Berlibur ke Alahan Panjang dengan Segudang Destinasi Wisata

Berlibur ke Alahan Panjang dengan Segudang Destinasi Wisata
info gambar utama

Alahan Panjang merupakan salah satu daerah yang bisa dikunjungi ketika berlibur di Sumatra Barat.

Banyak destinasi wisata yang bisa Kawan kunjungi di wilayah yang berada di bawah administrasi Kabupaten Solok ini. Selain itu, jarak yang tidak terlalu jauh dengan Kota Padang bisa menghemat waktu liburanmu untuk menuju daerah ini.

Sebelum membahas lebih jauh, yuk, kenalan terlebih dahulu dengan daerah yang berada di kaki Gunung Talang ini!

Mengenal Alahan Panjang

Secara administratif, Alahan Panjang merupakan nagari yang berada di bawah Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Berlokasi di kaki Gunung Talang, wilayah yang bisa ditempuh dengan dua jam perjalanan dari Bandara Internasional Minangkabau ini berada di ketinggian 1.500 mdpl, sehingga suhu udara di Alahan Panjang cenderung sejuk dan dingin. Kondisi alam yang subur membuat mayoritas masyarakat Alahan Panjang berprofesi sebagai petani.

Jumat Menanam, Upaya BKSDA Lestarikan Lingkungan di Taman Jagat Satwa Nusantara

Meskipun demikian, pada saat ini potensi wisata yang ada di Alahan Panjang juga sudah mulai dimaksimalkan. Banyak bangunan-banguan baru, seperti cafe dan vila yang mulai bermunculan untuk mendukung wisata yang ada di daerah ini.

Selain itu, beberapa lokasi sudah mulai dikelola untuk tujuan wisata dan bisa menjadi pendapatan baru bagi masyarakat setempat.

Destinasi Wisata di Alahan Panjang

Wisata alam bisa dibilang menjadi destinasi unggulan yang bisa Kawan nikmati ketika berkunjung ke Alahan Panjang. Hamparan wilayah yang hijau dan asri bisa menjadi obat penat sejenak, khususnya bagi Kawan yang biasanya menghabiskan waktu sehari-hari di daerah perkotaan.

Berikut tiga destinasi utama yang bisa Kawan kunjungi ketika berlibur ke Alahan Panjang:

1. Kebun Teh

Kebun teh bisa menjadi destinasi wisata pertama yang bisa Kawan kunjungi ketika berlibur ke Alahan Panjang. Hamparan kebun teh akan bisa Kawan lihat di sepanjang jalan ketika memasuki daerah ini.

Bagi yang kelaparan, Kawan bisa membeli beberapa makanan yang ditawarkan oleh warung-warung yang ada di sekitar lokasi kebun teh. Jadi selain menikmati pemandangan kebun teh dan berfoto ria, Kawan juga bisa membantu usaha dari warga sekitar.

2. Danau

Danau Dibawah | Dokumentasi Pribadi
info gambar

Alahan Panjang merupakan salah satu wilayah dengan jumlah danau terbanyak yang ada di Sumatra Barat.

Setidaknya terdapat tiga danau yang ada di daerah ini, yaitu Danau Diatas, Danau Dibawah, dan Danau Talang.

Tidak hanya itu, Kawan bisa mengunjungi ketiga danau ini sekaligus di hari yang sama. Sebab, lokasi dari ketiga danau tersebut cukup berdekatan, sehingga bisa Kawan kunjungi tanpa perlu khawatir menghabiskan waktu liburan dengan cukup lama.

Selain menikmati pemandangan, Kawan juga bisa mendirikan tenda untuk camping bersama orang terdekat di beberapa spot yang sudah disediakan.

Bagi yang ingin lebih nyaman, Kawan bisa menyewa kamar di penginapan dan vila yang ada di sepanjang danau-danau tersebut.

Mengenal Macam Tari Tradisional Asal Malang

3. Gunung Talang

Gunung Talang | Dokumentasi Pribadi
info gambar

Untuk pecinta alam dan hiking, Kawan bisa menjajal gunung yang ada di wilayah Alahan Panjang, yaitu Gunung Talang.

Gunung dengan ketinggian 2.597 mdpl ini sering menjadi salah satu destinasi tujuan para pendaki yang ada di Sumatra Barat.

Meskipun demikian, Kawan perlu berhati-hati ketika ingin mendaki gunung ini. Sebab, Gunung Talang merupakan salah satu gunung aktif yang ada di Sumatra Barat dan mengeluarkan gas belerang di area puncaknya.

Terdapat dua jalur yang sering dilalui ketika Kawan ingin memulai mendaki Gunung Talang dari Alahan Panjang, yaitu jalur Aia Batumbuk dan Bukik Bulek.

Kedua jalur ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika memilih jalur Aia Batumbuk, Kawan akan melewati hamparan kebun teh di trek awal perjalanan.

Selain itu, medan yang ditempuh tidak terlalu curam dan menanjak. Meskipun demikian, untuk mencapai puncak butuh waktu yang cukup lama, sekitar delapan hingga sepuluh jam. Sebaliknya, waktu tempuh menuju puncak jika melewati jalur Bukik Bulek jauh lebih singkat, sekitar tiga hingga empat jam perjalanan.

Akan tetapi, Kawan akan melewati medan yang selalu menanjak dari awal pendakian hingga puncak Gunung Talang. Perlu diingat, list di atas bisa dibilang masih berupa tujuan wisata yang mainstream di Alahan Panjang.

Jika beruntung bisa jadi Kawan akan menemukan hidden gem lain yang membuat momen liburanmu semakin menyenangkan.

Bagaimana Kemajuan Pengendalian Hutan dan Kebakaran Lahan Sepanjang 2023?


Referensi:
- https://jadesta.com/desa/24097

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini