Bukit Pamoyanan, Negeri di Atas Awan Wisata Primadona Subang

Bukit Pamoyanan, Negeri di Atas Awan Wisata Primadona Subang
info gambar utama

Bukit Pamoyanan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Subang, Jawa Barat. Bukti dengan ketinggian sekitar 600 mdpl ini menawarkan pesona matahari terbit atau sunrise dan lautan awan. Tak heran kalau ini menjadi lokasi primadona untuk berekreasi.

Meski jauh dari pusat kota, Bukit Pamoyanan tidak pernah sepi pengunjung. Tidak hanya menikmati keindahan alam dari ketinggian, berbagai aktivitas menarik juga bisa dilakukan oleh wisatawan. Pihak pengelola juga telah menyediakan fasilitas guna menunjang pariwisata.

Lokasi Bukit Pamoyanan

Lokasi Bukit Pamoyanan ada di Kawungluwuk, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang. Jarak bukit dari kota sekitar 31 kilometer dengan waktu tempuh lebih dari satu jam. Namun, pengunjung tak perlu khawatir karena akses jalan menuju Bukit Pamoyanan sudah bagus.

Rute Menuju Bukit Pamoyanan

Rute menuju Bukit Pamoyanan Subang cukup mudah. Dari pusat kota arahkan kendaraan menuju Alun-Alun Kecamatan Cisalak. Kemudian, melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Kawungluwuk. Mendekati lokasi bukit, akses jalan hanya cukup dilalui oleh satu mobil.

Baca juga Bukit Gajah Bobok Wisata Kemah Andalan Anak Muda

Daya Tarik Bukit Pamoyanan

Bukit Pamoyanan sering disebut wisata negeri di atas awan karena letaknya yang berada di wilayah ketinggian. Pengunjung akan melihat keindahan hamparan awan yang tampak seperti lautan putih terutama di pagi hari. Untuk bisa menikmati sunrise, pengunjung dapat berkemah di area puncak bukit.

Meski terkenal dengan sunrise-nya, pesona matahari terbenam atau sunset di Bukit Pamoyanan juga tak kalah menawan. Warna jingga yang mendominasi langit sekitar sang surya yang hendak tenggelam akan terlihat memukau. Pemandangan ini kerap kali dijadikan latar berfoto para wisatawan.

Aktivitas yang bisa dilakukan

1. Selfie di Spot Foto Instagramable

Pemandangan indah di Bukit Pamoyanan sangat cocok untuk berfoto. Spot foto pertama tentu saja pemandangan lautan awan dan golden sunrise. Spot selanjutnya adalah panorama Subang dari ketinggian melalui gardu pandang. Bagi pencinta fotografi dan videografi, bukit ini akan menjadi lokasi yang sangat instagramable.

Selain itu, dari Bukit Pamoyanan, pengunjung juga bisa menikmati panorama night city view yang romantis. Pengunjung juga dapat menerbangkan drone untuk menangkap foto atau gambar dari berbagai sudut pandang dan ketinggian.

Baca juga Mengunjungi Bukit Kasih, Objek Wisata yang Tawarkan Spirit Religiusitas

2. Camping dengan pemandangan Night City

Bukit Pamoyanan menyediakan area berkemah yang dekat dengan fasilitas seperti tempat makan dan toilet. Denah berkemah, pengunjung dapat menikmati pemandangan malam hari Kota Subang yang terlihat gemerlap oleh lampu-lampu jalan dan pemukiman dari ketinggian..

Sementara di pagi harinya, pengunjung akan merasakan sensasi camping di atas awan karena akan ada lautan awan yang mengelilingi tenda. Pengunjung Bukit Pamoyanan juga tak perlu khawatir perut keroncongan karena pihak pengelola menawarkan kambing guling yang bisa dinikmati di atas bukit.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk ke Bukit Pamoyanan sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp5.000 per orang, ditambah biaya parkir Rp5.000. Objek wisata Bukit Pamoyanan dapat dikunjungi setiap hari. Semua fasilitas yang disediakan pihak pengelola juga beroperasi selama 24 jam, termasuk warung-warung wisata.

Baca juga Bukit Indah Sentono Gentong dan Misteri Tumbal yang Muncul 70 Tahun Sekali

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini