Pembelajaran Public Speaking di TK RAA Baipas Roudlotul Jannah oleh Mahasiswa PMM

Pembelajaran Public Speaking di TK RAA Baipas Roudlotul Jannah oleh Mahasiswa PMM
info gambar utama

Malang- Kegiatan pelaksanaan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakansuatu agenda yang wajib dilaksanakan bagi semua mahasiswa yang sedang aktif di universitas tersebut.Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa kepada masyarakat.Kegiatan Pengabdian ini dilakukan oleh kelompok 37 Gelombang 8 pada tanggal 19 januari 2024 - 19 februari 2024,PMM ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk Menyalurkan berbagai kegiatan positif kepada masyarakat.Kegiatan Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) .

Kami, selaku dari kelompok 37 gelombang 8, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berlokasikan di TK RA Al-Quran Baipas Roudlotul Jannah, Jl. Ahmad Yani 3 No.3, Blimbing, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126, tepatnya pada Jumat (19/01/2024). Dalam Kegiatan PMM yang telah berlangsung tersebut, anggota kelompok membawakan program belajar-mengajar terkait materi public speaking.

Kunjungan DPL Ke TK RAA Baipas Roudlotul Jannah | Sumber: Dokumentasi pribadi
info gambar

Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 5 anggota, di antaranya Mario Budy Ardhana Santoso sebagai ketua koordinator, Indah Puspita Cahyani sebagai humas, Muhammad Rizky Karunia P. sebagai sekretaris, Tasya Rahmanisa sebagai bendahara, dan Adam Maulana Falaq sebagai dokumentasi.

Program Kampung Iklim Mahasiswa KKN UNS Ajak MIN 6 Boyolali Membuat Vertical Garden

Kesemuanya berasal dari jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang, serta dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL), yaitu Hafid Adim Pradana, MA., dan kepala sekolah TK RAA Baipas Roudlotul Jannah, Nanik Tisnawati.

Perlunya penerapan public speaking kepada anak sejak dini merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab, keaktifan anak dalam berkomunikasi perlu dikembangkan agar membantu mengasah keterampilan dan kepercayaan diri anak, terutama dalam berkomunikasi di depan publik.

Kunjungan DPL Ke TK RAA Baipas Roudlotul Jannah | Sumber: Dokumentasi pribadi
info gambar

Hal tersebut penting untuk ditanamkan sejak dini sebagai salah satu sarana yang harus dipersiapkan secara matang kepada anak-anak. Dengan demikian, ini menjadi suatu pembiasaan diri agar berani untuk tampil di depan publik.

Dalam kegiatan yang telah berlangsung, anak-anak kami berikan beberapa materi terkait public speaking, salah satunya tata cara bagaimana berbicara yang baik dan benar saat di depan depan orang banyak.

Setelah pemberian materi, kami mengolaborasikannya dengan program kurikulum sekolah, seperti kegiatan menggambar, bermain peran, praktik kegiatan sains, hingga membentuk suatu objek yang didasarkan pada benda seperti balok, batu kecil, plastisin, origami, serta lego.

Usai aktivitas ini, anak-anak akan diarahkan untuk melakukan presentasi hasil karya yang mereka buat di depan teman-temannya. Presentasi tersebut menjadi salah satu kegiatan dalam menerapkan keahlian berbicara di hadapan khalayak kepada peserta dari usia dini.

Mahasiswa KKN UGM Gelar Lomba Anak di SD Negeri Cirunten
 Kunjungan DPL Ke TK RAA Baipas Roudlotul Jannah | Sumber: Dokumentasi pribadi
info gambar

Selain itu, dalam serangkaian acara tersebut, kami juga memberikan hiburan yang bermanfaat untuk anak-anak yang diselenggarakan setiap hari Jum'at dengan menonton film cerita bersama. Tak hanya ini saja, di akhir sesi menonton akan ada tanya jawab terkait isi cerita film. Respon yang didapatkan sangat menyenangkan, sebab anak-anak sangat interaktif untuk memberikan pendapat mereka.

Dalam kegiatan pemberian materi, tim PMM diarahkan untuk mengajarkan anak-anak TK yang terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok A dan kelompok B. Masing-masing kelompok memiliki 5 kelas. Setiap kelas memiliki sentra yang berbeda, di antaranya ada sentra imtaq, sentra persiapan, sentra balok, sentra peran, dan sentra sains. Setiap anggota kami ditempatkan di masing-masing sentra dengan didampingi oleh salah satu guru.

Proker yang kami berikan juga sangat bervariasi, sebab terdapat 5 sentra yang berbeda. Kolaborasi materi, modul, dan metode pembelajaran yang para guru suguhkan dengan program yang beragam tentunya membawa kesan baru untuk para siswa.

Cara ini membuat siswa dan siswi sangat antusias dan cekatan terhadap proses belajar dan mengajar. Dengan demikian, diharapkan anak-anak dapat terlatih kreativitasnya dan sistem motoriknya.

Mahasiswa KKN UGM Gelar Lomba Anak di SD Negeri Cirunten
 Kunjungan DPL Ke TK RAA Baipas Roudlotul Jannah | Sumber: Dokumentasi pribadi
info gambar

Dengan terlaksananya program kegiatan yang telah diberikan, tim PMM UMM mengharapkan adanya peningkatan skill komunikasi yang interaktif dan kepercayaan diri yang tinggi kepada anak-anak TK RA Al-Qur’an Baipas Roudlotul Jannah. Pembiasaan ini tentunya sangat baik sebagai bekal anak-anak untuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Sumber:

https://dp2m.umm.ac.id/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MB
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini