8 Jenama Lokal Tampilkan Koleksi "Talenta Indonesia" di Paris Fashion Week 2024

8 Jenama Lokal Tampilkan Koleksi "Talenta Indonesia" di Paris Fashion Week 2024
info gambar utama

Indonesia kembali berpartisipasi pada L’adresse Trade Showroom Paris Fashion Week (PFW) 2024. Delapan jenama lokal membawakan koleksi Musim Gugur/Dingin (Autumn/Winter) dengan tajuk “Talent Indonesia” dalam acara peragaan busana ini, yang berlangsung pada 1–4 Maret 2024 di Paris, Prancis.

“Kali ini menjadi tahun ketiga Indonesia berpartisipasi di L’adresse Trade Showroom PFW. Kolaborasi antara pemerintah, KBRI Paris, dan pelaku usaha yang sangat baik dapat mewujudkan cita-cita jenama Indonesia yang dikenal di kancah fesyen internasional,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi.

Kedelapan jenama lokal yang berpartisipasi adalah Artkea, Shiroshima Indonesia, Jenna & Kaia, 3mongkis, Khasoe, Jewel Rocks, Aidan & Ice, dan Long Story Short. Penampilan mereka dalam PFW 2024 merupakan etalase perdagangan bersifat business-to-business. yang mempertemukan pelaku usaha dan pembeli di sektor modest fashion serta produk turunannya.

Menjawab tren konsumen dunia

Modest fashion saat ini menjadi salah satu wujud diversifikasi produk ekspor yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan RI untuk menjawab tren konsumen dunia. Indonesia akan mengambil peluang meningkatnya permintaan global akan produk fesyen halal.

State of Global Islamic Economy (SGIE) mencatat total pengeluaran konsumen muslim untuk fesyen seperti pakaian dan alas kaki mencapai 318 juta dolar AS pada 2022, atau meningkat 8,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pengeluaran ini diprediksi meningkat 6,1 persen menjadi 428 juta dolar AS pada 2027.

“Selain itu, perkembangan industri modest fashion dalam negeri saat ini maju pesat dengan dukungan berbagai keunggulan. Di antaranya dukungan berupa kekayaan budaya, semakin baiknya ekosistem rantai pasok, desain yang unik, kualitas yang baik, serta keberadaan industri niaga elektronik yang semakin berkembang,” kata Didi.

Baca juga Raihan Model RI Tampil di Paris Fashion Week, Bawa Koleksi Louis Vuitton

Jenama lokal go internasional

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag Merry Maryati menilai partisipasi jenama Indonesia di kancah internasional seperti PFW sebagai salah satu upaya pemerintah mendukung produk kreatif Tanah Air. Hal ini dilakukan agar jenama-jenama lokal semakin kreatif dan dikenal luas oleh masyarakat internasional.

Menurut data Kemendag, nilai ekspor fesyen Indonesia ke dunia selama periode 2019–2023 tercatat tumbuh positif sebesar 11,3 persen. Pada 2023, nilai ekspor tercatat 20,19 miliar dolar AS atau naik signifikan jika dibandingkan dengan nilai ekspor 2019 yang sebesar 14,79 miliar dolar AS.

Adapun lima produk fesyen Indonesia yang meraih nilai ekspor tertinggi tahun 2023 adalah perhiasan, sepatu olahraga, sepatu, pakaian olahraga (jersey), dan pakaian wanita. Lima negara tujuan ekspor Indonesia paling besar di periode tersebut adalah Amerika Serikat, Swiss, Jepang, Tiongkok, dan Singapura.

Baca juga 8 Jenama Indonesia Berpartisipasi dalam L’adresse Trade Showroom Paris Fashion Week 2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini