Sari Ater, Wisata Pemandian Air Panas di Ciater Subang

Sari Ater, Wisata Pemandian Air Panas di Ciater Subang
info gambar utama

Wisata pemandian air panas menjadi salah satu destinasi yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain bertujuan untuk rekreasi, mandi air panas juga berfungsi sebagai terapi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sumber mata air panas juga mengandung belerang atau sulfur dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Salah satu wisata pemandian air panas yang terkenal ialah pemandian air panas Sari Ater. Selain populer, pemandian air panas Sari Ater juga memiliki fasilitas yang lengkap dengan pemandangan menakjubkan.

Kolam Air Panas Sampuraga: Legenda Malin Kundang dari Tanah Mandailing

Apa itu Sari Ater?

Sari Ater atau Sari Ater Hot Spring Resort merupakan objek wisata yang di dalamnya terdapat kolam pemandian air panas. Sari Ater berada di kaki gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Di Sari Ater, para wisatawan dapat menikmati sentuhan hangat dari sumber mata air panas yang berasal dari kawah aktif gunung Tangkuban Perahu. Sumber mata air panas Sari Ater disajikan dalam bentuk kolam umum dan kamar rendam privat dengan desain yang unik.

Sari Ater Hot Spring Resort menjadi objek wisata pemandian air panas terbesar di Jawa Barat. Sari Ater memiliki beberapa kolam pemandian air panas, baik kolam alami maupun buatan yang tersebar di beberapa lokasi obyek wisata Sari Ate.

Dengan luas lahan 30 hektare, Sari Ater memiliki berbagai fasilitas, seperti kolam pemandian air panas, resort, tempat camping, outbond area, hingga waterpark.

Air Penuh Khasiat di Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Perbedaan Sari Ater dengan Ciater

Banyak masyarakat yang salah kaprah memahami objek wisata Sari Ater dan Ciater. Meskipun sama-sama menyediakan kolam pemandian air panas dan lokasinya berdekatan, Sari Ater berbeda dengan Ciater.

Objek wisata Ciater terletak di Jalan Raya Ciater, Desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Sementara itu, Sari Ater berada di Jalan Sariater, Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Lokasinya yang berada di Desa Ciater kerapkali membuat Sari Ater disebut sebagai Ciater. Padahal, keduanya merupakan objek wisata yang berbeda.

Pemandian Air Panas Banyuwedang, Relaksasi Diri di Tepi Laut Bali

Kenapa Air di Sari Ater Panas?

Indonesia memiliki banyak wisata pemandian air panas yang tersebar di beberapa provinsi. Di Jawa Barat, pemandian air panas Sari Ater sangat populer dibandingkan tempat lainnya, seperti Cisolok dan Cipanas.

Lantas, kenapa sih air di Sari Ater dan tempat pemandian lainnya panas?

Mata air panas di berbagai tempat muncul karena adanya proses pemanasan mata air oleh geotermal (panas bumi). Biasanya, suhu panas tersebut dihasilkan dari kontak antara magma dari gunung berapi dengan air tanah.

Oleh karena itu, mata air panas biasanya ditemukan di kawasan gunung berapi. Kemudian, mata air panas tersebut dapat muncul ke permukaan karena adanya struktur geologi berupa rekahan atau patahan pada permukaan bumi. Biasanya, suhu air tersebut berada di kisaran 37 derajat celsius atau suhu normal manusia.

Pemandian Aek Rangat Rianiate, Sumber Air Panas Alami Di Pulau Samosir
Salah satu mata air panas Sari Ater © Subang.go.id
info gambar

Fasilitas dan Daya Tarik di Wisata Sari Ater

Sari Ater merupakan destinasi wisata yang cukup lengkap. Selain merasakan hangatnya air di kolam pemandian, Sari Ater juga memiliki berbagai fasilitas lainnya, seperti outbond area, waterpark, penginapan, ruang pertemuan, restoran, dan musala.

Kolam Pemandian

Kolam pemandian air panas di Sari Ater merupakan destinasi unggulan dan utama yang harus Kawan GNFI coba. Sari Ater memiliki beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda.

1. Kolam Mayangsari merupakan kolam VIP. Para pengunjung yang menginap di hotel Sari Ater memiliki bebas akses ke kolam tersebut tanpa ada tambahan biaya. Sementara itu, bagi pengunjung umum harus membayar untuk dapat menikmati kolam tersebut.

Kolam Mayang Sari menjadi kolam favorit bagi para pengunjung. Mayang Sari tersedia dua kolam di sisi kanan dan kiri untuk dewasa dan anak-anak dengan ketinggian berbeda.

2. Kolam Pulosari merupakan kolam yang memiliki wahana seluncur. Kolam ini hanya memiliki satu jenis kolam dengan ketinggian berbeda, yakni 40 sentimeter dan 90 sentimeter.

3. Kolam Wangsadipa merupakan kolam khusus anak-anak dengan ketinggian 30 hingga 40 sentimeter.

4. Kolam Leuwisari

5. Kamar Rendam merupakan tempat berendam air panas yang bersifat privat. Harganya tentu jauh lebih mahal dibandingkan jenis kolam lainnya.

Outbond Area atau Permainan

Hal yang menarik dari Sari Ater adalah adanya wahana permainan. Meskipun Sari Ater terkenal dengan pemandian air panas, wisata tersebut ternyata memiliki banyak ragam permainan yang dapat dicoba. Permainan yang tersedia di Sari Ater di antaranya panahan, flying fox, ATV, trampolin, hingga golf mini.

Selain itu, Kawan GNFI juga dapat bermain di water park. Perlu diketahui, tidak semua air di water park menggunakan mata air panas sehingga Kawan GNFI harus bersiap untuk merasakan dinginnya air di kaki Gunung Tangkuban Perahu.

Restoran

Bagi Kawan GNFI yang merasa lapar, tidak perlu khawatir. Sari Ater menyediakan banyak restoran dan food court yang dapat memanjakan lidah Kawan GNFI.

Penginapan: Hotel, Camping Area, Bungalow

Sari Ater Hot Spring Resort menyediakan berbagai pilihan akodomasi penginapan bagi para pengunjung. Pengunjung dapat memilih untuk bermalam di hotel, bungalow, atau bahkan camping dengan mendirikan tenda di area Sari Ater Campervan Park.

Harga untuk camping mulai dari Rp250.000 hingga Rp500.000.

Dayang Sumbi Hall

Tidak hanya rekreasi, Sari Ater juga menyediakan fasilitas untuk ruang pertemuan atau acara. Fasilitas ini menjadi daya tarik yang khas karena Sari Ater Hot Spring Resort menyediakan fasilitas lengkap, mulai dari akomodasi hingga rekreasi.

Pemandian Air Panas Guci, Wisata Keluarga dan Relaksasi Diri di Tegal

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Sari Ater

Dengan banyaknya fasilitas di Sari Ater Hot Spring Resort, pengunjung dapat melakukan banyak hal di sana. Berikut daftar aktivitas yang dapat Kawan GNFI lakukan di Sari Ater.

Berendam Air Panas

Tentu, berendam air panas menjadi tujuan utama para pengunjung mendatangi Sari Ater. Air panas Sari Ater mengandung kalsium, magnesium, mineral, chloride, dan sulfur atau belerang yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan sulfur dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Berendam air panas juga dapat memperlancar peredaran atau sirkulasi darah sehingga membantu menghilangkan rasa stress, mengeluarkan toksin dalam tubuh, dan mengendurkan otot-otot tubuh.

Akan tetapi, ada beberapa tips bagi saat hendak berendam air panas di Sari Ater. Pertama, Kawan GNFI sebaiknya terlebih dahulu menyesuaikan suhu tubuh dengan air tersebut dengan cara merendam kaki terlebih dahulu. Setelah sekitar 5 menit penyesuaian, kawan GNFI dapat langsung bermain air, berendam, atau berenang.

Akan tetapi, sebaiknya Kawan GNFI bermain air dengan durasi 20 – 30 menit saja. Kemudian, Kawan GNFI beristirahat sejenak sebelum kembali bermain air. Hal ini disebabkan kandungan zat belerang yang cukup tinggi pada air mampu membuat Kawan GNFI merasa pusing dan mual.

Kawan GNFI dapat berendam air panas di sumber mata air langsung berbentuk air terjun mini yang berada di Pancuran 7 maupun Curug Jodo

Berenang

Selain berendam, kawan GNFI tentu juga dapat berenang. Sari Ater menyediakan berbagai kolam renang untuk dewasa maupun anak-anak. Sari Ater juga memiliki dua jenis air kolam renang, yakni air panas dan air biasa sehingga pengunjung dapat memilih kolam sesuai kebutuhan.

Bermain

Bosan dengan aktivitas bermain? Tenang saja, Sari Ater memiliki area outbond yang menyediakan berbagai jenis permainan, mulai dari panahan, ATV, motor trail, berkuda, flying fox, menembak, berkeliling kolam menggunakan perahu bebek, hingga wahana permainan anak-anak termasuk ayunan dan jungkat-jungkit.

Pancuran 7: Sumber Air Panas dengan Segudang Manfaat

HTM dan Jam Operasional

Jam operasional Sari Ater Hot Spring Resort ialah 24 jam khusus di hari Sabtu. Sedangkan, saat hari Minggu – Jumat, Sari Ater buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Akan tetapi, beberapa objek wisata memiliki jam operasi yang berbeda-beda sehingga akses ke wahana saat malam hari sangat terbatas.

Harga tiket masuk di Sari Ater ialah Rp35.000. Harga tersebut bukan termasuk bebas akses ke seluruh fasilitas di sana. Kawan GNFI masih perlu merogoh kocek untuk dapat berendam di kolam renang, misalnya harga tiket masuk ke Kolam Mayangsari sekitar Rp50.000, kamar rendam Rp60.000.

Bikin Rileks, Rasakan Sensasi Pemandian Air Panas di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini