Gojek, Hasil Inovasi Nadiem Makarim yang Lahir dari Ketekunan

Gojek, Hasil Inovasi Nadiem Makarim yang Lahir dari Ketekunan
info gambar utama

Nadiem Anwar Makarim lahir di Singapura dari keluarga yang terpelajar di tanggal 4 Juli, 1984. Ia pergi bersekolah di Amerika Serikat di bidang bisnis dan setelah memulai kariernya, pria tersebut terlibat di banyak perusahaan. Perjalanannya, dari salah satu penemu Gojek hingga dilantik menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, akan dibahas di sini.

Ayah Nadiem merupakan seorang pengacara yang memegang gelar Doktor Ilmu Hukum lulusan Harvard University. Ia menikah dengan seorang penulis dan melahirkan dua anak. Adapun Nadiem merupakan yang termuda.

Indonesia Open, Turnamen Bulutangkis Dunia Bertabur Prestasi Anak Bangsa

Berasal dari latar keluarga yang intelektual, Nadiem bisa menempuh pendidikan jenjang SMA di Singapura dan berkuliah di Amerika Serikat, yaitu Brown University, untuk pencapaian gelar Bachelor of Arts (BA) di jurusan Hubungan Internasional. Ia juga merupakan orang yang tekun dan giat sehingga dapat terlibat dalam program pertukaran pelajar di London School of Economics.

Menemukan bahwa pengetahuan yang didapatkannya tidaklah cukup baginya, Nadiem melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dirinya memasuki jurusan Business Administration setelah memilih Harvard Business School sebagai universitas yang dimasukinya.

Dengan kesabarannya dan tetap bersemangat, ia berhasil mendapatkan gelar Master of Business Administration (MBA) di tahun 2011.

Perjalanan Karier Nadiem Makarim

Nadiem Makarim menduduki beberapa posisi di beberapa perusahaan semenjak berkarier di Indonesia. Pada perusahaan Zalora, ia menduduki sebagai Managing Director. Pada perusahaan Kartuku, ia menduduki Chief Innovation Officer. Masing perusahaan tersebut, Nadiem hanya menetap selama satu tahun. Di tahun 2010, ia berpindah untuk membangun sebuah inovasinya sendiri.

Google Science Fair dan Tiga Prestasi Anak Bangsa di Bidang Sains

Jakarta disebut-sebut sebagai kota paling termacet di dunia. Nadiem Makarim, serta penduduk-penduduk Jakarta tentu merasakan ketidaknyamanan isu tersebut, di mana Nadiem beralih ke tukang ojek untuk menghindarinya.

Suatu ketika, dirinya berbincang-bincang kepada para supir yang pada saat itu jarang mendapatkan penumpang. Lama kelamaan, Nadiem mendapatkan idenya untuk melakukan sesuatu yang ia belum pernah lakukan sebelumnya, yaitu membuat bisnis sendiri.

Ia namakan “Gojek”. Nadiem tak sendiri; bersama dengan tiga orang, Mickey, Jurist Tan, dan Brian Cu, mereka perlahan memberikan pasokan dana sehingga Gojek bisa berkembang sedikit demi sedikit.

Perkembangan Gojek sangatlah pesat, ditandai dari banyaknya perusahaan yang memberikan dukungannya sehingga Gojek menjadi perusahaan raksasa di Indonesia. Hal itu bisa terjadi dikarenakan ide kreatif dan juga teknik bisnis yang dimiliki oleh Nadiem Makarim dan kawan-kawannya yang memang memudahkan penduduk Jakarta untuk pergi ke sana ke mari.

Inipun bukan hanya sebuah mode transportasi. Namun, juga layanan pengiriman paket, makanan, bahkan jasa untuk membersihkan rumah dan sebuah mode pembayaran untuk semua perusahaan yang ada di Indonesia.

Berkat usahanya yang mempromosikan kekerjasamaan dan inovasi yang dibuat agar mudah digunakan, Nadiem menerima penghargaan dari The Straits Times Asian of the Year, Nikkel Asia Prize ke-24, dan banyak lagi.

Hal ini membuatnya sangat terkenal hingga Presiden Jokowi mempercayai tanggung jawab Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ke pundaknya.

Nadiem juga mempunyai jiwa yang cinta tanah air karena ia rela meninggalkan usaha “Gojek” yang sukses itu untuk membantu pengembangan kualitas pendidikan Indonesia. Hal-hal tersebut sangatlah pantas ditiru bagi generasi penerus bangsa agar negara kita ini bisa maju.

Kombinasi Kopi dan Kulit Mangga, Ciptaan Anak Bangsa yang Menorehkan Prestasi

Sumber referensi:

  • 2022, 28 Maret. Biografi Nadiem Makarim ✅: Kisah Inspiratif Mas Menteri Pendidikan Indonesia Sekaligus Pendiri Gojek. AkuPaham https://youtu.be/1CWtqz_ggrc?feature=shared
  • Aria, Pingit. 2019, 10 Oktober. Profil Nadiem Makarim, Pendiri Gojek Yang Jadi Calon Menteri Jokowi. katadata.co.id https://katadata.co.id/berita/nasional/5e9a4e5e912e6/profil-nadiem-makarim-pendiri-gojek-yang-jadi-calon-menteri-jokowi
  • Kurniasih, Wida. 2021. Biografi Nadiem Makarim: Pendiri Gojek yang Menjadi Menteri. Gramedia.com https://www.gramedia.com/best-seller/biografi-nadiem-makarim/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini