Jalan Pantura Demak-Kudus Mulai Diperbaiki Pasca Banjir, Selesai H-10 Lebaran 2024

Jalan Pantura Demak-Kudus Mulai Diperbaiki Pasca Banjir, Selesai H-10 Lebaran 2024
info gambar utama

Dampak banjir di sepanjang ruas Simpang Tiga Trengguli-Batas Demak/Kudus telah ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan melakukan berbagai langkah, seperti membersihkan jalan dari sisa-sisa sampah banjir, menghilangkan aspal yang rusak, memperbaiki lubang-lubang, dan rencana untuk melakukan overlay.

Wida Nurfaida, yang menjabat sebagai Direktur Pembangunan Jalan di Direktorat Jenderal Bina Marga, menyampaikan bahwa mulai hari Rabu (27/03/2024), lalu lintas dari Kudus ke Semarang dapat menggunakan jalur yang telah diperbaiki.

Sementara itu, arus lalu lintas dari Semarang ke Kudus sementara masih dialihkan melalui jalur alternatif. Rencananya, lalu lintas di ruas ini diharapkan kembali normal dengan dua lajur/arah pada tanggal 31 Maret 2024.

“Kondisi jalan nasional pasca banjir cukup ekstrim di Demak/Kudus ini tentunya akan mempengaruhi tingkat kemantapan jalan nasional di Provinsi Jawa Tengah. Namun demikian saat ini Balai tengah dilakukan pembersihan dan perbaikan. Diharapkan Kudus arah Semarang H-14 bisa diselesaikan dan Semarang ke arah Kudus selesai H-10 karena kondisi yang harus dilakukan perbaikan lebih panjang” ujar Wida dikutip dari keterangan tertulis.

Kembalinya Selat Muria Pasca Banjir Demak: Mitos atau Fakta?

Sementara itu, Komisi V DPR RI meminta agar perbaikan jalan nasional setelah banjir tidak mengganggu arus mudik/balik Lebaran 2024. Kelancaran jalan nasional dan standar minimum pelayanan di jalan tol, termasuk area istirahat, juga menjadi perhatian Tim Kunker Komisi V DPR RI di bawah kepemimpinan Ridwan Bae.

Mengacu dari data untuk semester II Tahun 2023, stabilitas jalan di Provinsi Jawa Tengah mencapai 96,73%. Komisi V DPR RI berharap bahwa angka ini dapat ditingkatkan, mengingat Provinsi Jawa Tengah merupakan jalur utama bagi pergerakan masyarakat terutama saat mudik Lebaran.

“Prioritas utama saat arus mudik/balik Lebaran adalah keselamatan, keamanan dan pelayanan prima yang diberikan negara ke masyarakat. Oleh karenanya kami berharap Kementerian PUPR terus melakukan upaya-upaya preventif guna kelancaran Mudik Lebaran 2024” tegas Ridwan Bae.

Cerita Ritual Penyembelihan Kambing Kendit untuk Atasi Banjir Demak

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini