Tomorrowland 4.0, AIESEC in UGM Memampukan Pemuda Membangun Masa Depan Berkelanjutan

Tomorrowland 4.0, AIESEC in UGM Memampukan Pemuda Membangun Masa Depan Berkelanjutan
info gambar utama

Local Project AIESEC in Universitas Gadjah Mada dengan bangga mengumumkan penyelesaian sukses Tomorrowland 4.0, program relawan empat minggu yang transformatif dari 18 Desember 2023—20 Januari 2024.

Local Project adalah proyek relawan hybrid selama 4 minggu yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mengadakan proyek desain untuk berdampak. Selain itu juga agenda ini mengajak pemuda lokal untuk berpartisipasi dan berkontribusi pada Sustainable Development Goals.

Ini adalah kesempatan bagi pemuda di Indonesia yang ingin mengembangkan diri dengan mengalami pandangan baru, berdampak, dan mendukung kegiatan untuk mengembangkan kepemimpinan mereka. Dalam kesempatan istimewa tersebut, ‘Newies’, atau anggota baru AIESEC di UGM ikut serta dalam proyek ini untuk mengalami pengembangan kepemimpinan, serta terhubung dengan pemuda di Yogyakarta.

Tomorrowland 4.0 bertujuan untuk menyoroti pentingnya gaya hidup berkelanjutan dan advokasi untuk gaya hidup tanpa sampah di kalangan masyarakat lokal dan pemuda, yang mengatasi krisis sampah yang meningkat di Yogyakarta.

Program tersebut didorong oleh misi untuk menginspirasi relawan dan peluang untuk belajar tentang kompleksitas kategorisasi sampah rumah tangga berdasarkan komponennya, dengan menekankan manajemen sampah. Selain itu, agenda tersebut bertujuan untuk memberdayakan relawan untuk berbagi wawasan mereka dengan siswa melalui School Roadshow yang menarik.

Memberdayakan Pemuda di Indonesia Melalui AIESEC Future Leaders 2023 Bersama AIESEC in UGM

Dalam kegiatan School Roadshow, para relawan melibatkan siswa SMA sesi active brainstorming yang memicu penciptaan solusi inovatif terhadap tantangan terkait sampah. Dari sini, kemudian disebarluaskan melalui kampanye online yang impactful.

Beberapa hari kemudian, perwakilan dari sekolah tersebut mengunjungi BRIWork di Universitas Gadjah Mada dan melakukan workshop bersama mitra AIESEC in UGM.

Tomorrowland 4.0 mengumpulkan 40 anak muda dan memperlihatkan keahlian 11 pembicara terkemuka. Program ini meliputi berbagai kegiatan yang memperkaya, termasuk sesi pembangunan kapasitas tentang keberlanjutan dan alam, lokakarya praktis tentang pengurangan sampah dan dukungan lingkungan, dan National Networking Space.

Pada kegiatan yang terakhir, relawan lokal akan berinteraksi dengan mitra AIESEC internasional untuk mendiskusikan masalah sampah global dan praktik hidup berkelanjutan.

Karista Septiana, salah satu peserta relawan di Tomorrowland 4.0, menyampaikan antusiasmenya, "Saya berpartisipasi dalam proyek lokal, saya dapat langsung masuk ke masyarakat luas untuk memberikan dampak positif pada hal-hal yang sejalan dengan SDGs 12. Saya pikir itu pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan. Karena itu, saya merasa ada banyak hal yang bisa saya tingkatkan tentang diri saya sendiri, seperti keterampilan sosial, berbicara di muka umum, berpikir kritis, kepemimpinan, dan lainnya."

Unleashing leadership and Problem Solving Skills with Youth Today x Join AIESEC in UNJ

Untuk mengucapkan selamat tinggal kepada anggota AIESEC di UGM, peserta relawan menghadiri Farewell Party di PORTA by Ambarrukmo pada tanggal 20 Januari 2024. Para peserta mengenang apa yang telah mereka lakukan sepanjang proyek.

Gula-gula dibagikan kepada semua orang sebagai bagian dari berbagi rasa terima kasih satu sama lain atas pengalaman mereka, yang telah menjadi budaya di AIESEC. Setiap kelompok relawan juga membagikan produk daur ulang dari proyek mereka untuk dipamerkan satu sama lain, berbagi kampanye mereka kepada publik, dan mempresentasikannya kepada ‘Wall of Fame’.

Proyek hybrid 4 minggu ini memungkinkan pemuda untuk berhasil mengembangkan pengalaman kepemimpinan dengan berkontribusi pada salah satu Sustainable Development Goals. Selain itu, peserta telah meningkatkan kesadaran mereka mengenai pentingnya partisipasi pemuda dalam berkontribusi untuk keberlanjutan lingkungan.

Melalui program transformatif ini, Proyek Lokal AIESEC di Universitas Gadjah Mada bermimpi melihat generasi individu yang berdaya yang memperjuangkan gaya hidup berkelanjutan, berkontribusi pada SDGs.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini