Mahasiswa BK UHAMKA Laksanakan Kegiatan Pemberdayaan bagi Kaum Dhuafa di Rawamangun

Mahasiswa BK UHAMKA Laksanakan Kegiatan Pemberdayaan bagi Kaum Dhuafa di Rawamangun
info gambar utama

Mahasiwa FKIP UHAMKA Jurusan Bimbingan dan Konseling melaksanakan kegiatan pemberdayaan keluarga dhuafa di wilayah Jakarta, Bogor, Depok,Tangerang, dan Bekasi (jabodetabek).

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa secara berkelompok dengan berkolaborasi bersama dosen mata kuliah Kemuhammadiyahan. Tujuannya agar membentuk pengalaman dan pembelajaran kepada mahasiswa dalam melaksanakan isi kandungan salah satu surat yang terkandung dalam Al Quran, yakni Al-Maun, yang maknanya agar saling membantu dan memberi rasa kepedulian terhadap sesama manusia.

Salah satu kelompok yang mengadakan kegiatan pemberdayaan terhadap kaum dhuafa adalah kelompok 1 yang beranggotakan Rizka Amalia, Retno Palupi, Jihad Dhimas, dan Tsania Liani.

Mereka mengadakan pemberdayaan kepada Robi yang merupakan salah satu keluarga dhuafa yang berada di Rawamangun, Jakarta Timur.

Robi berusia 49 tahun merupakan seorang single parent yang bercerai dengan istrinya dikarenakan faktor ekonomi. Robi dengan mantan istrinya ini memiliki 3 orang anak yang masih bersekolah.

Pria tersebut tinggal seorang diri di rumah kontrakan sederhana, yang mana hanya ada satu ruangan yang cukup untuknya beristirahat.

Mengenal Bahasa “Walikan” sebagai Slang Kota Malang

Keseharian Robi bekerja sebagai seorang juru parkir di sebuah warung makan mie ayam. Namun, dengan menjadi juru parkir belum bisa memenuhi kebutuhan anak-anaknya. Karena itulah, Robi mencari kerjaan sampingan seperti membantu bersih-bersih rumah tetangga dan menjadi supir jika ada yang membutuhkan jasanya. Pria beranak tiga tersebut siap melakukan pekerjaan apapun itu, selama itu berasal dari jalur yang halal.

Keterbatasan keluarga Robi ini mendorong kelompok 1 mahasiswa BK UHAMKA membantunya dengan memberikan bahan baku atau kebutuhan pokok. Diharapkan, bantuan itu dapat mengurangi kesulitan dalam kehidupannya.

Rizka yang merupakan salah satu anggota kelompok 1, mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan bersama ketiga rekannya (Retno, Jihad, dan Tsania) sangat menyenangkan dan memberikan banyak pembelajaran yang sangat berharga yang tidak terlupakan.

"Dengan melakukan kegiatan ini secara langsung, itu menurut saya banyak pengalaman dan pembelajaran seperti, terbentuknya rasa kepedulian kita sebagai manusiawi dan juga agar kira sadar masih banyak ada orang di bawah kita," kata Rizka dalam keterangan resminya, Selasa (16/1/2024).

Rizka menyebut pelaksanaan kegiatan pemberdayaan kepada keluarga Robi dijalankan pada 16 Januari 2024. Rizka bersama rekannya mengunjungi kediaman Robi yang berada di Kampung Pratekan, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Retno mengucapkan rasa terima kasih dan syukurnya kepada semua kalangan yang telah andil dalam kegiatan ini, sehingga dapat berjalan sukses dan lancar.

"Alhamdulillah kegiatan yang telah kami lakukan dari November sampai awal Januari dengan membuka penggalangan dana untuk membantu keluarga Robi terlaksana dengan baik dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp1.582.000," ungkapnya lagi.

"Dana tersebut berasal dari penggalangan dana online. Dengan dana tersebut, kami menggunakannya untuk membeli kebutuhan Robi," imbuh jihad, personil lainnya.

Liburan ke Pantai Gemah Tulungagung, Teluk Pantai di Selatan Jawa Timur

Tsania menambahkan, kegiatan ini membuat dirinya bersyukur terhadap rezeki yang Tuhan berikan kepada setiap manusia.

"Ini sangat memotivasi kami untuk terus membantu keluarga yang kurang mampu sebagai sikap saling membantu satu sama lain," ungkap mahasiswi tersebut.

Di sisi lain, adanya kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa BK( Bimbingan Konseling) UHAMKA membuat Robi merasa terharu dan bersyukur.

Pria tersebut mengucapkan rasa terima kasihnya dan mendoakan kesuksesan untuk dosen dan mahasiswa BK UHAMKA yang mengadakan kegiatan pemberdayaan ini.

"Terima kasih ya, saya tidak bisa membalas semua yang kalian berikan. Saya merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini mengajarkan kalian untuk bisa peduli terhadap orang yang di bawah kita. Semoga kalian sukses dan diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan ke depannya," tutup Robi saat diwawancarai.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini