Waspada, Beberapa Wilayah Indonesia Tercatat Mengalami Gempa pada Maret 2024

Waspada, Beberapa Wilayah Indonesia Tercatat Mengalami Gempa pada Maret 2024
info gambar utama

Gempa tektonik cukup dahsyat terjadi di Kota Tuban Jawa Timur, Jumat (22/3/2024). Gempa tersebut berada pada jarak 130 kilometer timur laut Kota Tuban, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa dengan kekuatan magnitudo lebih dari 6 itu dirasakan di berbagai daerah, termasuk Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Kalimantan.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan gempa di Pulau Bawean dan Kota Tuban merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan adanya aktivitas sesar aktif di Laut Jawa.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," jelas Daryono dalam keterangan resmi.

Pusat gempa Bawean yang terjadi sejak Jumat © Antara
info gambar

Meski gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami, tercatat Pulau Bawean – sebuah pulau yang terletak sekitar 135 kilometer sebelah utara Kota Gresik – mengalami kerusakan yang cukup parah. Selain itu, Daryono juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada.

Menyusul gempa Bawean dan Tuban Jawa Timur, berbagai wilayah di Indonesia juga mencatatkan aktivitas gempa dengan kekuatan yang berbeda-beda.

Berikut daftar gempa yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia pada akhir Maret 2024.

Orang Sunda Kerap Bilang "Aya" Ketika Ada Gempa, Begini Ceritanya

Gempa Bawean dan Tuban Jawa Timur Kekuatan Magnitudo 6,5

Gempa di Pulau Bawean Jawa Timur terjadi mulai pukul 11.22 WIB dengan kekuatan magnitudo 6,1. Gempa kemudian kembali terjadi pada pukul 15.52 WIB dengan kekuatan magnitudo 6,5. Selain kekuatan yang lebih besar, durasi gempa pada sore hari juga lebih lama dibandingkan dengan gempa yang pertama.

Gempa tersebut dirasakan oleh masyarakat di sejumlah daerah, seperti Kudus, Yogyakarta, Kalimantan, hingga Jakarta. Pulau Bawean menjadi wilayah yang paling terdampak dari adanya aktivitas teknonik tersebut. Oleh karena itu, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan gempa tersebut lebih tepat disebut sebagai Gempa Bawean daripada Gempa Tuban.

Hingga Minggu (24/3/2024) pukul 06.00, tercatat telah ada gempa susulan sebanyak 229 kali di sekitar Bawean dan Tuban, Jawa Timur.

"Tercatat 229 kali gempa, dengan frekuensi semakin jarang," kata Daryono, Minggu (24/3/2024).

Ini Penyebab Gempa Sumedang, BMKG Temukan Sesar Baru

Gempa Bengkulu Selatan Magnitudo 5,6

Gempa terjadi di Bengkulu Selatan, Sabtu (23/3/2023) malam pukul 20.20 WIB. Gempa berkekuatan 5,6 magnitudo itu berpusat di laut, 31 kilometer Barat Daya Bengkulu Selatan dengan kedalaman 27 kilometer.

Gempa tersebut dirasakan dalam skala MMI IV di Kaur, Bengkulu Selatan, dan Manna; MMI III-IV di Kota Bengkulu dan Empat Lawang; MMI III di wilayah Liwa, Kepahiang, Lebong, Bengkulu Utara, Mukomuko, Enggano, dan Kota Muaradua; serta MMI II di Semaka dan II Sekincau.

Gempa Keerom Papua Magnitudo 7,5

Kabupaten Keerom, Papua dilanda gempa dengan kekuatan magnitudo 6,8 pada dini hari pukul 03.22 WIB, Minggu (24/3/2024). Berbeda dengan gempa Bawean yang terletak di laut, gempa di Keerom merupakan gempa yang pusatnya berada di darat. Gempa tersebut berada sekitar 275 kilometer Tenggara Keerom dengan kedalaman 63 kilometer.

Gempa susulan terjadi pada pukul 5,49 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,6 dan pada pukul 10.26 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,8. Gempa susulan ini memiliki kedalaman 10 kilometer.

Cerita Masyarakat Mentawai yang Bergembira ketika Datang Gempa

Gempa Ende NTT Magnitudo 6,1

Selain Papua, Nusa Tenggara Timur, tepatnya Kabupaten Ende juga mengalami gempa berkekuatan magnitudo 6,1. Gempa pada Minggu (24/3/2024) tersebut terjadi pada 10.04 WIB dengan kedalaman 47 kilometer dengan pusatnya berada di 104 km tenggara Ende, NTT.

BMKG mengimbau masyarakat agar hati-hati mengingat gempa ini berpotensi terjadi gempa susulan.

Gempa Kaimana Papua Barat Magnitudo 4,4

Papua Barat, tepatnya di Kabupaten Kaimana mencatat adanya aktivitas tektonik yang menyebabkan gempa berkekuatan magnitudo 4,4. Gempa tersebut berada di 114 kilometer tenggara Kaimana Papua Barat dengan pusatnya di kedalaman 10 kilometer.

Sebelumnya, Kabupaten Kaimana juga mengalami gempa pada Januari lalu, tepatnya Selasa (23/1/2024). Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 itu terjadi pada pukul 11.07 WIB dengan pusatnya yang berada di 77 kilometer barat daya Kaimana dan kedalaman 10 kilometer.

Gempa Terdahsyat Sepanjang Sejarah, Indonesia Jadi Salah Satunya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini