Museum Angkut dan Deretan Kendaraan Uniknya

Museum Angkut dan Deretan Kendaraan Uniknya
info gambar utama

Museum Angkut merupakan museum transportasi yang terletak di Batu, Jawa Timur. Tepatnya berada di lereng Gunung Panderman, bagian dari Gunung Kawi-Butak.

Tahukah Kawan, bahwa museum ini dimiliki dan dioperasikan oleh Jawa Timur Park Group? Lalu, bagaimana deretan sejarahnya hingga terkumpul ratusan kendaraan dalam satu tempat?

Di Museum Angkut, Kawan dapat menemukan pameran kendaraan autentik yang memiliki sejarah masing-masing. Tempat ini menyediakan pameran kendaraan langsung. Hal itu karena Kawan dapat langsung melihat kendaraan ini benar-benar terpajang di depan mata.

Selain pameran kendaraan langsung, Kawan dapat menikmati berapa hiburan yang disajikan dari Museum Angkut yang melibatkan pameran sejarah.

Museum ini memajang kendaraan dalam tema-tema yang unik nan berbeda, sesuai dengan asal sejarahnya. Hal ini menjadikan Museum Angkut sebagai tempat ideal bagi para penggemar fotografi.

Kemenparekraf Akan Tambah Kapal Feri untuk Fasilitasi Penyeberangan Batam–Singapura

Museum Angkut juga menawarkan berbagai pertunjukan langsung, sebagian di antaranya dipentaskan setiap hari, sementara yang lain hanya tersedia di akhir pekan.

Pengalaman interaktif juga disediakan oleh museum, seperti simulasi penerbangan atau mobil balap yang kendaraannya terletak di lantai ketiga bangunan utama museum.

Adapula patung lilin di Museum Angkut. Salah satunya adalah patung lilin almarhum Ratu Elizabeth II yang duduk di salah satu singgasana.

Museum Angkut, yang juga dikenal sebagai Museum Transportasi, menampilkan beragam jenis moda transportasi baik yang tradisional maupun modern dari seluruh dunia. Beberapa jenis transportasi yang dipamerkan di Museum Angkut meliputi mobil antik, mobil bermotor, sepeda motor, sepeda onthel, kereta kuda, kendaraan komersial, dan pesawat.

Dengan dibumbui latar belakang budaya dan arsitektur pula. Pameran-pameran yang beragam ini menjadikan Museum Angkut sebagai destinasi wisata yang unik dan menarik di Jawa Timur.

Penerimaan Pajak 2023 Tembus Rp1.869,2 Triliun, Lampaui Target 3 Tahun

Perlu Kawan ketahui Museum Angkut didirikan pada tahun 2014 dan satu-satunya Museum Transportasi yang terletak di Indonesia, tepatnya di Malang. Ini merupakan museum transportasi pertama di Asia dan telah menjadi salah satu objek wisata paling populer di kota.

Museum ini menampilkan koleksi hampir semua alat transportasi yang pernah ada, baik yang tradisional maupun modern, serta replika kendaraan langka.

Museum ini memajang kendaraan dalam tema film yang berbeda, menjadikannya tempat ideal bagi para Kawan merasakan pengalaman unik dan mengabadikan momen tak terlupakan. Selain museum transportasi, beberapa pamerannya juga menyerupai set film.

Keadaan tersebut dilatarbelakangi bahwa selain mengumpulkan kendaraan dan alat transportasi dari masa lalu hingga sekarang, Museum Angkut juga menampilkan latar belakang budaya dan arsitektur dari berbagai negara.

Jadwal Publik Museum Angkut

Tiket masuk ke Museum Angkut seharga Rp100 ribu untuk hari kerja dan Rp120 ribu untuk akhir pekan serta hari libur nasional. Museum Angkut buka setiap hari mulai pukul 12:00 siang hingga 8:00 malam waktu setempat (WIB). Kawan disarankan untuk mengunjungi museum pada sore hari untuk menikmati pertunjukan yang ditampilkan di museum.

Pada saat berkunjung, Kawan akan ditemani oleh pemandu di Museum Angkut. Tentu museum ini menyediakan pemandu wisata profesional yang memberikan informasi mendalam mengenai sejarah kendaraan yang dipamerkan di sana.

Melacak Sosok Prabu Jayabaya, Benar Seorang Tukang Ramal dari Abad 12?

Tenang saja! Kawan juga memiliki kesempatan untuk menikmati pertunjukan langsung yang sudah termasuk dalam harga tiket di museum ini.

Museum Angkut menawarkan pameran kendaraan menarik sepanjang masa. Kendaraan ini meliputi beragam jenis, mulai dari mobil antik hingga kendaraan modern, termasuk replika kendaraan yang jarang ditemui.

Jika ingin merasakan pengalaman asli menaiki kendaraan besar, contohnya, museum ini menyediakan pengalaman simulasi penerbangan pesawat yang memungkinkan Kawan untuk dapat merasakan sensasi mengendarai pesawat. Ada juga simulasi mengemudi mobil F1, lo!

Jangan lewatkan pula kesempatan untuk Kawan dapat menikmati parade mobil dan kostum yang menarik, seperti patung lilin Ratu Elizabeth II yang sedang duduk di singgasananya. Selain itu, museum ini juga menampilkan miniatur tempat ikonik di seluruh dunia, termasuk Taj Mahal dan Colosseum.

Dengan beragam kendaraan dan temuan menarik, Museum Angkut menjadi tujuan wisata yang menarik bagi Kawan yang menyukai fotografi, otomotif, dan memiliki minat dalam mengulik sejarah.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini