Mau Pelihara Si Imut? Ketahui Dulu Jenis-jenis Sugar Glider Paling Populer di Indonesia

Mau Pelihara Si Imut? Ketahui Dulu Jenis-jenis Sugar Glider Paling Populer di Indonesia
info gambar utama

Seperti namanya, sugar glider yang memiliki nama ilmiah Petaurus Breviceps ini sangat menyukai buah-buahan yang memiliki rasa manis. Karena memiliki sifat yang jinak dan mudah dipelihara, banyak orang yang memilihnya sebagai hewan peliharaan di rumah.

Jenis-jenis sugar glider umumnya dapat dibedakan dari corak serta warna pada bulunya. Jadi, sebelum membawanya pulang ke rumah, ada baiknya Kawan mencari tahu terlebih dahulu mengenai ragam jenisnya sehingga bisa mendapatkan sugar glider sesuai preferensi pribadi.

Terdapat beberapa jenis sugar glider yang populer di Indonesia. Berikut 8 di antaranya.

Albino

sugar glider jenis albino
info gambar

Tentunya Kawan sudah tidak asing dengan istilah albino, Albino merupakan sebuah kelainan pada pigmen kulit yang menyebabkan warna tubuh menjadi putih pucat serta warna mata menjadi kemerahan.

Karena keunikan serta kondisinya yang langka, harga sugar glider albino terbilang fantastis jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Untuk satu ekor sugar glider albino biasanya memiliki harga jual mulai dari 4 hingga 10 juta rupiah.

Classic Grey

sugar glider jenis cassic grey
info gambar

Memiliki sifat yang mudah dalam beradaptasi serta mudah dijinakkan menjadikannya sebagai jenis sugar glider yang paling banyak dipelihara.

Sugar Glider yang paling mudah dijumpai ini memiliki karakteristik mata yang berwarna hitam serta warna bulunya campuran dari warna coklat dan abu-abu serta memiliki garis hitam dari kepala hingga ekornya. Harga sugar glider jenis classic grey ini juga terbilang cukup terjangkau, di daerah Jakarta sendiri harganya sekitar delapan ratus ribuan saja.

White Face

sugar glider jenis white face
info gambar

Seperti namanya, sugar glider jenis ini memiliki warna putih yang dominan di bagian wajah. Tahukah Kawan? Sugar glider white face memiliki sub kategori yaitu white face dan white face blonde. Kedua jenis ini memiliki ciri fisik yang serupa yakni tidak terdapat garis dan lingkaran hitam di sekitar mata dan telinga.

Untuk perbedaannya, jenis white face memiliki warna abu-abu yang mirip dengan jenis classic grey sedangkan jenis white face blonde memiliki warna abu-abu pudar atau kekuningan. Dari segi harga, baik white face maupun white face blonde memiliki banderol yang cukup ramah di kantong yakni mulai dari 500 hingga 900 ribuan saja.

Mosaic

Jenis sugar glider mosaic memiliki kemiripan dengan jenis white face. Perbedaan antara kedua jenis ini adalah letak warna putih pada bulunya. Jenis mosaic ini memiliki warna putih keabu-abuan pada punggungnya sementara untuk jenis white face warna putihnya berada pada wajah. Untuk harganya sendiri, sugar glider mosaic dijual dengan harga berkisar dari 500 ribuan hingga 2,5 juta per ekornya.

Leucistic

Secara warna, jenis leucistic memiliki kesamaan dengan jenis albino, namun yang membedakan keduanya adalah warna bola matanya. Leucistic memiliki warna mata yang hitam pekat seperti jenis lainnya. untuk harga sendiri, jenis ini juga memiliki harga yang tinggi dipasaran. Jika Kawan ingin memilikinya maka harus menyiapkan budget mulai dari 700 ribuan hingga 2,8 juta rupiah.

Platinum

Sugar Glider jenis yang satu ini memiliki warna dominan perak terang serta berwarna abu-abu tua pada bagian ekornya. Hal yang menjadikannya lebih menarik ialah warna pada kepalanya kontras dengan tubuhnya yaitu coklat muda. Namun kombinasi warna tersebut justru membuatnya terlihat lebih menarik. Jika Kawan ingin memiliki jenis ini maka perlu menyiapkan dana dari jutaan hingga belasan juta rupiah.

Butter Cream

Dengan warna bulu yang kuning kecolaktan serta garis gelap memanjang dari kepala hingga ekornya menjadikan binatang ini terlihat menggemaskan. Di tambah lagi dengan bola mata yang bulat dan besar menjadikannya semakin menarik untuk dimiliki. Untuk memiliki jenis ini Kawan perlu menyiapkan budget sekitar dua hingga empat jutaan rupiah.

Black Beauty

Memiliki warna yang indah yaitu campuran antara warna hitam dan putih yang tersebar di antara bulunya menghasilkan warna yang tampak seperti arang atau dark charcoal menjadikan hewan ini tampak lucu dan eksotis. Dengan kisaran harga empat juta hingga belasan juta merupakan harga yang pantas di tawarkan untuk jenis sugar glider ini.

Itu dia jenis-jenis sugar glider yang paling populer di Indonesia. Perbedaan yang paling mencolok dari semua jenis sugar glider memang hanya terletak pada warnanya, namun secara ukuran, hewan ini memiliki ukuran yang sama yaitu panjang badan berkisar 12cm serta panjang ekor berkisar 15cm. Selamat menentukan pilihan dan jika telah memilikinya jangan lupa untuk merawatnya dengan sepenuh hati ya, Kawan!

Baca juga :Jangan Sampai Salah, Begini Cara Merawat Sugar Glider yang Baik dan Benar

Sumber:
https://www.halodoc.com/artikel/jenis-jenis-sugar-glider-yang-populer-di-indonesia
https://bobo.grid.id/amp/083334397/mudah-dipelihara-ini-7-jenis-sugar-glider-yang-populer-di-indonesia
https://www.selasar.com/jenis-sugar-glider/
https://sugarglider.id/sugar-glider-menurut-jenis-varian-warna/
https://berita.99.co/jenis-sugar-glider/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini