Shuttle Bus Gratis Menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Mulai Beroperasi

Shuttle Bus Gratis Menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Mulai Beroperasi
info gambar utama

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggandeng Dinas Perhubungan Provinsi Bali untuk menyediakan Shuttle Bus gratis imbas kemacetan horror menuju bandara I Gusti Ngurah Rai pada Jumat (29/12).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat hendro Sugianto mengatakan, Shuttle Bus gratis disediakan mulai 30 Desember 2023 dengan melakukan pemindahan operasi Trans Sarbagita dan Trans Metro Dewata. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi kelancaran arus lalu lintas.

Rute dan Jadwal Shuttle Bus Gratis

Rute Shuttle Bus mencakup Simpang pesanggaran-Bandara, Nusa Dua-Bandara, dan Sentral Parkir-Bandara. Titik pemberangkatan disediakan di akses Jalan Tol Pesanggaran, Sentral Parkir Nusa Dua, dan Sentral Parkir Kuta.

Kemenhub menyediakan lima armada dengan kapasitas 20 penumpang per bus yang beroperasi mulai pukul 16.00–24.00 WITA. Pihaknya berharap agar para wisatawan dapat memanfaatkan shuttle bus ini guna mengurai kemacetan.

Sebagai informasi, Trans Metro Dewata merupakan Teman Bus dengan tipe layanan Buy The Service yang disediakan Ditjen Perhubungan Darat. Sementara Trans Sarbagita, adalah armada bus yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Proyek LRT di Bali Mulai Dibangun Tahun 2024, Seperti Apa Rutenya?

Kunjungan wisman lampaui target

Dinas Pariwisata Bali mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang 2023 lebih dari 5 juta, melebihi target pemerintah provinsi sebanyak 4,5 juta. Sementara wisatawan domestik mencapai sekitar 9 juta orang.

Dilansir dari Antara, Selasa (2/1), Kepala Dispar Bali Tjok Bagus Pemayun menilai tercapainya target itu merupakan keberhasilan pemerintah dalam membaca redanya pandemi sehingga kegiatan dan kebijakan berkaitan dengan pemulihan ekonomi dapat diprioritaskan.

Selain itu, banyak pihak maskapai yang membuka penerbangan langsung ke Bali. Tercatat hingga awal Desember 2023, terdapat 37 maskapai dari 18 negara dan 31 kota terhubung secara langsung dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Tari Kecak, Ikon Bali yang Mendunia

Referensi:

Antara. Dispar Bali Catat Kunjungan Wisman 2023 Tembus 5 Juta, Lampaui Target. https://www.antaranews.com/berita/3893631/dispar-bali-catat-kunjungan-wisman-2023-tembus-5-juta-lampaui-target

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini