Jumat Menanam, Upaya BKSDA Lestarikan Lingkungan di Taman Jagat Satwa Nusantara

Jumat Menanam, Upaya BKSDA Lestarikan Lingkungan di Taman Jagat Satwa Nusantara
info gambar utama

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) kembali menyelenggarakan program "Jumat Menanam" pada hari ini (29/12) di Taman Burung Jagat Satwa Nusantara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Hal ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan Ibukota Jakarta yang hijau dan bersih. Kegiatan ini dilakukan secara rutin oleh BKSDA bekerjasama dengan berbagai institusi pemerintah hingga swasta.

Taman Burung Jagat Satwa Nusantara: Rumah bagi Hewan Langka Indonesia

Program Jumat Menanam merupakan inisiatif rutin yang dijalankan oleh BKSDA Jakarta, dengan tujuan utama untuk menciptakan Jakarta yang hijau dan bersih. Kegiatan ini juga merupakan wujud komitmen BKSDA untuk melindungi alam Jakarta.

“Hal untuk menjaga ekosistem dan lingkungan Jakarta agar tetap bersih, aman, dan nyaman bagi seluruh masyarakat Jakarta, serta untuk melindungi sumber daya alam dan hayati yang ada,” papar Agus Arianto selaku Kepala BKSDA Jakarta.

Kerja sama

Karena memiliki tujuan yang sama dalam pemeliharaan dan pendidikan mengenai keanekaragaman hayati, dalam kegiatan ini BKSDA Jakarta bekerjasama dengan Jagat Satwa Nusantara.

BKSDA Jakarta dan Jagat Satwa Nusantara berkomitmen untuk turut dalam pelestarian sumber daya alam dan hayati, yang merupakan bagian integral dari keberlanjutan kota metropolitan ini.

Kegiatan ini berhasil menanam sekitar 60 pohon di area Taman Burung Jagat Satwa Nusantara. Pohon-pohon yang ditanam untuk mendukung keberagaman ekosistem dan meningkatkan kualitas udara di sekitar lokasi.

Playdate Inklusif Bersama Anak-anak Disabilitas di Jagat Satwa Nusantara

Hal ini terutama untuk kualitas kehidupan satwa. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam mendukung keberlanjutan lingkungan di Jakarta.

"Melalui program Jumat Menanam ini, kami berharap dapat mengajak masyarakat Jakarta untuk menciptakan lingkungan Jakarta yang hijau dan bersih. Selain Jumat Menanam juga dilakukan untuk memenuhi ekosistem dengan cara menjaga lingkungan Jakarta agar tetap bersih, aman, dan nyaman untuk seluruh masyarakat Jakarta juga untuk sumber daya alam dan hayati lainnya." ujar Agus.

Apa itu Jumat menanam?

Dikatakan oleh Agus, Jumat Menanam bukan hanya sekedar kegiatan tanam pohon, tetapi juga merupakan panggilan kepada seluruh masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk terlibat aktif dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Jagat Satwa Nusantara dan BKSDA berharap dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan di masa mendatang guna bersama-sama membangun Jakarta yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Pesta Inklusif 2023, Dorong Ekosistem Disabilitas dengan Diskusi dan Kesenian

“Semangat dan dukungan bersama akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga kelestarian lingkungan di Ibukota,” tambah Sekar Ningrum, Public Relations Jagat Satwa Nusantara.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini