5 Sungai di Kalimantan, Ada Sungai terpanjang di Indonesia

5 Sungai di Kalimantan, Ada Sungai terpanjang di Indonesia
info gambar utama

Sungai adalah aliran air yang berada di permukaan besar dan berbentuk memanjang yang mengalir secara terus menerus dari hulu hingga ke muara. Sungai—atau yang biasa kita sebut dengan kali atau bengawan—memiliki banyak manfaat loh, Kawan GNFI. Bisa sebagai bahan baku air minum, irigasi pertanian, dan menjadi objek wisata. Sehingga, bisa dikatakan bahwa di Indonesia, sungai sangat bermanfaat bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

Selain itu, negara kita juga terkenal memiliki wilayah perairan yang sangat luas dan tersebar dari Sabang sampai Merauke. Salah satu pulau yang mempunyai banyak sungai adalah Kalimantan. Bahkan, pulau tersebut punya sungai terpanjang di Indonesia, nih! Lantas, apa saja nama sungai yang ada di Kalimantan?

Sungai Mahakam

Sungai Mahakam © Herusutimbul on Wikimedia commons
info gambar

Sungai Mahakam adalah nama sungai yang berada di provinsi Kalimantan Timur dan bermuara di selat Makassar. Sungai dengan Panjang 920 kilometer ini melintasi wilayah kabupaten Kutai Barat di bagian hulu hingga kabupaten Kutai Kartanegara dan kota Samarinda di bagian Hilir.

Sungai ini juga menjadi jalur transportasi bagi masyarakat lokal. Kawan GNFI, tahukah kalian bahwa di Sungai Mahakam telah ditemukan ratusan spesies ikan dan sebagian di antaranya merupakan spesies ikan endemik?

Hingga saat ini, Sungai Mahakam masih menjadi salah satu sumber air bersih bagi warga sekitar yang tinggal di pinggiran sungai. Tidak hanya itu, area tersebut juga kerap menjadi objek wisata bagi para turis lokal maupun mancanegara.

Asal Usul Sungai Brantas yang Terbentang di Jawa Timur

Sungai Barito

Sungai Barito © Ilham Mufti Laksono on Wikimedia commons
info gambar

Sungai Barito memiliki panjang 900 kilometer yang terletak di Kalimantan Selatan. Sungai ini mengalir melintasi 2 provinsi, yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Sama seperti Sungai Mahakam, area tersebut juga merupakan jalur transportasi bagi warga setempat.

Uniknya, Sungai Barito menjadi kawasan tempat tinggal untuk sebagian masyarakat. Pemukiman warga Kampung Alalak dan Kampung Kuin dibangun di atas perairan Sungai Barito. Kedua kampung tersebut disebut sebagai kampung tertua yang ada di Banjarmasin loh, Kawan GNFI.

Sungai Arut

Sungai Arut © mmc.kotawaringinbaratkab.go.id
info gambar

Sungai Arut adalah sungai yang mengaliri wilayah Kalimantan Tengah. Kabupaten Kotawaringin Barat dan melintasi Pangkalan Bun sebagai ibu kota kabupaten. Sungai dengan panjang 250 kilometer ini digunakan sebagai alur pelayaran dan juga sebagai jalur transportasi juga digunakan sebagai pusat perekonomian bagi masyarakat Kotawaringin Barat dan sekitarnya.

Jika berkunjung ke Kalimantan Tengah, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisatanya yang terkenal, yakni Kampung Sega, tempat nongkrong asyik di sore hari sembari menikmati jajanan khas dan UMKM.

Melintasi Jalan Bahasa, Mengungkap Kekayaan Lisan Kalimantan Timur

Sungai Kapuas

 Sungai Kapuas © Rahmad Widyo Utomo on Wikimedia commons
info gambar

Ini dia sungai terpanjang di Indonesia yang letaknya di Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah, namanya adalah Sungai Kapuas! Sungai ini memanjang dari Desa Tumbang Bukhari Kecamatan Mandau Talawang sampai ke Desa Batajung Kecamatan Kapuas Kuala. Panjangnya saja mencapai 1.143 kilometer loh, Kawan GNFI.

Sungai ini menjadi pemisah antara wilayah Kota Pontianak Timur dan Pontianak Utara. Nama "Kapuas" berasal dari sebuah daerah di sekitaran sungai, yakni Kapuas Hulu. Bagi warga setempat, Sungai Kapuas sering disebut dengan sebutan Sungai Buhang atau pun Sungai Lawai.

Selain itu, Kapuas juga merupakan akses transportasi pengangkut kayu gelondongan dari kawasan penebangan ke pabrik-pabrik.

Sungai Sampit

Sungai Sampit © Midori on Wikimedia commons
info gambar

Sungai ini lebih dikenal dengan sebutan Sungai Mentaya. Sungai Sampit terletak di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Panjangnya sekitar 300 kilometer dan menjadi sungai terbesar yang mengalir membelah Kota Sampit.

Seperti halnya sungai-sungai lain yang berada di Kalimantan, area ini menjadi sarana transportasi bagi masyarakat setempat, baik sebagai transportasi manusia maupun transportasi barang dan hasil pertambangan.

Balamut, Seni Lisan Warisan Kalimantan Selatan yang Unik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini