Beragam Manfaat Buah Jeruk Nipis untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Beragam Manfaat Buah Jeruk Nipis untuk Mengobati Berbagai Penyakit
info gambar utama

Sebagian dari kita pasti pernah mendengar adanya nasihat untuk tidak meminum perasan jeruk nipis di pagi hari. Alasannya tentu saja sederhana, bila perut kosong diisi dengan minuman asam dapat menyebabkan sakit perut dan perih di lambung. Apakah pendapat itu benar dan masih berlaku?

Selain itu, ada pula berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi air perasan jeruk nipis. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan berikut ini!

Tukak Lambung (Maag)

Buah jeruk nipis dapat diberikan kepada penderita penyakit ini. Mengapa demikian? Bukankah jeruk nipis sangat asam? Perlu diketahui bahwa buah jeruk nipis mengandung asam sitrat yang memiliki reaksi alkalinik (basa) terhadap asam di perut. Jadi, rasa asam yang kita cicipi tidak akan mengganggu sistem pencernaan.

Justru sebaliknya, perasan jeruk nipis dapat membantu sistem pencernaan dengan cara mencerna, menyerap lemak dan alkohol dengan menetralisasi asam lambung, dan sekresi empedu dari kantung empedu dan hati. Senyawa flavonoid yang mengandung antioksidan, antikarsinogenik, antibiotik, dan sifat detoksifikasi dapat meningkatkan penyembuhan alami dari tukak lambung.

Khasiat Buah Jeruk Nipis untuk Perawatan Kecantikan

Pencernaan

Aroma yang dihasilkan dari jeruk nipis dapat menggugah selera makan. Efek positif ini membantu sistem pencernaan primer dan merangsang air liur sebelum tubuh mencicipi makanan yang disajikan. Senyawa flavonoid yang ditemukan dalam minyak wangi yang telah diekstrak dari jeruk nipis, juga merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu, dan asam, serta gerak peristaltik.

Inilah sebabnya beberapa makanan yang dicampur dengan tetesan jeruk nipis (misalnya acar) sering kali menggugah selera untuk dikonsumsi. Ini disebabkan oleh sifat asan dalam buah yang membantu memecah molekul makro dari makanan.

Mual dan Muntah dalam Perjalanan

Segelas jus jeruk nipis yang dihirup akan memberikan bantuan mengatasi sakit maag dan keasaman dalam perut, sehingga menenangkan saluran pencernaan dan mengurangi keluhan perut.

Sembelit

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis membantu membersihkan sistem pembuangan dalam saluran pencernaan. Prosesnya menyerupai kegiatan mencuci dan membersihkan tubuh dari saluran ekskretoris pencernaan.

Serat yang terkandung di dalam buah ini juga membantu meringankan sembelit. Perasan air jeruk nipis yang ditambahkan dengan garam dapat bertindak sebagai pencahar yang sangat baik tanpa disertai efek samping.

Pembakar Lemak

Jeruk nipis mengandung serat pembakar lemak. Kandungannya yang kaya vitamin C bisa merangsang carnitine amino acid. Asam amino karnitin ini membakar kalori berupa lemak yang ditemukannya. Dengan demikian, vitamin C berperan dalam memproses lemak tubuh dengan mempercepat proses penipisan lemak, yang kemudian membuangnya dari tubuh.

Benarkah Jus Seledri Punya Segudang Khasiat untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit?

Pencegah Kolera

Jeruk nipis mengandung senyawa aktif yang unik dan biasa disebut glikosida flavonol. Senyawa ini tidak hanya menawarkan manfaat antikanker dan antioksidan, tetapi juga memiliki sifat antibiotik. Sifat antibiotik senyawa ini telah ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang berhasil dilakukan oleh Rodriques A dkk, di Afrika Barat.

Peptikum Bisul

Selain vitamin C, jeruk nipis juga mengandung senyawa khusus yang disebut flavonoid (yaitu limonoid yang menyerupai limonin glukosida), memiliki fungsi sebagai antioksidan, antikarsinogenik, antibiotik, dan detoksifikasi. Semua fungsi tersebut membantu penyembuhan ulkun lambung dan mulut. Sifat antioksidan flavonoid di dalam buah ini membantu mengurangi bisul pada bagian mulut dan mencegah pertumbuhan kanker.

Gangguan Pernapasan

Jeruk nipis adalah buah yang tepat untuk menangani masalah serangan batuk dan mampu mengencerkan dahak pada tenggorokan. Rasa sakit yang dialami akibat batuk dapat berkurang karena jeruk nipis mengandung vitamin C dan minyak asiri di dalam daging buahnya.

Ekstrak minyak di dalam kulit jeruk nipis (yang mengandung kaempferol dan senyawa flavonoid) memiliki sifat antikongestif dan sering digunakan sebagai inhaler, balsem, dan alat penguap.

Perawatan Mata

Sifat antioksidan dalam air jeruk nipis dapat melindungi mata dari gejala penuaan dan degradasi mukala. Senyawa flavonoid-nya membantu melindungi mata dari infeksi. Kandungan vitamin C-nya melindungi mata dari kerusakan oksidatif.

Ada budaya yang memanfaatkan perasan jeruk nipis untuk mencegah pembentukan katarak senilis. Dalam pemakaiannya, air jeruk nipis tentu sudah diencerkan dengan segelas air hangat dan dicampur dengan air mawar.

Khasiat Buah Sirsak, Ampuh Cegah Kanker dan Diabetes

Penyakit Ginjal

Jeruk nipis dapat mencegah timbulnya batu ginjal, sebab jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi. Kenyataannya, penderita batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah. The American Urological Association, telah melakukan penelitian yang membuktikan bahwa perasan buah jeruk nipis mampu mencegah batu ginjal.

Ini disebabkan perasan buah jeruk nipis tersebut mengarah pada produksi sitrat dalam urine yang akhirnya “mencegah pembentukan kristal kalsium,” yang bisa mengarah pada batu ginjal.

Sumber:

Kurnia, Annisa. 2014. Khasiat Ajaib Jeruk Nipis - Dari A-Z untuk Kesehatan dan Kecantikan. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini