Membanggakan! Dua Pelajar Mewakili Indonesia dalam Olimpiade Bahasa Jerman Internasional

Membanggakan! Dua Pelajar Mewakili Indonesia dalam Olimpiade Bahasa Jerman Internasional
info gambar utama

Kabar membanggakan datang dari para pelajar Indonesia. Dua pelajar akan mewakili Indonesia pada ajang olimpiade bahasa Jerman internasional dan empat pelajar mendapatkan beasiswa untuk mengikuti kursus bahasa Jerman di Jerman.

Mereka adalah para finalis yang telah berpartisipasi dalam Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2024 di Goethe-Institut Jakarta.

Para pelajar ini telah melewati tahap penyisihan yang diikuti oleh 1.301 siswa-siswi dari 366 SMA/SMK/MA selama Oktober hingga November 2023 di 16 tempat ujian di 31 provinsi.

Remaja Asal NTT Mendunia Usai Temukan Serangga Spesies Baru

Mewakili Indonesia dalam olimpiade internasional

Pemenang pertama dan kedua akan menjadi perwakilan Indonesia dalam Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Internasional dwitahunan yang dijadwalkan berlangsung 15-22 Juli 2024 di kota Göttingen, Jerman. Mereka akan bersaing dengan 100 pelajar dari 50 negara dalam ajang olimpiade selanjutnya.

Sementara pemenang posisi ke-3 hingga ke-6 akan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti kursus bahasa Jerman remaja di Jerman pada musim panas ini.

Berikut adalah daftar para pelajar yang keluar sebagai pemenang:

  1. Kheiren Valentine Husnafsky (SMA Ignatius Global School Palembang)
  2. Sebastian Dikko Daniswara (SMAN 3 Yogyakarta)
  3. Maria Margaretha Steffany (SMA Santa Laurensia Alam Sutera)
  4. Chatima Anandakhorita (SMA PGII 1 Bandung)
  5. Fujima Salomo Maetuzala Sihombing (SMAN 1 Plus Matauli Pandan)
  6. Anindita Kirana Lestari Adinarto (SMA Garuda Cendekia Jakarta)

Dalam Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2024, para finalis diuji dalam hal keterampilan berbahasa Jerman pada tingkat kemahiran bahasa A2 (tingkat pemula lanjutan), mulai dari membaca, menyimak, menulis, dan berbicara.

Dalam sesi pengujian kemampuan berbicara, para finalis dipecah menjadi 22 kelompok masing-masing berisikan tiga orang. Para finalis diberi waktu 30 menit untuk mempersiapkan sebuah presentasi sesuai tema kemudian mempresentasikannya selama 15 menit di hadapan juri.

Etik Nur Hasanah, Anak Petani dari Ponorogo yang Lolos di 6 Universitas Luar Negeri

Ajang intelektual serta pertemuan budaya

Upacara pengumuman pemenang turut dihadiri para guru pendamping finalis, Kepala Bagian Kebudayaan dan Informasi pada Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Indonesia Christoph Fischer, dan Kepala Subbagian Tata Usaha Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek Muslih.

Kompetisi ini turut didukung Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Indonesia dan Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek.

“Olimpiade Bahasa Jerman tak hanya sekadar kompetisi bahasa, tetapi juga merupakan sebuah perjalanan penemuan budaya dan tantangan intelektual. Belajar bahasa Jerman dapat membuka akses terhadap keanekaragaman budaya hingga mendorong pemahaman budaya lain,” ujar Philipp Carl, Kepala

Bagian Kursus dan Ujian Goethe-Institut Indonesien. Ketua IGBJI Ekadewi Indrawidjaja juga mengatakan bila Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional menjadi kesempatan bagi peserta berjejaring sesama pemelajar bahasa Jerman dari seluruh Indonesia untuk saling berbagi.

Sejak diinisiasi pada tahun 2008, Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional konsisten menjadi ajang untuk mempromosikan bahasa Jerman di Indonesia dan mendorong pelajar berusia 15-17 tahun untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam berbahasa Jerman.

Kisah Tim Wonder Reader, Anak Bangsa yang Menang Kompetisi Google untuk Bantu Tunanetra

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini