Koleksi Uang Terlengkap hingga Fasilitas Menarik di Museum Bank Indonesia

Koleksi Uang Terlengkap hingga Fasilitas Menarik di Museum Bank Indonesia
info gambar utama

Museum Bank Indonesia merupakan sebuah museum yang memiliki koleksi uang terlengkap. Letaknya berada di kawasan Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat. Museum BI ini telah melakukan beberapa perubahan pasca pandemi COVID-19, dengan menambah beberapa fasilitas unik dan menarik seperti photobooth dan kids corner yang terbuka secara gratis untuk pengunjung.

Tak hanya itu, fasilitas dan pelayanan di Museum Bank Indonesia bisa terbilang cukup lengkap dan tersedia secara terjangkau untuk pengunjung lokal dan turis asing, di antaranya adalah area parkir untuk kendaraan pribadi, tempat ibadah, ruang khusus merokok, dan area makan secara gratis gratis untuk pengunjung.

Kemudian, tarif tiket masuknya pun hanya Rp5 ribu, termasuk harga untuk turis asing. Bagi pengunjung yang membawa kartu pelajar atau mahasiswa yang masih aktif, tidak akan dikenai biaya apapun. Jika Kawan GNFI akan berkunjung secara rombongan, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan tiket gratis dengan cara mendaftar melalui WhatsApp Museum Bank Indonesia yang disediakan di pusat informasi.

Museum Radya Pustaka, Menelusuri Peninggalan Sejarah di Tengah Modernitas

Museum ini beroperasi di hari Selasa—Minggu, dari pukul 08.00—15.30 WIB. Unruk jam istirahatnya adalah pada pukul 12.00—13.00 WIB.

Museum Bank Indonesia ©Livia April
info gambar

Museum Bank Indonesia menghadirkan fasilitas baru sejak September 2022, yaitu photobooth dan kids corner. Di dalam photobooth, kita bisa mengabadikan foto dengan berbagai background pilihan yang hasil fotonya bisa langsung dikirim melalui email.

Sedangkan kids corner dapat digunakan anak-anak untuk bermain sekaligus belajar, seperti mewarnai dan bermain puzzle. Keduanya juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Edukator di Museum Bank Indonesia, Randy Rafsanjani, mengatakan bahwa museum ini mempunyai koleksi uang terbesar dan terlengkap.

“Kita mempunyai koleksi uang terbesar dan terlengkap mulai dari uang zaman penjajahan Belanda, penjajahan Jepang sampai uang kerajaan ada di Museum Bank Indonesia, itu yang membuatnya unik dari museum lain.” Ujarnya di Museum Bank Indonesia pada Jum'at (3/11/2023).

Museum Bank Indonesia ©Livia April
info gambar

Keunikan Museum Benteng Heritage, Bukti Peradaban Tionghoa di Tangerang

Terkait dengan perawatan dan pelestarian koleksi Museum, Randy menjelaskan,

“Kita melakukan perawatan setiap bulannya, mulai dari perawatan emas batangannya yang dibersihkan dengan alat-alat khusus tentunya, dan juga dengan tim yang ahli di bidangnya. Tidak hanya emas batangan, kita juga melakukan perawatan kepada patung, benda-benda yang sifatnya penuh dengan kelistrikan, ataupun uang-uang kuno yang kita rawat setiap tahunnya. Dengan cara mengganti uang yang sudah dipamerkan dengan uang yang ada di gudang setiap tahunnya bergantian, jadi dilakukan perawatannya pun bergantian juga. Kadang kita melakukannya 3 tahun sekali kadang 1 tahun sekali agar masyarakat tidak bosan dengan koleksi yang ada di Museum, itu cara kita untuk melakukan perawatan.”

Museum Bank Indonesia ©Livia April
info gambar

Museum Bank Indonesia juga mempunyai pemandu tour yang dapat membantu kita berkeliling di area museum dan menjelaskan sedikit tentang koleksi-koleksi yang ada. Bagi rombongan yang menginginkan adanya pemandu tour, dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website ataupun WhatsApp yang sudah disediakan di pusat informasi.

Dan lagi-lagi, layanan pemandu ini bisa didapatkan secara gratis. Terdapat juga toko souvenir yang menjual berbagai macam barang dengan harga beragam. Pengunjung bisa datang dan membeli souvenir yang ada di Museum BI.

“Dan itu limited edition karena edisinya tentang Museum BI semua tentunya,” tambah Randy.

Telah Dibuka, Museum Virtual Cina Benteng Tangerang yang Berawal dari Skripsi!
Museum Bank Indonesia ©Livia April
info gambar

Museum Bank Indonesia menjadi salah tempat yang harus dikunjungi oleh generasi muda dan semua orang yang ingin memahami lebih dalam terkait sejarah uang, ekonomi, dan perbankan Indonesia. Koleksi uang yang terlengkap dan fasilitas menarik membuat museum ini menjadi destinasi edukasi yang memikat, yang dapat memberikan pengalaman berharga dan mendalam bagi pengunjung dari segala usia.

Dengan berkunjung ke museum ini, generasi muda dapat memperkaya pengetahuan mereka tentang sejarah ekonomi dan keuangan negara mereka, sambil merasakan pengalaman yang mengesankan.

Yuk, luangkan waktu untuk berkunjung ke Museum Bank Indonesia!

#WritingCamp

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini