Segudang Manfaat Minyak Asiri, Minyak yang Terkandung dalam Kulit Jeruk Nipis

Segudang Manfaat Minyak Asiri, Minyak yang Terkandung dalam Kulit Jeruk Nipis
info gambar utama

Minyak asiri yang terkandung dalam kulit buah jeruk nipis menyimpan segudang manfaat yang luar biasa. Kombinasi unik senyawa-senyawa alami dalam minyak ini tidak hanya memberikan aroma menyegarkan, tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan kesehatan.

Minyak esensial jeruk nipis (minyak asiri) diekstrak dengan menggunakan proses destilisasi uap kulit keringnya atau diekstrak dengan proses kompresi dingin kulit buah jeruk nipis yang masih segar.

Warna minyaknya kuning pucat dan bersifat non-toxic, non-iritan serta non-sensitisasi. Minyak ini terdiri atas senyawa, seperti alpha pinene, beta pinene, myrcene, limonene, terpinolene, cineole, linalool, borneal, citral, asetat neral, dan asetat geranyl.

Kawan apa sajakah manfaat dari kulit buah jeruk nipis? Simak ulasan berikut, ya!

Antibakteri

Antibakteri berfungsi untuk membunuh atau menghambat bakteri, seperti Staphylococcus aureus, Baccillus cereus, Salmonella typhi, dan golongan Candida albicans. Minyak esensial jeruk nipis dapat membantu mencegah penyakit seperti diare, keracunan makanan, kolera, dan tipus. Daya antibakteri minyak jeruk nipis disebabkan oleh adanya senyawa fenol dan turunannya yang dapat mendenaturasi protein sel bakteri.

Rodriques dkk, berhasil meneliti hubungan air jeruk nipis dengan bakteri Vibrio cholera. Penelitian yang diterbitkan oleh Trop Med Int Kesehatan (2000), menunjukkan bahwa makanan (nasi) yang diberi perasaan air jeruk nipis terlindungi dari bakteri penyebab penyakit kolera. Meskipun wabah kolera kini tak lagi muncul, tetapi penelitian tersebut mengindikasikan adanya sifat antibakteri air jeruk nipis.

Antidepresan

Minyak esensial jeruk nipis memiliki aroma yang menyegarkan dan membuat nyaman tubuh, sehingga dapat mencegah atau melawan depresi, membantu membangkitkan rasa tenang, mengurangi ketegangan, kecemasan, stres, dan kemarahan.

Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang bertindak untuk memperlambat atau mencegah oksidasi kimia lain, sehingga berfungsi sebagai antikanker, mencegah akumulasi radikal bebas dalam tubuh yang dapat mengarah kepada penyakit kanker.

Kandungan zat dalam minyak esensial ini juga memasok antioksidan ke dalam kulit, sehingga membantu meringankan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, bintik-bintik hitam dan kerutan, serta menjaga penampilan agar tetap muda.

Khasiat Manggis untuk Kesehatan Kulit, Antioksidan dan Cegah Penuaan

Antiseptik

Ini merupakan suatu zat yang menghambat pertumbuhan dan reproduksi mikroorganisme yang juga bermanfaat untuk mencegah mempercepat dan penyembuhan luka. Minyak esensial jeruk nipis membantu penyembuhan infeksi tenggorokan, mulut, usus besar, lambung, usus dan sistem saluran kencing, bahkan dapat menyembuhkan penyakit pada sistem pernapasan seperti penyakit bronkhitis.

Desinfektan

Desinfektan mengandung zat yang membunuh kuman, mikroba, dan atau virus.

Penurunan Panas

Minyak asiri dapat membantu mengurangi demam, termasuk infeksi dan alergi.

Hemostatik

Minyak esensial jeruk nipis dapat membantu pencegahan kehilangan darah, menghentikan pendarahan, dan mempercepat proses pembekuan darah atau konstriksi pembuluh darah.

Tonik

Tonik memiliki sifat kuratif (menyembuhkan) dan menguatkan. Pada kondisi ini, minyak esensial jeruk nipis membantu meringankan masalah gusi, sakit gigi, meringankan keadaan sistem kerangka, termasuk penyakit seperti arthritis dan lain-lain.

Minyak tersebut juga membantu mengencangkan pori-pori kulit dan menjaga kulit bersih serta bercahaya. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga bisa diperkuat sehingga mencegah berbagai kondisi penyakit.

Khasiat Inggir-Inggir yang Dipercaya Orang Batak untuk Sembuhkan Segala Penyakit

Restoratif

Minyak esensial jeruk nipis juga dapat digunakan untuk memulihkan kesehatan setelah pulih dari sakit.

Antivirus

Minyak ini bisa membantu melawan dan melindungi infeksi virus yang menyebabkan pilek, gondok, campak hingga cacar.

Antirematik

Secara tradisional, minyak ini berguna untuk mengurangi nyeri pada otot dan sendi. Selain itu, juga membantu memperlancar sirkulasi darah.

Kawan juga harus tahu, seperti makanan lainnya, jeruk nipis pun memiliki kelemahan. Bagi sebagian orang yang alergi terhadap zat yang terkandung di dalam jeruk nipis, dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang.

Cipratan minyak kulit jeruk nipis yang mengenai tubuh dapat menyebabkan rasa perih (seperti terbakar), demikian juga dengan buahnya. Jadi, sebelum menggunakan, cek terlebih dahulu pada sebagaian kulit Kawan, jika menunjukkan alergi maka sebaiknya dihentikan.

Khasiat Buah Jeruk Nipis untuk Perawatan Kecantikan

Sumber:

Kurnia, Annisa. 2014. Khasiat Ajaib Jeruk Nipis - Dari A-Z untuk Kesehatan dan Kecantikan. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini