Mengenal Kapulaga Jawa, Rempah-Rempah Indonesia dengan Berbagai Manfaat

Mengenal Kapulaga Jawa, Rempah-Rempah Indonesia dengan Berbagai Manfaat
info gambar utama

Kapulaga menjadi salah satu rempah-rempah Indonesia yang memiliki beragam manfaat.

Rempah yang memiliki aroma khas ini sering digunakan sebagai penguat rasa dan aroma pada masakan.

Di Indonesia, kapulaga memiliki beragam sebutan, seperti kardamon (Melayu), karkolaka (Bali), kapol (Sunda), kapolaha atau palaga (Madura), garidimang (Bugis), palago (Sumatera), kapulogo (Jawa).

Kapulaga merupakan tumbuhan tahunan yang memiliki batang semu seperti jahe dan kunyit. Tanaman ini dapat tumbuh subur pada ketinggian 300—500 meter di atas permukaan laut.

Di Indonesia, terdapat dua jenis kapulaga yang biasa digunakan yakni, kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga india atau kapulaga seberang (Elettaria cardamomum).

Keduanya masih termasuk dalam suku Zingiberaceae dan merupakan jenis kapulaga yang dapat dibudidayakan di Indonesia.

Kapulaga, Ratunya Rempah yang Tak Hanya Lezat, Tapi Juga Kaya Manfaat

Kapulaga Jawa

Rempah ini banyak ditemukan di wilayah Gunung Honje, Banten, yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk penghangat tubuh anak-anak.

Kapulaga jawa memiliki warna buah merah, berbentuk kapsul bulat telur berdiameter 1—1,5 cm, dengan biji polong yang lebih besar dan berwarna coklat tua. Ketika matang buah kapulaga akan pecah yang didalamnya terdapat biji berbentuk bulat telur memanjang.

Buah kapulaga harus dipanen sebelum matang untuk mencegah pecahnya buah dan warnanya menjadi kurang bagus. Buah yang telah dipanen akan dijemur sampai kering sebelum dipasarkan.

Manfaat Kapulaga Jawa di Bidang Kesehatan

Kapulaga memiliki beragam manfaat di bidang kesehatan, seperti berikut:

  1. Menurunkan Sindrom Metabolik dan Diabetes

Mengonsumsi kapulaga dapat menurunkan kadar protein C-reaktif, protein inflamasi, serta dapat meningkatkan hemoglobin A1c dan kadar insulin, sehingga mampu membantu menurunkan gula darah dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kapulaga jawa yang memiliki antioksidan yang tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi jantung.

Kapulaga, Rempah Indonesia yang Diburu Negara Timur Tengah
  1. Menjaga kesehatan mulut

Memiliki sifat anti inflamasi, sehingga dapat membantu menyeimbangkan pH mulut dan membunuh bakteri penyebab penyakit gusi atau infeksi dalam mulut.

  1. Bersifat antikanker

Mengandung fitokimia alami yang mampu melawan penyakit kanker. Meskipun tidak bisa menggantikan pengobatan kanker, tetapi kapulaga dapat membantu melawan perkembangan sel abnormal kanker.

  1. Mencegah Maag

Dikutip dari Halodoc.com, ekstrak kapulaga yang dikombinasikan dengan kunyit dan daun sembung dapat melindungi sakit maag dibandingkan dengan penggunaan aspirin.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Kapulaga mengandung protein, vitamin C, magnesium, dan zinc, yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Manfaat Kapulaga Jawa di Bidang Ekonomi

Selain di bidang kesehatan, kapulaga jawa juga memiliki manfaat di bidang ekonomi, yakni:

1. Potensi Pertanian Budidaya

Budidaya kapulaga relatif mudah karena tidak membutuhkan lahan khusus, mampu tumbuh baik di bawah tegakan tanaman keras, serta dapat ditanam secara tumpang sari. Selain itu, kapulaga tidak membutuhkan perawatan khusus, hanya perlu dipupuk dan disiangi secara rutin.

Rempah ini juga memiliki tingkat harga yang baik, harga terbaru pada Maret 2024 berkisar antara Rp 50.000 - 600.000 per kilogram. Sehingga kapulaga jawa menjadi potensi pertanian yang layak untuk dikembangkan.

2. Menjadi Komoditas Ekspor

Kapulaga jawa tak hanya mampu dimanfaatkan sebagai obat dan rempah, tetapi juga menjadi komoditas ekspor yang bernilai jual tinggi.

Tak heran apabila rempah ini termasuk dalam daftar 10 rempah ekspor andalan Kementerian Perdagangan.

Dobrak Pasar Thailand-China, Ekspor Kapulaga Sumut Tembus Rp18,5 Miliar

Nilai ekspor kapulaga pada Januari-Agustus 2021 sebanyak 41,2 Juta USD, sedangkan nilai proyeksi ekspor 2024 sebesar 321,5 juta USD atau Rp 4,5 triliun.

Dengan tujuan ekspor di Amerika Serikat, China, Vietnam, India, Arab Saudi, Belanda, Jerman, Malaysia, Singapura, Jepang, dan Australia.

Nah, begitulah Kawan informasi menarik dan manfaat dari kapulaga jawa, yang ternyata dapat menjadi salah satu komoditas ekspor yang bernilai jual.

Referensi:

  • https://jati.desa.id/kegiatandetail/TDlOQTVKaGVaV0NHdjI1RWNsUS9qZz09/kapologo--kapulaga-.html#:~:text=Ada%20dua%20macam%20kapulaga%20yang,suku%20jahe%2Djahean%20atau%20Zingiberaceae.
  • https://www.mongabay.co.id/2023/03/26/kapulaga-rempah-asli-indonesia-yang-mendunia/amp/
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-7-manfaat-kapulaga-jawa-yang-masih-jarang-diketahui
  • https://kedungboto.desa.id/potensidetail/NmUrRlBJYjZmdlIraHo0elorcklZZz09/kapulaga--potensi-pertanian-desa-kedungboto-yang-layak-dikembangkan.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

WO
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini