrang (Etlingera elatior) merupakan tumbuhan khas Indonesia yang biasanya digunakan sebagai rempah masakan. Bunga kecombrang tampilannya begitu cantik, bagaikan obor yang berwarna merah.

Bunga kecombrang juga memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Di Sumatra Utara, bunga ini dikenal dengan nama kencong atau kincung. Sementara di Sunda disebut Honje, di Bali disebut Bongkot sementara di Malaysia disebut bunga kantan.

Bunga kecombrang adalah bunga majemuk yang berbentuk bonggol dengan panjang tangkai 40-80 sentimeter. Sedangkan panjang benang sari kurang lebih 7,5 centimeter, putiknya kecil dan putih.

Tanaman Pala yang Telah Hidupi Masyarakat Fakfak dari Setiap Generasi

Bunga kecombrang juga memiliki mahkota bunga yang bertaju, berbulu jarang, dan warnanya kemerahan. Bentuk biji dari kecombrang adalah kotak atau bulat dengan warna putih atau merah jambu.

Dijadikan bumbu masakan

Namun bagian dari bunga ini juga bisa diolah sebagai bumbu masakan. Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai sayur asem, sementara bagian batang biasanya digunakan sebagai pemberi cita rasa pada masakan daging.

Di Sumatra, bunga kecombrang dijadikan sambal atau sebagai bumbu gulai. Di Jawa Barat bunga ini dijadikan lalap yang dihidangkan bersama sambal. Di Banyumas, bunga kecombrang dikukus lalu dijadikan pecel.

Mengintip Rempah-Rempah di Dapur Orang Eropa pada Abad Pertengahan

Sementara itu di Sulawesi Selatan, kecombrang dijadikan sebagai bumbu masakan untuk ikan kuah kuning. Sedangkan di negara tetangga, Malaysia dan Singapura menjadikan kecombrang sebagai salah satu unsur penting dalam membuat laksa.

Biasanya orang yang pertama kali mengonsumsi bunga kecombrang mendapatkan sensasi asam, segar, dan wangi. Tetapi setelah mengonsumsi bunga kecombrang, biasanya mereka banyak yang merasa ketagihan.

Manfaat kecombrang

Bunga kecombrang memiliki berjuta manfaat yang berkhasiat bagi tubuh manusia. Biasanya masyarakat tradisional memanfaatkan buahnya untuk mengobati sakit telinga dan daunnya untuk membersihkan luka.

Sofa Farida dan Anshary Maruzy dalam jurnal berjudul Kecombrang (Etlingera elatior): Sebuah Tinjauan Penggunaan Secara tradisional, Fitokimia dan Aktivitas Farmakologinya 2016 menjelaskan manfaat kecombrang.

4 Rekomendasi Minuman Kesehatan Asli Indonesia

Dikatakan tanaman asli Indonesia ini mengandung senyawa beragam, seperti saponin, tanin, sterol, dan terpenoid di rimpangnya. Sedangkan di bagian daun dan bunganya ada senyawa flavonoid, kaemferol dan kuersetin.

“Salah satunya sebagai antioksidan, pencegahan dan pengobatan penyakit degeneratif, kanker, penuaan dini, dan gangguan sistem imunitas tubuh,” tulisnya yang dimuat Mongabay.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini