Kolaborasi Lintas Generasi: Google Indonesia Hadirkan Nasida Ria dan JKT48

Kolaborasi Lintas Generasi: Google Indonesia Hadirkan Nasida Ria dan JKT48
info gambar utama

Lagu kampanye Google Indonesia bertajuk “Ini Ramadan Kita” viral di media sosial. Baru dua hari diunggah, komentar di akun YouTube resmi Google Indonesia mencapai 600 an. Di Instagram resmi Google Indonesia, video tersebut telah ditonton lebih dari 4,1 juta kali dengan jumlah suka mencapai 162 ribu dan mencapai 5 ribu komentar.

Viralnya lagu kampanye tersebut ditengarai oleh hadirnya grup musik legendaris, Nasida Ria dan JKT48 yang turut berkolaborasi bersama Google Indonesia. Keduanya, menjadi grup musik favorit bagi masing-masing generasi atau lintas generasi di Indonesia.

Nasida Ria naik daun di era 1980-an, sedangkan JKT48 debut pada tahun 2011. Keduanya, hingga kini masih eksis dan disukai masyarakat.

Menurut Feliciana Wienathan selaku Communications Manager Google Indonesia, kolaborasi lintas generasi antara Nasida Ria dan JKT48 dalam kampanye “Ini Ramadan Kita” diharapkan dapat membawa semangat Ramadan ke seluruh kalangan, tanpa memandang perbedaan.

"Diharapkan kolaborasi antara JKT48 dan Nasida Ria tidak hanya membawa kegembiraan tetapi juga kehangatan untuk segala kalangan masyarakat Indonesia," jelas Feliciana, dikutip dari Liputan6.

Mengenal Nasida Ria, Grup Kasidah Legendaris Asal Semarang

Menyatukan Generasi Lewat Musik

Felicia menambahkan bahwa musik menjadi salah satu alat yang dapat mempersatukan berbagai golongan, termasuk lintas generasi.

"Kami pikir kalau untuk berbicara dari hati ke hati meningkatkan semangat, cara yang paling pas adalah lewat musik. Musik itu bisa dibilang personal, ada yang suka kasidah, ada yang suka genre pop, dan lainnya. Bagaimana kita bisa menyatukan semuanya dalam satu bahasa musik yang bisa dinikmati adalah tugas kita bersama, nih,” ujar Felicia, dikutip dari Parapuan.

Dalam video “Ini Ramadan Kita” tampak JKT48 menggunakan dress berwarna keemasan dan dress pink yang dikombinasikan dengan warna biru. Sementara itu, Nasida Ria mengenakan dress dengan kombinasi merah dan keemasan serta dress kombinasi hijau emas. Keduanya kompak menari sesuai ciri khasnya masing-masing.

Keunikan lagu ini juga terletak pada konsep aransemen yang digunakan. Saat Nasida Ria menyanyikan lagu, latar belakang musik dominan menggunakan suara kendang. Sementara itu, drum menjadi alat musik pengiring grup JKT48. Kombinasi keduanya menjadi ciamik.

Mengenal Music Declares Emergency Indonesia, Kolaborasi Musisi Peduli Lingkungan

Penyesuaian JKT48 dalam Kolaborasi Bersama Nasida Ria

Kolaborasi unik ini menjadi tantangan tersendiri bagi JKT48. Apalagi, pada tahun sebelumnya Nasida Ria juga pernah bekerja sama dengan Google Indonesia.

"Kaget karena kita usianya banyak yang lebih remaja, jadi banyak penyesuaian, tapi kita seneng sih bisa kolaborasi,” ujar Shani Indira, salah satu anggota JKT48.

Persiapan pembuatan video klip juga terbilang cukup mepet. Proyek pengambilan video lagu “Ini Ramadan Kita” hanya laksanakan selama dua hari di dua tempat berbeda.

"Tantangan sih ada, tetapi kami menjalaninya dengan ikhlas, tulus, dan InsyaAllah berjalan dengan baik dan membuahkan hasil yang baik," ujar salah satu personel Nasida Ria.

Lebih dari Grup Musik, JKT48 adalah Wajah Indonesia di Mata Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini