Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara Pamerkan Koleksi Hewan Eksotis untuk Momen Liburan

Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara Pamerkan Koleksi Hewan Eksotis untuk Momen Liburan
info gambar utama

Seiring tibanya musim liburan, Jagat Satwa Nusantara menawarkan destinasi kunjungan menarik sekaligus edukatif di Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara, yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Setelah melakukan perbaikan yang signifikan, museum menawarkan pengalaman yang memikat untuk pengunjung dari segala usia. Museum ini menampilkan koleksi satwa eksotis Komodo dan reptil, dalam tujuan memberikan wawasan mendalam tentang fauna unik di negeri ini.

Peserta Musyawarah XIV PKBSI 2023 Puji Jagat Satwa Nusantara Bertaraf Internasional

Pengalaman di Museum Komodo tidak hanya terbatas pada hiburan visual, melainkan juga
mencakup pembelajaran interaktif. Infografis visual menyajikan informasi yang memperkaya
pemahaman pengunjung tentang dunia reptil yang dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu Ordo Crocodilia, Ordo Testudinata, dan Ordo Squamata.

“Selain menjadi destinasi wisata, museum ini juga menjadi wahana pembelajaran yang menyenangkan dan informatif bagi setiap pengunjung,” tulis Ery Erlangga, Direktur PT Dyandra Mitra Indah selaku pengelola Jagat Satwa Nusantara.

Mengundang petualangan

Seluas 6.000 m2, Museum Komodo mengundang petualangan luar biasa melalui 5 zona kunjungan yang menakjubkan. Mulai dari Zona Herpetofauna, Zona Testudines, Zona Crocodilia, Zona Sauria, dan Zona Varanus. Setiap zona merangkai kisah unik satwa reptil.

Salah satu yang juga menjadi keunikan di museum ini adalah Papua Biodome. Objek ini menjadi jendela ke keajaiban Pulau Papua dengan paludarium yang menarik dan menciptakan replika habitat asli dengan sempurna.

“Keistimewaan tak hanya terletak pada koleksi, melainkan juga pada perhatian terhadap kenyamanan pengunjung. Fasilitas seperti bidang miring memberikan kemudahan bagi pengunjung dengan alat bantu jalan,” jelasnya.

 View this post on Instagram 

A post shared by JAGAT SATWA NUSANTARA 🇮🇩 (@jagatsatwa.tmii)

 ">Perluas Horison Konservasi, Jagat Satwa Nusantara Kunjungi Cikananga Wildlife Center

Museum Komodo, lebih dari sekadar destinasi, melainkan petualangan menyeluruh bagi para penggemar satwa liar. Museum Komodo juga mengedepankan kesadaran akan pentingnya melestarikan habitat alami.

Dengan menyoroti aspek-aspek konservasi, wahana ini memberikan wawasan yang mendalam mengenai upaya yang diperlukan untuk melindungi satwa dan mempertahankan keragaman hayati, terutama yang ada di Indonesia.

Koleksi Buaya Terlengkap

Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara menghadirkan pengalaman unik dengan koleksi buaya terlengkap dari berbagai wilayah Indonesia. Selain fokus pada Komodo, museum ini memamerkan beragam spesies buaya, memberikan gambaran holistik tentang kehidupan dan ekologi buaya yang menarik.

"Dengan dukungan ahli dan kurator handal, pengunjung dapat menikmati informasi mendalam dan pengalaman interaktif yang edukatif dan menghibur," paparnya.

Dalam komitmen serius terhadap pelestarian dan edukasi satwa liar, Museum Komodo
Jagat Satwa Nusantara menampilkan koleksi terlengkap buaya Indonesia, termasuk Buaya
Siam, Buaya Muara, Buaya Senyulong, dan Buaya Irian, menjadi daya tarik utama.

Kenali Empat Filosofi dalam Wajah Baru TMII, Venue KTT ASEAN ke 43

Semua hewan ini dipelihara dengan konsep 5 Animal Welfare, memberikan pengunjung peluang unik untuk menyaksikan keindahan dan kompleksitas makhluk kuno ini secara langsung. Melalui Mega Tank, pengunjung dapat merasakan sensasi menegangkan melihat buaya setara dengan mata manusia.

“Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara mengajak pengunjung untuk berinteraksi secara dekat dengan satwa reptil dan eksotis yang ada di Indonesia. Kami mengkonsepkan masing-masing satwa yang ada disini, seperti menempati habitat aslinya." terangnya.

Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara dapat dikunjungi dengan pembelian tiket masuk, dimulai dari Rp 40.000 untuk hari kerja (Senin-Jumat) dan Rp 50.000 untuk akhir pekan (Sabtu & Minggu dan Libur Nasional). Jam operasional Museum Komodo adalah pukul 09.00 – 17.00 WIB di hari Senin hingga Jumat, dan pukul 09.00 – 18.00 WIB saat akhir pekan dan hari Libur Nasional.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini