Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi Menggunakan APA Style dan Harvard Style

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi Menggunakan APA Style dan Harvard Style
info gambar utama

Cara menulis daftar pustaka dari skripsi adalah cara yang mudah dilakukan. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang disusun untuk memenuhi tugas akhir di sebuah universitas. Skripsi ditulis dengan tata cara yang rigid sesuai dengan ketentuan yang sudah disusun oleh kampus.

Maka dari itu, sebagai sebuah referensi, skripsi termasuk dalam sumber yang kredibel. Skripsi bisa digunakan sebagai kutipan untuk menyusun karya tulis ilmiah lain seperti artikel jurnal dan makalah. Artikel ini membahas tentang cara menulis daftar pustaka dari skripsi untuk menulis karya tulis ilmiah yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Daftar Pustaka?

Daftar pustaka adalah sebuah bagian khusus yang diletakkan di akhir karya tulis ilmiah yang berisi sumber di sebuah karya tulis ilmiah. Daftar pustaka berisi informasi tentang identitas sumber yang dipakai untuk menulis karya tulis ilmiah. Identitas tersebut terdiri dari penulis, judul, hingga identitas penerbitnya.

Tujuan pertama dari adanya daftar pustaka adalah untuk menghindari plagiarisme. Plagiarisme adalah tindakan yang wajib dihindari karena melanggar etika dalam penulisan karya tulis ilmiah. Dalam daftar pustaka berisi tentang sumber yang meminimalisir adanya plagiarisme.

Selain itu, daftar pustaka juga bertujuan untuk memperkuat otentisitas sebuah karya tulis ilmiah. Sumber-sumber yang ditulis di daftar pustaka akan mencerminkan seberapa kompleks dan kredibel sebuah artikel yang ditulis dengan menggunakan sumber-sumber tersebut.

Unsur-unsur Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi

Skripsi merupakan sumber yang juga sering digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah. Namun, dalam menulis daftar pustaka dari skripsi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah nama pengarang, hal ini berguna untuk mengetahui siapa yang menulis skripsi tersebut.

Kedua, tahun skripsi tersebut dipublikasikan. Ketiga adalah identitas skripsi lainnya, seperti nama fakultas, nama perguruan tinggi, dan kota di mana perguruan tinggi tersebut berasal. Hal ini penting agar skripsi yang dijadikan sumber bisa diidentifikasi dengan jelas oleh pembaca.

Baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi dengan APA Style

Ada beberapa cara menulis daftar pustaka dari skripsi yaitu dengan menggunakan jenis APA Style. Dalam menulis maupun mengutip skripsi, jenis ini sangat sering dipakai ketika menulis daftar pustaka.

Berikut ini adalah cara menulis daftar pustaka dari skripsi menggunakan APA Style: Nama Penulis (nama belakang, nama depan). (Tahun). “Judul Skripsi”. (Fakultas, Universitas)

Contoh: Fanani, Muhammad Farih. (2019). “Gerakan Komunis dalam Sarekat Islam di Surakarta Tahun Tahun 1918-1926 M”. (Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi dengan Harvard Style

Selain APA Style, penulisan daftar pustaka juga bisa dilakukan dengan menggunakan style lain. Salah satu jenis yang populer adalah Harvard Style. Jenis ini biasa digunakan juga sebagai syarat menulis karya tulis ilmiah di lingkungan universitas.

Berikut ini adalah cara menulis daftar pustaka dari skripsi menggunakan Harvard Style: Nama Penulis (nama belakang, nama depan). (Tahun). “Judul Skripsi”. Fakultas, Universitas.

Contoh: Fanani, Muhammad Farih. (2019). “Gerakan Komunis dalam Sarekat Islam di Surakarta Tahun Tahun 1918-1926 M”. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Demikian adalah cara menulis daftar pustaka dari skripsi dengan Harvard Style yang perlu Anda ketahui. Usahakan untuk menulis semua identitas skripsi dengan jelas agar sumber skripsi tersebut bisa diketahui oleh pembaca secara utuh.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini