Mahasiswa PMM UMM di TK Al-Fathimiyah Ajak Murid Berkreasi melalui Seni dan Kreativitas

Mahasiswa PMM UMM di TK Al-Fathimiyah Ajak Murid Berkreasi melalui Seni dan Kreativitas
info gambar utama

Mahasiswa PMM UMM Baktiku Negeri, kelompok 77 gelombang 8, melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PMM) di TK Al-Fathimiyah Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan agenda wajib bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Berjalan selama kurang lebih 30 hari, kelompok 77 yang beranggotakan 5 orang itu berhasil menyelesaikan kegiatan PMM dengan binaan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yaitu Indri Wahyuningsih, S.Kep. Ns., M.Kep.

https://www.goodnewsfromindonesia.id/Dokumentasi Pribadi
info gambar
Baca juga: Solusi Inovatif KKN-PPM UGM Kelana Kendal Manfaatkan Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Kelompok 77 PMM UMM Buat Program untuk Asah Keterampilan Motorik Anak

Mengusung program kreativitas dan mengasah keterampilan motorik pada anak usia dini, kelompok 77 mengajak murid TK Al-Fathimiyah untuk berkreasi menggunakan bahan ramah lingkungan. Program pertama adalah membuat mainan berbahan dasar yang eco-friendly dipadukan dengan sampah organik, yaitu memanfaatkan kardus bekas dan dedaunan.

Kreasi ini menghasilkan topeng singa yang bisa dipakai untuk bermain oleh para murid TK Al-Fathimiyah. Aktivitas tersebut juga diintegrasikan dengan pembelajaran konsep dasar, seperti bentuk dan warna

"Kami tidak hanya memberikan pengalaman bermain yang bermanfaat, tetapi juga memberikan pelajaran tentang pentingnya pelestarian lingkungan," ujar Dewi, salah satu anggota Kelompok 77 PMM UMM.

Melakukan pertunjukan dongeng
info gambar

Tidak hanya terpaku pada satu proker, anak usia dini yang cenderung lebih tertarik dengan pengalaman belajar yang melibatkan elemen audio visual. Dalam acara tersebut, mereka diberi suguhan pertunjukan cerita dongeng sederhana yang berkisah tentang pengembala sapi dan serigala. Terdapat narasi, dialog, dan musik yang dapat membantu para murid dalam pengembangan bahasa, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, dan keterampilan sosial mereka.

Saat ditampilkannya pertunjukan dongeng, anak-anak sangat excited menunggu pertunjukkan dimulai. Gelak tawa hadir di tengah-tengah pertunjukan wayang sederhana itu. Tidak hanya sekadar menonton, setelah pertunjukan, peserta acara juga diajak untuk mengikuti sesi tanya jawab atas pembelajaran apa yang bisa diambil dari cerita dongeng tersebut.

Baca juga: Lawan Bullying, Mahasiswa KKN-PPM UGM adakan Sosialisasi Anti Bullying di SDN Gebangan

Kelompok 77 PMM UMM Berikan Edukasi Kreator Konten bagi Ibu Rumah Tangga

Kelompok 77 PMM UMM juga melibatkan wali murid TK Al-Fathimiyah dalam kegiatan pengabdian ini. Mereka melakukan sosialisasi dengan memaksimalkan sosial media untuk menghasilkan uang bagi ibu rumah tangga dengan cara sederhana.

Di era digital ini, semua orang dapat mengakses internet dan sosial media. Sehingga, hal ini bisa menjadi platform yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga apabila dimaksimalkan dengan baik. Materi sosialisasi yang diberikan adalah tentang bagaimana menjadi kreator konten dengan menggunakan fitur Facebook Pro dan menjadi affiliator di platform belanja online, yaitu Shopee.

Kelompok 77 PMM UMM tidak hanya menjelaskan materi tentang kedua platform tersebut, tetapi juga mengajarkan langkah-langkah untuk memulainya. Mereka juga memberikan rekomendasi, tips, dan triks tentang konten, penyebaran link, dan lainnya kepada wali murid yang hadir.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi hal yang bermanfaat dan dijadikan peluang bagi ibu rumah tangga untuk menghasilkan pendapatan tambahan sembari mengurus rumah tangga.

Selama 30 hari melaksanakan kegiatan PMM di TK Al-Fathimiyah Desa Pendem, banyak sekali hal yang dapat diambil sebagai pelajaran bagi mahasiswa. Beberapa di antaranya adalah bagaimana cara menghadapi anak usia dini, mengontrol emosi, pemberian materi yang tepat, dan metode pembelajaran yang tidak membosankan. Sebab, selain melaksanakan proker, kelompok 77 juga melakukan pendampingan belajar kepada murid TK Al-Fathimiyah.

Baca juga: Gandeng Damkar, Mahasiswa KKN UNIBA Edukasi Siswa dan Guru Mengenai APAR

"Kami berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa yang sudah mengabdi di TK kami. Setelah kegiatan kalian selesai di sini, TK Al-Fathimiyah selalu terbuka untuk kedatangan teman-teman kembali ke sini," kata Kepala Sekolah TK-Alfathimiyah, Nofika Ofratiningtyas, S.Pd.

Sumber:

  • https://www.facebook.com/business/help/361968585200524/
  • https://www.umm.ac.id/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini