Jangan Sampai Salah, Begini Cara Merawat Sugar Glider yang Baik dan Benar

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Merawat Sugar Glider yang Baik dan Benar
info gambar utama

Tengah menjadi pusat perhatian, rasanya semua orang ingin berbondong-bondong untuk memelihara sugar glider, si hewan pengerat bertubuh mungil nan menggemaskan.

Namun, meskipun nampak lucu, tak sedikit yang mengurungkan niat untuk memelihara hewan yang kerap disebut sebagai tupai terbang ini karena tidak memahami cara merawat sugar glider yang tepat. Bagi Kawan yang tengah mengalami keraguan yang sama, yuk pelajari dulu cara merawat sugar glider melalui pembahasan kali ini.

Bagi Kawan yang memiliki sugar glider atau berencana memeliharanya berikut beberapa tips perawatan yang bisa Kawan ikuti.

Pilih Kandang yang Tepat

Cara merawat sugar glider yang baik bisa Kawan mulai dengan memberikannya kendang yang tepat. Dalam hal ini Kawan bisa memilih kandang dengan ukuran besar mengingat hewan imut ini sangat aktif dan suka bermain.

Disamping itu sebaiknya Kawan juga menggunakan kandang yang terbuat dari jaring atau jeruji horizontal. Tujuannya supaya bisa dipakai memanjat oleh sugar glider. Kendati demikian Kawan harus memastikan supaya tidak memakai kandang yang terbuat dari baja yang berkarat.

Jika Kawan menggunakan kandang seperti itu maka bisa membahayakan sugar glider. Salah satu risiko yang bisa alama adalah serangan infeksi kandung kemih.

Memberi Alas

Selain menyiapkan kandang yang tepat, Kawan juga perlu memberinya alas agar hewan peliharaan yang kecil dan imut ini merasa lebih nyaman. Untuk alas sendiri Kawan bisa memanfaatkan baki berukuran besar.

Baki tersebut digunakan untuk menampung kotoran dan sisa makanan supaya lebih mudah dibersihkan. Namun jika tidak memilikinya, Kawan juga bisa menggunakan alas lainnya yang sekiranya cocok asal tidak terbuat dari kayu dan sifatnya keras.

Perlu diketahui jika alas dari kayu bisa mengganggu pernapasan sugar glider. Tak hanya itu saja saat memilih alas Kawan juga harus sangat cermat dan memastikan tidak mengandung bahan yang beracun, pasir ataupun koran bekas.

Menyediakan Perlengkapan Lainnya

Layaknya hewan lainnya peliharaan imut seperti sugar glider juga memerlukan perlengkapan lainnya yang perlu Kawan sediakan. Salah satu perlengkapan tersebut berupa kantong untuk tidurnya. Perlu diketahui jika hewan lucu ini terbiasa tidur di pohon.

Untuk itulah agar sugar glider merasa nyaman Kawan perlu membuat kandang yang menyerupai habitat aslinya dengan memberinya kantong untuk tidur. Kantong ini bisa dari wol atau rumah burung dari kayu yang aman seperti manzanita. Disamping itu Kawan juga bisa menambah tangkai atau perlengkapan lainnya seperti mainan.

Tujuannya agar sugar glider tidak stress. Untuk mainan nya sendiri Kawan bisa memberinya permainan roda putar. Dengan mainan ini sugar glider dapat tumbuh menjadi lebih aktif dan tentunya sehat.

Pilihlah Makanan dan Minuman yang Menyehatkan

Perawatan sugar glider lainnya yang tak kalah penting untuk Kawan perhatikan adalah makanannya. Layaknya manusia hewan lucu ini juga memerlukan nutrisi yang tepat dan harus dicukupi seperti protein, mineral, lemak dan gula.

Kawan bisa memberi sugar glider makanan seperti pepaya kering, kacang, yogurt, ulat hongkong dan kelapa kering yang bebas sulfur. Selain itu Kawan juga bisa memberinya makanan yang dapat dijilat seperti makanan bayi dan bubur apel. Tak hanya itu saja Kawan juga harus memastikan jika makanan yang diberikan bebas dari pengawet, pemanis buatan dan zat pewarna.

Berikan Teman

Sugar glider adalah salah satu hewan yang suka hidup bersama dengan jenisnya. Untuk itulah salah satu cara terbaik merawat sugar glider adalah memberinya teman agar tidak kesepian. Ini jugalah yang menjadi alasan kenapa Kawan harus memelihara hewan ini lebih dari satu.

Paling tidak peliharalah dua ekor agar sugar glider tidak kesepian. Selain itu hewan peliharaan yang satu ini juga bisa tumbuh dengan sehat dan baik jika ada temannya.

Rutin Memandikan Sugar Glider

Dalam merawat hewan peliharaan seperti sugar glider tentunya Kawan juga harus memperhatikan kebersihan tubuhnya. Dalam hal ini Kawan harus rutin memperhatikan kesehatan giginya. Selain itu mandikan secara rutin agar tubuhnya tidak berbau. Mandikan sugar glider dengan air hangat atau seka dengan handuk basah.

Jangan lupa untuk memberikannya deodorant khusus sugar glider sehingga bau tubuhnya bisa dikurangi. Untuk deodoran pastikan memilih yang aman dan sesuai.

Cek Kesehatan Sugar Glider Secara Rutin

Cara merawat sugar glider yang baik dan benar tentunya tak lepas dari cara Kawan menjaga kesehatannya. Agar sugar glider tetap sehat usahakan untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Bawalah ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya secara berkala.

Dengan mengikuti cara merawat sugar glider diatas maka hewan peliharaan yang lucu ini bisa tumbuh dengan baik dan pastinya sehat. Selain itu jangan lupa untuk sering mengajaknya berinteraksi dan berilah perhatian agar ia merasa disayangi secara penuh.

Baca juga :Mau Pelihara Si Imut? Ketahui Dulu Jenis-jenis Sugar Glider Paling Populer di Indonesia

Sumber:

https://kumparan.com/berita-terkini/makanan-sugar-glider-dan-cara-merawatnya-1zqAMaTJev6/full
https://www-birdexoticsvet-com.translate.goog/sugar-glider-care-guide?_x_tr_hist=true&_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
https://bobo.grid.id/read/083335901/untuk-pemula-begini-5-cara-merawat-sugar-glider-yang-baik-dan-benar
https://www.hobinatang.com/2018/03/cara-menghilangkan-bau-sugar-glider.html
https://www.beritatokoh.com/idea/58510206126/7-tips-cara-merawat-sugar-glider-agar-tidak-bau#google_vignette

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini