Pesta Inklusif 2023, Dorong Ekosistem Disabilitas dengan Diskusi dan Kesenian

Pesta Inklusif 2023, Dorong Ekosistem Disabilitas dengan Diskusi dan Kesenian
info gambar utama

Didirikan pada 2018, Koneksi Indonesia Inklusif (KONEKIN) adalah platform sosial yang berfokus pada edukasi dan pemberdayaan disabilitas untuk mendorong ekosistem inklusif di Indonesia.

Sejak 2019 KONEKIN telah menyelenggarakan Pesta Inklusif, acara tahunan untuk merayakan hari disabilitas dengan merangkul lintas pemangku kepentingan ambil peran dalam mendorong inklusivitas dan menyediakan panggung talenta disabilitas.

Pemilihan nama 'Pesta' dipilih untuk menggambarkan suasana diskusi yang lebih meriah dan menyenangkan dengan menampilkan pertunjukan seni, serta 'inklusif' karena acara ini tidak terbatas pada satu ragam disabilitas saja tetapi membaur dengan non-disabilitas.

Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara Pamerkan Koleksi Hewan Eksotis untuk Momen Liburan

Acara yang diadakan pada Sabtu 16 Desember ini mengangkat tema mengenai kolaborasi dalam mencapai inklusi disabilitas sebagai bagian dari agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 dengan tajuk “Kolaborasi Pentahelix menuju Indonesia inklusif”.

“Pesta Inklusif diharapkan dapat menjadi wadah interaksi, diskusi, dan galang aksi untuk mendorong kesetaraan disabilitas oleh semua aktor pembangunan,” ujar Marthella Rivera Sirait, CEO & Founder KONEKIN dalam kegiatan konferensi pers Pesta Inklusif 2023 yang dilaksanakan di Sunyi Coffee, Barito.

Dukungan pemerintah

Disponsori oleh Pertamina, Bank Mandiri, dan berbagai perusahaan peduli disabilitas, Pesta Inklusif 2023 mengandeng TMII sebagai venue partner yang kini juga mulai menerapkan konsep pariwisata inklusif dan ramah disabilitas.

“Agenda kegiatan Pesta Inklusif ini in line dengan pilar utama kita. TMII terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, dan setelah direvitalisasi Taman Mini pun menjadi Disable Friendly, jadi fasilitasnya sudah mulai ramah untuk penyandang disabilitas,” papar Novera Mayang Sari selaku Corporate Secretary Taman Mini Indonesia Indah dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, Pesta Inklusif 2023 akan menjadi yang terbesar dibandingkan Pesta Inklusif 2023 memiliki beberapa agenda besar seperti tiga sesi diskusi publik, lima kelas belajar inklusif, serta menghadirkan 30 penampil disabilitas.

Kenali Empat Filosofi dalam Wajah Baru TMII, Venue KTT ASEAN ke 43

Bersamaan dengan itu, KONEKIN juga menggandeng talenta-talenta muda Indonesia untuk turut berpartisipasi. Ialah Rafi Sudirman dan Rara sudirman, dua talenta muda Indonesia yang kali ini ikut serta untuk menjadi bintang tamu utama Pesta Inklusif 2023. Penampilan mereka juga akan turut berkolaborasi dengan Hasna Mufida, seniman Tuli yang akan mengisyaratkan lagu-lagu yang dibawakan oleh Rafi dan Rara.

“Harapan saya sebagai guest star Pesta Inklusif 2023 agar saya bisa menginspirasi, dan harapan saya semoga semakin banyak teman-teman yang menjadi lebih berani untuk menjadi berbeda, karena berbeda itu indah, berbeda itu kita akan memiliki keunikan kita masing-masing,” ujar Rara Sudirman.

Sementara itu Hasna Mufida menyampaikan harapannya agar kelompok disabilitas khususnya Tuli dapat diberi kesempatan dan akses agar dapat meraih kesetaraan.

“Sebagai seorang seniman Tuli, mungkin saya bukan seseorang yang istimewa, saya sama seperti seniman yang lain, dan semua orang berhak mendapat kesempatan yang sama. Sama istimewanya. Harapan saya kepada seluruh masyarakat adalah jangan menghalangi kesempatan, karena hal ini penting sekali bagi kami agar kami dapat mengetahui kemampuan kami,” tutup Hasna Mufida.

Tentang KONEKIN

KONEKIN adalah platform sosial yang berfokus pada edukasi dan pemberdayaan disabilitas untuk mendorong ekosistem inklusif di Indonesia. KONEKIN berdiri sejak 2018 dengan misi penyebaran informasi, peningkatan partisipasi penyandang disabilitas di ruang publik, dan penciptaan kolaborasi lintas sektor.

KONEKIN berjejaring dengan pemerintah seperti Kemdikbud, Kemnaker, Kemensos, KemenPANRB, BKN, juga dengan instansi swasta, global companies seperti Nestle Indonesia, Johnson & Johnson Indonesia, Unilever Indonesia, Danone Indonesia, Cargill Indonesia, social enterprise, komunitas disabilitas, hingga figur publik.

Saat ini KONEKIN telah memiliki representatif di 19 provinsi se-Indonesia dan menghubungkan lebih dari 10.000 lebih inklusif lewat berbagai kegiatan, baik offline maupun online.

Wajah Baru TMII untuk Ikon Wisata RI, Kembalikan Gagasan dari Tien Soeharto

Diantaranya Kongkow Inklusif, Nobar Inklusif, Pesta Inklusif, Kawan Belajar, dan campaign #BantuDisabilitasBekerja. Selama pandemi, kami juga telah bekerjasama dengan dua mitra besar untuk membantu sekurangnya 104 penyandang disabilitas yang di-PHK dalam program #BantuDisabilitasBekerja.

Agenda-agenda Pesta Inklusif yang pernah diselenggarakan oleh KONEKIN sebelumnya. Tahun 2023, KONEKIN mengadakan kegiatan Pesta Inklusif yang dikemas dalam bentuk Diskusi Publik dan Kelas Belajar untuk Penyandang Disabilitas serta Non-Disabilitas.

Pesta Inklusif merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan sejak 2019 oleh KONEKIN, untuk ikut merayakan Hari Disabilitas Internasional setiap tanggal 3 Desember. Pesta Inklusif bertujuan meningkatkan kepedulian dan interaksi publik dengan Penyandang Disabilitas.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini