Mengenal Legenda Sunan Pandanaran, Asal Mula Nama Kabupaten Boyolali

Mengenal Legenda Sunan Pandanaran, Asal Mula Nama Kabupaten Boyolali
info gambar utama

Kabupaten Boyolali merupakan salah satu wilayah yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Area ini sendiri memiliki luas wilayah yang membentang sebesar 1.015,10 kilometer persegi.

Luas wilayah tersebut terbagi dalam 22 kecamatan, 261 desa, dan 6 kelurahan dengan pusat pemerintahan berada di Kecamatan Mojosongo. Mengutip data BPS Kabupaten Boyolali, jumlah penduduk 22 kecamatan tersebut pada tahun 2020 sendiri berjumlah 1.066,409 jiwa.

Lokasi Kabupaten Boyolali yang berada di lereng Gunung Merapi dan Merbabu membuat Boyolali memiliki banyak hasil bumi dan tempat wisata alam di daerahnya. Bahkan, Boyolali sendiri memiliki sebutan New Zealand van Java atau New Zealand di Pulau Jawa.

Sebutan tersebut melekat karena Kabupaten Boyolali merupakan wilayah penghasil susu segar di Provinsi Jawa Tengah.

Tungguk Tembakau: Kebudayaan Lokal Simbol Harmonisasi Masyarakat Lereng Merbabu Boyolali

Tidak hanya susu, Boyolali juga dikenal sebagai salah satu penghasil sayur mayur terbesar yang ada di Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di lereng gunung vulkanik menyebabkan tanah yang ada di wilayah tersebut terkenal subur bagi pertanian dan perkebunan.

Dibalik kekayaan alam yang melimpah di wilayah tersebut, Kabupaten Boyolali memiliki sejarah dan asal mula yang cukup unik. Kawan penasaran dengan cerita sejarah penamaan Kabupaten Boyolali? Simak ceritanya pada penjelasan berikut!

Asal Usul Nama Boyolali

Perjalanan Ki Ageng Pandan Arang

Mengutip laman Solopos.com, legenda dari penamaan wilayah Boyolali sendiri berhubungan dengan cerita perjalanan Ki Ageng Pandan Arang. Ki Ageng Pandan Arang sendiri merupakan Bupati Semarang pada abad XVI.

Hal tersebut bermula pada kepercayaan Sunan Kalijaga bahwa Ki Ageng Pandan Arang akan menjadi wali penutup setelah Syeh Siti Jenar. Oleh karena itu, Sunan Kalijaga memberikan mandat kepada Ki Ageng Pandan Arang untuk berkelana menuju Gunung Jabalakat di Tembayat dengan tujuan melakukan syiar agama Islam.

Perjalanan Ki Ageng Pandan Arang berlanjut hingga sebuah tempat yang memiliki banyak pohon bambu kuning atau ampel. Ki Ageng Pandan Arang menyadai bahwasanya dirinya telah meninggalkan istri dan anaknya cukup jauh. Oleh karena itu, dirinya memutuskan untuk menunggunya di batu besar tengah sungai.

Jadi Kebun Raya Terbaik Nasional, Ada Apa di Kebun Raya Indrokilo Boyolali?

Batu Besar Dakon

Setelah beristirahat dan menunggu beberapa lama, Ki Ageng Pandan Arang pun berucap “Bayawis lali wong iki?‘ yang artinya “Sudah lupakah orang ini?‘

kata “bayawis lali‘ ini sendiri diambil sebagai asal-usul dari penamaan Kabupaten Boyolali. Kata tersebut menggambarkan nama daerah tempat batu besar itu berada. Batu tersebut sendiri dipercaya berada di Kali Pepe yang membelah wilayah Boyolali saat ini.

Masyarakat percaya bahwa batu besar tersebut berada di depan Pasar Sunggingan, Boyolali. Konon, batu tersebut menjadi tempat peristirahatan Ki Ageng Pandan Arang. Batu tersebut sendiri dinamai sebagai batu dakon.

Asal mula nama batu dakon tersebut berasal dari peristiwa istri Ki Ageng Pandan Arang yang mengetuk-ngetuk tongkatnya kepada batu tersebut. Ketukan tersebut membuat batu tersebut berlekuk-lekuk hingga mirip dakon (mainan anak-anak tempo dulu).

Kisah legenda tersebut diyakini hingga saat ini sebagai kisah asal-mula lahirnya Kabupaten Boyolali. Kisah tersebut juga menjadi dasar aktivitas ziarah ke makam Sunan Pandanaran yang berada di Desa Paseban, Bayat, Klaten.

Kegiatan Ziarah tersebut sendiri dilaksanakan pada hari jadi Kabupaten Boyolali yang ditetapkan pada tanggal 5 Juni. Penetapan tersebut ditetapkan pada Rapat Paripurna DPRD, 13 Maret 1982, dan tertuang pada Perda No.3/1982 tentang Sejarah dan Hari Jadi Kabupaten Boyolali.

Belajar Karawitan dan Pedalangan di Sanggar Gamelan Karang Kadempel, Kabupaten Boyolali

Referensi:

  • Suharsih. 2023. Genap Berusia 176 Tahun, Ternyata Begini Asal-Usul Kabupaten Boyolali https://soloraya.solopos.com/genap-berusia-176-tahun-ternyata-begini-asal-usul-kabupaten-boyolali-1648454
  • Setyaningrum, Puspasari. 2022. 8 Fakta Kabupaten Boyolali, dari Asal-usul Nama hingga Julukan New Zealand van java https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/31/142824278/8-fakta-kabupaten-boyolali-dari-asal-usul-nama-hingga-julukan-new-zealand

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini