Mengenal Kota Kediri sebagai Kota Tahu, Ini Sejarahnya!

Mengenal Kota Kediri sebagai Kota Tahu, Ini Sejarahnya!
info gambar utama

Kediri telah dikenal sebagai "Kota Tahu" karena reputasinya dalam produksi tahu yang kaya. Sejarahnya dimulai dari migrasi besar-besaran penduduk Tionghoa pada awal abad ke-20.

Perlu Kawan ketahui, tiga tokoh utama dalam sejarah produksi tahu di Kediri yaitu Bah Kacung, Liem Ga Moy, dan Kaou Loung.

Tradisi pembuatan tahu di Kediri diwariskan secara turun-temurun, lho! Hal ini agar dapat menjaga kualitasnya tetap bermutu.

Sentra produksi tahu terutama berada di Kelurahan Pocanan, Jagalan, Bawang, Pekelan, dan Tinalan. Perkembangan industri tahu terus berlanjut di Kota Kediri dengan banyak inovasi dalam variasi produk. Saat ini, sekitar 20 merek tahu kuning yang dikelola oleh keturunan Tionghoa ada di Kota Kediri.

Baca Juga: Roti Buaya, Memori Peradaban Masyarakat Sungai dalam Kebudayaan Betawi

Pemberian julukan "Kota Tahu" kepada Kediri mencerminkan reputasi unggul dan identitasnya sebagai pusat produksi tahu yang terkemuka.

Sejarah yang kaya dan tradisi pembuatan tahu yang diwariskan secara turun-temurun telah membuat Kediri dikenal luas sebagai pusat produksi tahu yang berkualitas. Maka tidak asing jika Kawan berkunjung ke Kota Kediri dan pulang dengan membawa oleh-oleh tahu!

Julukan tersebut mencerminkan keahlian dan keunggulan para pengrajin tahu di Kediri, serta mempertunjukkan warisan budaya yang dijaga dengan baik oleh masyarakat sekitarnya dalam setiap proses pembuatannya.

Selain menjadi tujuan wisata edukasi, Kota Kediri juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin memahami lebih dalam tentang proses pembuatan tahu tradisional. Dengan identitasnya sebagai Kota Tahu, Kediri memperoleh citra yang kuat sebagai kota yang berperan sentral dalam industri tahu di Indonesia.

Sejarah Kediri sebagai Kota Tahu

Jika membicarakan sejarah panjangnya, yang memengaruhi Kediri sebagai "Kota Tahu" tidak lepas dari migrasi besar-besaran penduduk Tionghoa pada era 1900-an.

Dahulu, yang mengenalkan tradisi pembuatan tahu dan memulai industri tahu di kota tersebut merupakan orang Tionghoa. Bah Kacung, Liem Ga Moy, dan Kaou Loung menjadi pionir dalam produksi tahu di Kediri sejak awal abad ke-20.

Daerah-daerah seperti Kelurahan Pocanan, Jagalan, Bawang, Pekalan, dan Tinalan menjadi sentra produksi tahu yang signifikan, bahkan dijadikan Kampung Tahu sebagai destinasi wisata edukasi. Selain itu, inovasi dalam berbagai variasi olahan tahu seperti stik tahu, tahu walik, coklat tahu, dan produk tahu lainnya terus berkembang di Kota Kediri.

Baca Juga: Merawat Eksistensi Tiwul di Gunung Kidul

Varian Tahu Kediri

Tentu jika membicarakan Kota Tahu, tidak lepas dari variasinya pula yang unik. Di Kediri, terdapat beberapa varian tahu yang unik dan terkenal di jajaran masyarakat, termasuk:

Tahu Kuning Takwa

Kediri sebagai Kota Tahu
info gambar

Tahu kuning ini terkenal dengan warnanya yang alami kuning dan populer dengan sebutan "Tahu Takwa". Ini merupakan simbol dari Kediri dan sering dicari oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas.

Tahu Takwa sendiri merupakan varian tahu khas dari Kediri yang memiliki warna kuning alami dari kunyit. Tahu ini memiliki rasa gurih dan tekstur lembut yang khas, sering dibawa sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Kediri.

Stik Tahu

Kediri sebagai Kota Tahu: Stik Tahu
info gambar

Selain tahu kuning, stik tahu juga menjadi produk tahu yang populer di Kediri. Stik tahu memiliki tekstur renyah dan cita rasa gurih, cocok sebagai camilan atau disantap bersama teh atau kopi.

Baca Juga: Sie Reuboh, Makanan Olahan Daging Bernuansa Gurih-gurih Asam Khas Aceh

Pengaruh Tahu Kediri sebagai Perekonomian Masyarakat

Produksi tahu di Kediri tentunya berdampak positif terhadap ekonomi warga setempat dengan beberapa kontribusi.

Salah satunya mendorong pertumbuhan industri tahu, dimana peningkatan produktivitas dan inovasi dalam produksi tahu membantu mengembangkan industri tahu di Kediri yang berpotensi membangun industri produk halal.

Produksi tahu juga dapat membantu menciptakan wirausaha mandiri di Kediri yang mampu memenuhi kebutuhan pribadi dan masyarakat setempat. Di mana produk tahu dari Kediri sendiri banyak dijual di bahkan luar daerah, seperti Surabaya, yang membantu memperluas pasar bagi industri tahu Kediri.

Selain itu, produk olahan tahu khas Kediri, seperti tahu takwa dan stik tahu, juga menjadi oleh-oleh yang terkenal dan tahan lama, sehingga dapat membantu mempromosikan Kediri sebagai kota tahu yang autentik.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini