AIESEC in Unila Melaksanakan Leadership Program, AIESEC Future Leaders Winter Peak 2023

AIESEC in Unila Melaksanakan Leadership Program, AIESEC Future Leaders Winter Peak 2023
info gambar utama

AIESEC FUTURE LEADERS (AFL) merupakan program kepemimpinan selama 3 bulan yang terdiri dari sesi-sesi yang berfokus pada pengembangan skills, di mana para peserta mendapatkan coaching, baik dari segi hardskill maupun soft skill, dengan individu yang berpengalaman.

Dalam pelaksanaan AFL kali ini, para peserta mendapatkan Bi-weekly Meeting, yaitu pertemuan yang dilakukan selama 2 minggu sekali serta program First Touch Point, Final Project, dan LC-Debrief yang tentunya sangat bermanfaat bagi para peserta. Penjelasan lebih lanjut tentang sesi tersebut akan dijelaskan di bawah ini:

Bi-weekly 1: Teamwork Makes The Dream Work

Pada sesi yang dijalankan pada hari Sabtu, tanggal 21 Oktober 2023 ini, acara dilaksanakan secara online. Sesi ini dibawakan oleh Deni Hardiansyah (Head of Direct Sales Department Telkomsel Provinsi Lampung). Ia berfokus membahas teamworks serta leadership bagi para peserta.

Para peserta diharapkan dapat mengetahui korelasi antara keduanya dan dapat mengetahui mengapa teamwork itu merupakan hal yang penting. Mereka juga akan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan skill bekerja sama dan meningkatkan kepemimpinan, serta dapat mempelajari bagaimana membuat lingkungan team yang kolaboratif dan inklusif.

AIESEC in Indonesia Hadirkan Indonesia Youth Leadership Conference 2023 di Kota Semarang

Bi-weekly 2: Mapping Your Path for A Better Journey

Sesi ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 secara online. Acara dipandu oleh Bagas Satrio Wicaksono, selaku presiden SRE ITS. Pada sesi ini, para peserta dapat mengetahui apa itu strategic planning. Mereka juga bisa mengetahui apa saja inti dari visi dan misi, lalu menganalisa goals menggunakan sistem SWOT. Mereka pun dpat membuat rencana yang strategis untuk mendapatkan goals serta menjelaskan KPI untuk memastikan prosesnya.

Bi-weekly 3: Assembling Creativity Piece by Piece

Pada sesi ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 November 2023 yang dibawakan oleh Salshabilla Permata Hersananda (FMCG MT). Dalam sesi ini peserta membahas tentang creative thinking serta penjelasan tentang pemikiran kreatif. Peserta juga dapat mengetahui 7 stages of creative thinking dan dapat meningkatkan berpikir secara kreatif.

Bi-weekly 4: Reinventing You, with a New Preface: Define Youth Values

Sesi ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 November 2023 yang dibawakan oleh Audie Ihza Salsabila (Personal Branding Specialist). Di mana pada sesi ini peserta dapat mengerti tentang personal branding dan juga apa saja jenis serta tipe dari personal branding itu sendiri.

Sesi ini membantu peserta mengetahui tentang values of yourself dan dapat mengidentifikasikan target dari personal branding, dan juga para peserta dapat mengetahui bagaimana cara untuk menciptakan personal branding.

Lalu di sela-sela bi-weekly, para peserta mengikuti kegiatan bounding yang di mana para peserta dapat saling mengenal satu sama lain dan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 secara offline.

Selain itu, dilaksanakan juga touchpoint, yaitu sesi yang dilaksanakan secara offline dengan tema “Introduction Business Strategy: Crafting Your Path to Success” yang dibawakan oleh Muhammad Rian Hidayat dan Briliandi Asa Fardana (Marketing Intern at Nutrifood Indonesia), serta Oki Akbarsyah (Staff Household Consumer Territory Bandar Lampung at PT Telkomsel).

Pada sesi ini para peserta bisa mengetahui bagaimana untuk memulai sebuah bisnis serta tips and triknya. Peserta juga diharapkan mampu mengidentifikasi kebutuhan pasar untuk membuat suatu produk dan dapat mengetahui apa saja tantangan dalam sebuah bisnis serta dapat mengidentifikasi opportunity dari sebuah masalah.

AIESEC in UMM, Bridging The Gap Generasi Muda dan Artificial Intelligence

Bi-weekly 5: Unlocking Efficiency by Practical Insight

Sesi ini dimulai tanggal pada hari Sabtu, 6 Januari 2024 yang dibawakan oleh Yolanda Shafna Kirana (LCVP AFL AIESEC in UNILA). Pada sesi ini peserta dapat mengetahui apa saja metode dari Leaderless Group Discussion (LGD). Mereka juga bisa mengidentifikasi masalah dengan berpikir secara kritis, memiliki kepercayaan diri dalam memberikan perspektif mereka, serta dapat bekerja sama dengan baik.

Final Project

Inisiatif proyek yang dikunjungi AFL AIESEC di Unila untuk mengunjungi perusahaan, resto atau UMKM, dengan membentuk tim panitia atau organizing committee (OC) dari para peserta. Proyek ini bertujuan untuk pengalaman OC, paparan kepemimpinan, dan pembelajaran dasar bisnis bagi para peserta. Event tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Januari 2024.

LC-Debrief

Farewell Party dan touchpoint merupakan puncak acara dari AIESEC Future LeaderWinter Peak 2023 AIESEC in Unila. Acara ini dilaksanakan secara online, pada hari Minggu, 21 Januari 2024. Dalam LC-Debrief ini, para peserta bertemu untuk terakhir kalinya dan melakukan perpisahan dengan satu sama lain.

Impact Circle 6.0 AIESEC in Unsri, Meningkatkan Kesadaran Literasi Keuangan Generasi Muda

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini