Reuni Akbar Angkatan 9 SMPN 1 Cijeruk, Belgi Art Kenalkan Potensi Ekonomi Kreatif

Reuni Akbar Angkatan 9 SMPN 1 Cijeruk, Belgi Art Kenalkan Potensi Ekonomi Kreatif
info gambar utama

Ikatan Alumni SMP Negeri 1 Cijeruk, Kecamatan Cijeruk-Bogor, menggelar kegiatan reuini Akbar tahun 2024, dengan tema 'Mempererat Kenangan Membangun Persaudaraan dari Generasi ke Generasi dan Saling Berbagi', hari Minggu (3/03/2024).

Reuni tersebutdiselenggarakan di Demang Water Park, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk. Event ini dihadiri oleh Kepala Desa Cipelang, kepala sekolah, seluruh dewan guru SMP Negeri 1 Cijeruk, dan juga para alumni lulusan SMP 1 Cijeruk dari angkatan 1 hingga angkatan 21.

Sekolah yang sudah ada sejak tahun 1993 ini menggelar kegiatan reuni akbar yang diisi dengan kegiatan sosial. Beberapa di antaranya adalah menyantuni anak yatim sebanyak 150 anak yatim serta memberikan donasi kepada sekolah dan juga dewan guru yang telah purnabakti. Selain itu, aktivitas tersebut diisi pula dengan beberapa hiburan dan games.

Ketua panitia reuni akbar SMP Negeri 1 Cijeruk, Ganjar Nurdiansyah, mengungkapkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan guna memberikan motivasi kepada seluruh alumni untuk saling berbagi kepada anak yatim. Selain itu, juga berdonasi untuk sekolah tempat mereka menuntut ilmu yang ditengarai saat ini mengalami kesulitan air bersih.

Oleh sebab itu, pihak panitia mencoba menginisiasi event tersebut dengan tujuan utama dari digelarnya reuni ini untuk menjalin silaturahmi dan juga berbagi, baik untuk anak yatim yang ada di sekolah, maupun para orang tua alumni yang telah tiada.

"Untuk santunan yatim, sebanyak 150 anak dari tiga Kecamatan dan juga dari sekolah ada 20 anak, terutama anak dari alumni yang suami yang telah meninggal, selain santunan kami menyerahkan pula donasi untuk sekolah kami SMP Negeri 1 Cijeruk," ujarnya.

Diketahui bahwasannya SMPN 1 Cijeruk ini telah meluluskan siswa-siswi sebanyak 29 angkatan. Di antara mereka ada yang sudah menetap di luar Kabupaten Bogor, seperti Kalimantan, Bali, Bandung, bahkan ada yang berada di luar negeri seperti Yunani.

"Seluruh angkatan yang di undang sebanyak 29 angkatan, dari angkatan pertama hingga angkatan 29. Selain dari wilayah kabupaten Bogor, ada pula alumni yang telah menetap di Bali dan Kalimantan. Namun, untuk dari alumni yang telah menetap di Yunani tidak dapat hadir, tapi telah memberikan kontribusinya untuk acara ini," tambahnya lagi.

Indonesia Sukses Prakarsai Resolusi PBB untuk Ekonomi Kreatif

Dirinya merasa bangga sekaligus bahagia. Sebab, banyak lulusan SMP Negeri 1 Cijeruk, telah menjadi pengusaha, wiraswasta, anggota dewan, Kepala Desa, hingga menjadi guru. Oleh sebab itu, ikatan alumni yang telah terbentuk memiliki program bantuan untuk para anak yatim, dan orang tua yang kurang mampu, untuk membantu meringankan beban mereka.

"Alhamdulilah pada hari ini kami dapat menjalin silaturahmi dengan seluruh angkatan, dari angkatan pertama hingga angkatan ke 29, bangga dan bahagia kami rasakan, karena banyak alumni yang telah menjadi pengusaha, anggota dewan, ASN, Kepala Desa, wiraswasta, hingga menjadi guru. Maka, kegiatan reuni ini dapat memberikan manfaat dengan membantu anak yatim dan warga kurang mampu, agar ikut meringankan beban mereka," sebut Ganjar.

"Saya berharap dengan adanya reuni akbar ini, seluruh alumni dapat terus menjadi silaturahmi dengan baik, dan tetap membantu rekan alumini apa bila mengalami kesulitan, Insha Allah ada keberkahan yang kita laksanakan hari ini," tutup Ganjar.

Foto bersama seluruh alumni SMPN 1 Cijeruk | Sumber: Dok. Pribadi Belgi Alhuda
info gambar

Senada dengan Ganjar, Kiki Sukiwan selalu Kepala Desa (Kades) Cipelang, yang juga salah atu alumni SMP Negeri 1 Cijeruk, mengungkapkan rasa bahagianya dengan hadirnya para alumni yang tidak bertemu selama puluhan tahun. Dirinya berharap agar ke depannya acara silaturahmi ini tetap terus berlanjut dan menjadi momentum untuk dapat saling menjalin komunikasi dan tetap saling membantu antaralumni.

"Saya harap jangan hari ini saja kita bertemu. Di luar ini kita lebih eratkan lagi jalinan silaturahmi ini, terutama progam bantuan untuk anak yatim, harus berjalan dengan baik. Karena akan banyak manfaatnya, apa bila kita saling membantu antara sesama," ungkapnya.

Perempuan Kian Miliki Peran Penting dalam Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Salah satu alumni angkatan ke—9, Belgi Alhuda, menuturkan bahwasanya dengan adanya event reuni akbar yang diselenggarakan perdana ini semoga mendapatkan input dan juga output yang berkelanjutan untuk saling berkontribusi baik bagi sekolah maupun bagi antaralumni untuk saling berkolaborasi di berbagai bidang kedepannya.

Masih kata Belgi, pemilik kerajinan tangan dengan brand Belgi Art asal Ciburayut ini mengharapkan agar ikatan alumni SMPN 1 Cijeruk ini lebih kompak dan memberikan dampak kepada masyarakat dan lingkungan. Baik mengenai industri/ekonomi kreatif, wirausaha, hingga aksi sosial yang dapat membantu sesama.

Mengenai ekonomi kreatif, dirinya memberikan pandangan bahwa di Kecamatan Cijeruk sendiri memiliki begitu banyak destinasi wisata dan juga kearifan lokal yang sangat banyak. Maka dari itu, dirinya turut prihatin jika masih ada alumni yang masih terkendala dengan pekerjaan.

Dirinya mendorong agar pemerintah desa serta ikatan alumni yang dipercaya memiliki jaringan dan koneksinya agar dapat saling membantu para rekan alumni yang lain agar ikatan ini dapat memberikan banyak manfaat dan berkelanjutan.

“Dengan adanya giat ini, Belgi Art dapat memberikan sumbangsih untuk menambahkan doorprize dan juga sebagai bentuk untuk memperkenalkan produk ekonomi kreatif di tengah-tengah kegiatan hingga memberikan cindramata berupa lukisan kayu kepada semua guru,” terang Belgi.

Ini Tren Baru Investasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Pakai NFT?

Referensi:

  • https://www.metropolitan.id/bogor-raya/95312042785/reuni-akbar-smp-negeri-1-cijeruk-gelar-donasi-dan-santuni-ratusan-anak-yatim
  • https://liputanjurnalis.com/2024/03/03/angkatan-9-smp-negeri-1-cijeruk-ramaikan-event-reuni-akbar-dan-berikan-cindramata-kerajinan-ke-semua-guru/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini