Mengenal Syifa Asma Latifah, Pemenang Duta Muda Jawa Barat 2024

Mengenal Syifa Asma Latifah, Pemenang Duta Muda Jawa Barat 2024
info gambar utama

Syifa Asma Latifah berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat. Ia merupakan mahasiswi aktif di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Universitas Pendidikan Indonesia, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani (PGSD Penjas).

Syifa merupakan atlet dari cabang olahraga pencak silat yang sempat menjuarai pada tingkat Kota Bandung, provinsi, nasional, hingga internasional. Tak hanya itu, dirinya juga pernah menjadi Pesilat Terbaik Puteri pada tingkat Nasional beberapa waktu lalu. Gadis ini telah menyabet banyak prestasi dari berbagai kejuaraan.

Tak hanya di bidang olahraga, Syifa sebagai mahasiswi kuliah yang masuk di tahun ketiganya ini juga berhasil menjuarai ajang Duta Muda Jawa Barat sebagai winnerPuteri Duta Muda Jawa Barat 2024. Acara tersebut telah dilaksanakan di Kota Bogor Desember 2023 lalu.

Mengenal Transaura, Alat Penerjemah Bahasa Isyarat Karya Anak Bangsa

sebelum itu, Syifa juga meraih juara pada ajang pemilihan Putera Puteri Batik Indonesia 2023 dan berhasil dinobatkan sebagai menjabat sebagai Duta Batik Indonesia Best Speech 2023.

Syifa memang sejak lama sudah sangat tertarik pada dunia olahraga seni. Sebelum masuk ke bangku kuliah, ia tercatat sebagai siswi berprestasi di sekolahnya. Kemudian, setelah masuk pada Universitas Pendidikan Indonesia, dara asal Bandung ini menjadi Professional Pencak Silat Coach serta Professional Swimming Coach.

"Seni beda diri pencak silat memiliki budaya yang tinggi, tradisi, seni, olahraga serta pertahanan. Selain menjabat sebagai Duta Batik Indonesia Best Speech 2023, talenta sebagai atlet bela diri itu juga saya bawakan saat menjabat sebagai winner Duta Muda Jawa Barat 2024. Ini berguna untuk mengolaborasikan antara batik dan pencak silat untuk menjaga akar budaya yang menjadi dasar dari jati diri bangsa," ujarnya.

Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa, Syifa berkesempatan mengikuti ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi pada tingkat fakultas dan menjadi delegasi untuk Program Studi-nya yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Untuk kabar terbarunya, Syifa saat sini sedang mempersiapkan diri untuk maju pada tingkat nasional untuk Pemilihan Duta Muda Indonesia sebagai perwakilan Provinsi Jawa Barat. Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara, bulan Mei 2024 mendatang.

Persiapan sudah diusahakannya dari jauh-jauh sebelum keberangkatan ke Medan, termasuk dengan advokasinya. Syifa telah memperkenalkan budaya batik ke beberapa sekolah dan di perguruan pencak silat. Selain itu, dirinya menjalankan advokasi lingkungan di sekitar rumahnya.

Pandawara Group : Dari Aksi Bersih-Bersih Hingga Memperoleh Prestasi

"Saya sebagai pemenang (Duta Muda Jawa Barat 2024) bukan hanya untuk menjalankan advokasi individual saja, tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk menjalankan dan terjun langsung ketika masyarakat membutuhkan uluran tangan," katanya dalam wawancara.

Sebelum terpilih sebagai pemenang Duta Muda Jawa Barat, Syifa telah melewati tahap seleksi semifinal yang terdiri dari wawancara dan tes tulis. Selanjutnya di tahap final yang berlangsung di Kota Bogor, ia mempresentasikan gagasan advokasinya yang sudah dijalankan sebelumnya.

Setelahnya, gadis tersebut menampilkan pencak silat Paleredan untuk tes bakat sesuai dengan advokasi yang dibawakan. Sebelum grand final, penilaian catwalk disertakan sebagai penampilan tambahan.

Ajang ini diharapkan dapat memfasilitasi dan mewadahi para pemuda guna mewujudkan generasi emas 2045 mendatang.

Senada dengan hal tersebut, banyak sekali harapan yang dipanjatkan Syifa. Ia berkeinginan untuk terus mengembangkan dirinya melalui berbagai hal positif lain. Selain itu, tentunya mahasiswi tersebut berharap dapat terus membanggakan nama almamaternya, perguruan pencak silat, dan Provinsi Jawa Barat pada tingkat nasional dan yang lebih tinggi.

Realisasi Keresahan, Inovasi, dan Prestasi Melalui Ceker Ayam Ala Nurman Fariekha Ramdhani

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini