Mengenal Tekwan, Makanan Khas Palembang Hasil Akulturasi Budaya dengan Tionghoa

Mengenal Tekwan, Makanan Khas Palembang Hasil Akulturasi Budaya dengan Tionghoa
info gambar utama

Palembang salah satu daerah yang cukup terkenal dengan sebutan kota "pempek". Di manapun orang memakan pempek, pasti menyebut nama "Palembang" setelah kata pempek. Pempek Palembang memang sangat ikonik dan terkenal, baik di kalangan masayarakat Indonesia maupun mancanegara.

Namun, tahukan Kawan, makanan khas Palembang tidak hanya pempek saja, melainkan ada juga makanan khas lainnya yang tidak kalah unik cita rasanya? Namanya adalah tekwan. Makanan ini sering kali menjadi menu tambahan di berbagai restoran pempek di Palembang.

Tekwan merupakan panganan turunan dari pempek. Maka dapat dikatakan bahwa tekwan masih termasuk kategori pempek dengan varian atau jenis yang berbeda. Rahasia kelezatan tekwan terletak pada daging ikan tenggiri yang segar.

Dalam sejarahnya, tekwan merupakan kuliner hasil akulturasi antara budaya Palembang dan Tionghoa. Tekwan memiliki sejarah dari masa Sriwijaya. Banyak orang Tionghoa yang datang ke daerah tersebut untuk sekarang ini disebut sebagai perantauan.

Roti Ganjel Rel, Makanan Khas Semarang Hasil Modifikasi Kue Belanda

Perantauan Tionghoa menciptakan makanan tekwan sehingga ada perpaduan dua budaya, yaitu Palembang dan Tionghoa. Saat itu, perantauan Tionghoa memperkenalkan kuliner berbahan ikan ini.

Kemudian, masyarakat Palembang memodifikasinya agar sesuai dengan cita rasa lidah masyarakat setempat. Orang asli Palembang ini memodifikasi rasa sup ikan dengan cita rasa lokal yang sesuai dengan lidah orang Palembang.

Istilah "tekwan" berasal dari kata "Berkotek Samo Kawan" yang berarti "mengobrol dengan kawan". Nama ini dipilih karena masyarakat Palembang senang makan bersama teman-temannya sambil berbincang. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa tekwan merupakan akronim dari kalimat bahasa Inggris “take one” yang artinya makan diambil satu-satu. Dalam kehidupan nyata, memang cara memakan tekwan adalah dengan disantap satu per satu seperti makan bakso.

Tekwan merupakan makanan khas Palembang yang termasuk ke dalam jenis hidangan berkuah dengan bahan utama terbuat dari ikan tenggiri dan tepung tapioka seperti halnya pempek. Namun, berbeda pengolahannya.

Tekwan memiliki bentuk bulat-bulat berukuran kecil menyerupai pentol bakso yang disajikan dengan kuah. Biasanya pada pelengkap kuah tekwan ini berisi irisan bengkoang, jamur kuping, udang dan daun bawang, dan ditambahkan dengan topping sohun, ebi bubuk, daun seledri, dan bawang goreng.

Tekwan ada dua macam, yakni tekwan kering dan tekwan basah. Tekwan kering yang biasanya dibuat bukan untuk disajikan pada saat itu, melainkan diperuntukan untuk beberapa saat kemudian pada acara-acara tertentu.

Kenali Brem, Makanan Khas Madiun yang Tak Boleh Dilewatkan!

Cara membuat tekwan basah adalah dicetak lalu direbus. Berbeda dengan tekwan kering yang cara pembuatannya dicetak, dikukus, dan dijemur beberapa hari sampai kering. Proses inilah yang membuat tekwan kering bertahan lebih lama.

Tekwan kering yang akan disajikan akan direndam terlebih dahulu dalam air selama ±8 jam, kemudian barulah dikukus. Setelahnya, kuah pendamping akan dibuat sebelum disajikan. Namun, biasanya harus direndam terlebih dahulu dalam air agar tekwan tersebut lembut dan hemat waktu ketika mengukusnya.

Dasar pengolahan tekwan terdiri dari penggilingan daging ikan, pencampuran bahan (ikan gabus, tepung tapioka, air, dan garam), pembentukan adonan yang dibentuk kecil-kecil, dan dimasak. Dalam pemasakan tekwan basah sendiri, tekwan dilakukan dengan cara direbus, yaitu memasukan tekwan ke dalam panci yang berisi air mendidih selama ±5 menit.

Tekwan yang sudah matang akan mengapung ke permukaan air rebusan. Jika ditusuk menggunakan garpu atau alat lainnya, tekstur dari tekwan tersebut akan lembut dan kenyal.

Dikutip dari laman Halodoc, berikut kandungan nutrisi dalam seporsi tekwan ikan tenggiri dalam semangkok tekwan:

  • Kalori: 224
  • Lemak: 6,39 gram
  • Karbohidrat: 24,03 gram
  • Protein: 16,72 gram

Bagaimana, apakah Kawan tertarik untuk mencoba tekwan?

Cara Membaca Tabel Informasi Nilai Gizi pada Kemasan Produk Makanan Olahan

Referensi:

  • https://www.halodoc.com/artikel/resep-tekwan-ikan-tenggiri-yang-enak-dan-kaya-nutrisi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

VR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini