5 Rekomendasi Tempat Liburan di Tretes Wisata Alam, Pasuruan

5 Rekomendasi Tempat Liburan di Tretes Wisata Alam, Pasuruan
info gambar utama

Tretes adalah nama desa sekaligus kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Wilayah ini populer karena keindahan alamnya yang memukau, udara yang sejuk, dan suasananya yang tenang. Selain panorama alamnya yang mempesona, wilayah yang berada di kawasan lereng Gunung Welirang ini juga menawarkan beragam fasilitas wisata, seperti vila, resor, kolam renang air panas, dan tempat rekreasi lainnya.

Di destinasi wisata yang berjarak sekitar 55 km dari Surabaya ini, Kawan dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan berupa lembah, perbukitan, dan air terjun yang menyegarkan mata. Wisata alam Tretes tidak jarang dimanfaatkan sebagai tempat pelarian bagi mereka yang hidup di perkotaan yang sibuk. Berikut adalah lima rekomendasi wisata alam di Tretes yang bisa Kawan GNFI kunjungi untuk mengisi waktu liburan.

Baca juga: Keunikan Talang Abang, Jembatan Irigasi Belanda yang Bertahan di Pasuruan

1. Air Terjun Alap-Alap

Wisata alam Tretes pertama yang bisa Kawan kunjungi adalah Air Terjun Alap-Alap. Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah pemandangan air terjun yang jatuh dari tebing setinggi 40 meter dengan tiga tingkatan. Oleh karena itu, debit air yang turun dari air terjun ini tidak terlalu besar. Meskipun begitu, Air Terjun Alap-Alap masih menyuguhkan pesona yang sangat elok.

Ketika datang ke sini, Kawan akan dihadapkan dengan jalur trekking yang menantang karena masih alami, yakni jalanan yang masih berbentuk tanah dan berbatu. Meskipun begitu, rasa lelah menempuh perjalanan yang Kawan rasakan akan terobati manakala menyaksikan keindahan Air Terjun Alap-Alap. Destinasi wisata ini berada di Desa Pencalukan, Kecamatan Prigen.

2. Air Terjun Putuk Truno

Wisata alam Tretes yang tak kalah seru lainnya adalah Air Terjun Putuk Truno yang memiliki ketinggian 45 meter. Lokasi air terjun ini berada di Jl. Putuk Truno Desa Tretes, sekitar 3 km dari Air Terjun Alap-Alap. Destinasi wisata ini memiliki legenda yang berlatar belakang pada era kejayaan Majapahit yang terkenal, yakni kisah cinta Pangeran Joko Taruno dan Putri Sri Gading Lestari yang tidak direstui.

Diceritakan bahwa Air Terjun Putuk Truno adalah tempat diasingkannya Putri Sri Gading Lestari agar tidak bertemu dengan sang pangeran. Namun, dengan kekuatan cinta, keduanya berhasil bersatu dan mengatasi segala rintangan. Hingga saat ini, pengunjung meyakini bahwa kunjungan ke wisata Air Terjun Putuk Truno akan membawa berkah cinta yang abadi.

Baca juga: Cita Rasa Nasi Punel, Makanan Khas Bangil Pasuruan yang Dinobatkan Menjadi Warisan Budaya

3. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo | Sumber: Google.com/maps/cah ndeso
info gambar

Air Terjun Kakek Bodo bisa menjadi pilihan Kawan lainnya saat berkunjung di kawasan wisata alam Tretes. Selain daya tarik berupa air terjun bertebing setinggi 40 meter, destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti jembatan oval, kolam renang, jalan hutan, amphiteather, dan makam Kakek Bodo sebagai sosok legenda di tempat ini. Konon, curug ini digunakan Kakek Bodo sebagai tempat bertapa.

Lokasi curug yang memiliki pemandangan yang indah dan udara yang asri ini berada di lereng Gunung Welirang, Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Wisata Air Terjun Kakek Bodo dibuka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

4. Air Terjun Kebo Glundung

Tahukah Kawan, Air Terjun Kebo Glundung menjadi air terjun tertinggi di Kabupaten Pasuruan? Pasalnya, curug ini memiliki tinggi mencapai 151 meter. Selain itu, kedalaman kolamnya mencapai 2 meter. Kawasan di sekitar tempat wisata ini masih sangat alami dan asri. Bahkan, Kawan dapat dengan mudah menemukan binatang hutan di sini. Lokasi destinasi liburan ini berada di area hutan pinus Perhutani, tepatnya di Lingkungan Pesanggrahan, Kelurahan dan Kecamatan Prigen.

5. Tretes Treetop Adventure Park

Setelah puas menjelajahi wisata air terjun, Tretes Treetop Adventure Park bisa menjadi pilihan Kawan berikutnya saat liburan di kawasan Tretes Wisata Alam. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Kawan yang menyukai outbound yang menantang. Di sini tersedia wahana untuk anak-anak hingga dewasa, di antaranya flying fox, treetop, dan terdapat area hammock untuk bersantai di bawah pepohonan yang rindang.

Kawan dapat mengunjungi Tretes Treetop Adventure Park pada pukul 08.30 hingga 18.00 WIB dengan harga tiket masuk untuk anak-anak sebesar Rp125 ribu dan Rp175 ribu untuk orang dewasa. Lokasi wisata ini terletak di Jalan Raya Trawas, Sumber Wekas, Lumbangrejo, Prigen, Pasuruan.

Baca juga: Bipang Jangkar, Buah Tangan Legendaris dari Kota Pasuruan

Itu dia lima rekomendasi wisata alam Tretes, Pasuruan yang bisa Kawan GNFI kunjungi untuk mengisi waktu liburan. Selain menyajikan pemandangan indah khas pegunungan, destinasi wisata di Tretes akan menghadirkan pengalaman tak terlupakan saat kamu mengunjunginya.

Referensi:

  • https://www.diadona.id/travel/15-wisata-pandaan-tretes-dengan-pemandangan-alam-terbaik-dan-spot-foto-paling-kece-2106240.html#google_vignette
  • https://www.liputan6.com/hot/read/5071973/8-wisata-tretes-di-pasuruan-jawa-timur-yang-wajib-dikunjungi?page=3
  • https://www.merdeka.com/jateng/4-wisata-tretes-pasuruan-jawa-timur-destinasi-liburan-dengan-pemandangan-menarik-4545-mvk.html?screen=17
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/destinasi-wisata-tretes-pasuruan-pilihan-wisata-akhir-pekan-acc/171712

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini