Mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, Menjelajahi Koleksi Lokomotif dan Naik Kereta Uap

Mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, Menjelajahi Koleksi Lokomotif dan Naik Kereta Uap
info gambar utama

Museum Kereta Api Ambarawa, yang dikenal juga sebagai Indonesia Railway Station, adalah destinasi wisata yang menggabungkan edukasi dengan hiburan. Dulunya, merupakan sebuah stasiun kereta api yang dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Dan, juga menjadi museum kereta api pertama di Indonesia.

Terletak di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempatnya strategis, berhadapan dengan Pasar Lanang Ambarawa.

Sejarah Singkat

Museum Kereta Api Ambarawa memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan warisan transportasi kereta api di Indonesia. Didirikan di bekas stasiun kereta api yang telah berusia 1,5 abad.

Awalnya, Pemerintah Hindia membangun stasiun kereta api Ambarawa pada abad ke-19. Stasiun ini berfungsi sebagai tempat pemberhentian kereta api yang menghubungkan Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Namun, semenjak Gunung Merapi meletus, letusan tersebut menyebabkan kerusakan serius pada jalur kereta api di daerah Magelang - Yogyakarta.

Lalu, seiring berjalannya waktu, jalur kereta api dinonaktifkan dan beralih fungsi menjadi sebuah museum. Pada tanggal 21 Maret 1976 Pemerintah Daerah setempat meresmikan.

Koleksi Uang Terlengkap hingga Fasilitas Menarik di Museum Bank Indonesia

Koleksi yang Terdapat di Museum

Tentu saja, yang membuat Museum Kereta Api Ambarawa begitu menarik adalah koleksi bersejarahnya. Mulai dari lokomatif uap hingga kereta dan gerbong penumpang, museum ini juga memamerkan warisan transportasi dari masa Hindia Belanda hingga pra-Kemerdekaan RI.

Menurut website dari Kaiwisata.id, kini, terdapat 26 koleksi lokomotif uap, 4 lokomotif disel, 5 kereta, dan 6 gerbong yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada juga yang dari luar negeri.

Selain itu, kawan GNFI juga bisa naik Kereta Api Uap dengan pemandangan yang memukau selama di perjalanan, dengan rute Ambarawa - Tuntang. Uniknya, Kereta Api Uap bergigi ini salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya berada di Swiss dan India.

Informasi Penting bagi Pengunjung

Bagi GNFI yang tertarik berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa atau menjadi salah satu destinasi wisata liburanmu nanti. Maka, akan ada informasi menarik yang kiranya akan membantu.

Tentu saja, sebelum merencanakan kunjungan, penting untuk memeriksa informasi terkini mengenai jam buka dan harga tiket masuk museum. Nah, tiket masuk museum harga bervariasi, dengan tarif Rp20.000 untuk dewasa wilayah domestik dan Rp30.000 untuk wisatawan asing. Sementara itu, tiket naik Kereta Api Uap adalah Rp100.000 per orang.

Bagi kawan GNFI yang ke museum menggunakan transportasi umum, terdapat juga beberapa alternatif kendaraaan umum. Di sekitar museum, tersedia angkot dan bus kecil. Kawan GNFI juga bisa menemukan delman yang berada di luar museum, kalian bisa menaiki, lalu mengelilingi daerah sekitar museum.

Telah Dibuka, Museum Virtual Cina Benteng Tangerang yang Berawal dari Skripsi!

Namun, perlu diingat, bahwa informasi ini dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, disarankan untuk memeriksa sosial media resmi Museum Kereta Api Ambarawa sebelum berkunjung, supaya bisa mendapatkan informasi yang akurat sekaligus terkini.

Museum Kereta Api Ambarawa menawarkan pengalaman yang kaya akan sejarah dan keindahan alam yang tak tertandingi. Dari koleksi lokomotif bersejarah hingga jalur kereta api yang mempesona, museum ini merupakan destinasi yang memikat bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi dan memahami sejarah tranportasi kereta api di Indonesia.

Meskipun mengalami tantangan dan perubahan seiring berjalannya waktu, Museum Kereta Api Ambarawa tetap menarik para pengunjung dari berbagai kalangan. Dengan menyajikan cerita yang unik dan mendalam tentang perkembangan kereta api dari masa lalu hingga sekarang, selain menjadi sarana hiburan, juga menjadi wadah edukasi dan pengetahuan bagi siapapun yang berkunjung.

Oleh karena itu, bagi Kawan GNFI yang ingin memperluas pengetahuan mereka tentang sejarah kereta api dan menikmati keindahan alam sekitar Ambarawa, Museum Kereta Api Ambarawa adalah destinasi pilihan yang tepat.

Jelajahi pesonanya, nikmati pengalaman naik kereta api uap yang menakjubkan, dan rasakan sejarah di setiap sudut museum ini. Dengan begitu, kunjungan Kawan GNFI ke Museum Kereta Api Ambarawa akan menjadi petualangan yang tak terlupan. Selamat menjelajahi!

Museum Radya Pustaka, Menelusuri Peninggalan Sejarah di Tengah Modernitas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini