Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Menggunakan APA Style dan Harvard Style

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Menggunakan APA Style dan Harvard Style
info gambar utama

Daftar pustaka adalah bagian penting dalam penulisan karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah yang tidak mencantumkan daftar pustaka, maka kredibilitasnya bisa saja dipertanyakan. Pasalnya, daftar pustaka adalah rangkuman dari sumber yang digunakan oleh penulis untuk menyusun karya tersebut.

Salah satu sumber yang bisa dipakai oleh peneliti untuk menulis karya tulis ilmiahnya adalah artikel jurnal. Artikel jurnal sekarang jauh lebih mudah didapatkan karena bisa diakses melalui internet. Selain itu, kualitas jurnal sebagai sumber penelitian juga sangat kredibel dan bisa dipercaya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menulis daftar pustaka dari jurnal, karena jurnal sekarang sudah menjadi sumber penelitian yang banyak digunakan oleh peneliti. Simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal sebetulnya mudah saja dilakukan. Penulisan daftar pustaka dari jurnal tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan penulisan jurnal dari sumber-sumber yang lain. Meskipun begitu ada beberapa hal yang penting untuk diketahui ketika menulis daftar pustaka dari jurnal.

Ada beberapa style yang bisa digunakan dalam menulis daftar pustaka dari jurnal. Beberapa style yang populer untuk menulis daftar pustaka adalah APA, dan Harvard Style. Kedua style tersebut juga memiliki perbedaan dalam penulisannya. Maka untuk mengetahui cara menulis daftar pustaka dari jurnal menggunakan dua style tersebut, simak artikel ini sampai tuntas.

Baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku

Contoh Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Menggunakan APA Style

Contoh cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang pertama adalah jenis APA Style. APA Style merupakan salah satu gaya penulisan daftar pustaka yang bisa digunakan untuk menulis daftar pustaka berbentuk buku, artikel jurnal, dan yang lainnya.

Jenis APA Style ini adalah jenis penulisan jurnal yang paling populer dan sering dipakai menjadi syarat untuk menulis karya tulis ilmiah di lingkungan akademik. Baik untuk menulis jurnal maupun skripsi. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal dengan format APA dijelaskan dalam buku panduan berjudul Manual of The American Psychological Association.

Format untuk menulis daftar pustaka dari jurnal menggunakan APA Style adalah nama belakang, inisial nama depan dan tengah, (tahun terbit). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume Jurnal (Issue atau nomor), Halaman.

Contoh:

  • Karim, A. (2017). Penyebaran Islam dan Konstruksi Masyarakat Islam di Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. Jurnal Kebudayaan Islam, 6(2), 78-85.

Contoh Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Menggunakan Harvard Style

Cara kedua dalam menulis daftar pustaka dari jurnal adalah dengan menggunakan Harvard Style. Harvard Style sering digunakan dalam penulisan yang juga umum di universitas-universitas. Harvard Style juga bisa digunakan dalam menulis daftar pustaka dari buku, artikel jurnal dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah format penulisan daftar pustaka dari jurnal menggunakan Harvard Style, yaitu dengan menuliskan nama belakang penulis, inisial nama depan. (Tahun) “Judul artikel”, Nama Jurnal, Volume (isu), halaman pp.

Contoh:

  • Karim, A. (2017) “Penyebaran Islam dan Konstruksi Masyarakat Islam di Kecamatan Kotagede, Yogyakarta,” Jurnal Kebudayaan Islam, 6(2) pp 78-85.

Demikian adalah cara menulis daftar pustaka dari jurnal dengan menggunakan APA Style dan Harvard Style. Sebetulnya, masih banyak style yang perlu Anda ketahui, akan tetapi kedua style di atas adalah jenis yang paling umum digunakan dalam menulis daftar pustaka dalam karya tulis ilmiah.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini