Kerak Telor Jajanan dari Jakarta yang Lezat

Kerak Telor Jajanan dari Jakarta yang Lezat
info gambar utama

Bagi Kawan yang merupakan orang Jakarta pasti mengenalnya nama kuliner yang satu ini. Yup, kerak telor! Siapa sih, yang tidak tahu jajanan yang sering wara-wiri di media sosial tersebut?

Kerak telor adalah makanan yang berasal dari Jakarta dan sering disebut sebagai makanannya orang Betawi.

Awal mula kerak telor dikarenakan zaman dahulu pohon kelapa banyak bertumbuh di Kota Jakarta. Lalu buah kelapa ini dipakai banyak masyarakat Betawi untuk dimasak sehingga dinamakan kerak telor.

Kerak Telor, Omelet Khas Orang Betawi 

Cita Rasa Kerak Telor

Bahan memasak kerak telor adalah beras ketan putih, untuk telur pilih telur ayam atau bebek, ebi yang sudah disangrai dan bawang merah goreng dan bumbu penyedap rasa lainnya. Cita rasa makanan kerak telor sangat lezat dan gurih.

Bahan yang dipadukan antara ketan, telur, dan juga bumbu penyedap rasa yang dimasak sampai garing membuat kerak telor memiliki cita rasa yang unik berbeda dengan makanan lainnya. Cara memasak kerak telor pun juga tidak biasa. Wajan yang dipakai memasak terbalik ke arah arang saat bahan membuat kerak telor berubah menjadi setengah matang.

Terus memasak kerak telor seperti itu sampai kerak telor matang merata. Dengan memasak seperti itu tersebut kerak telor yang dimasak berubah garing bagian atas bawah dan pada bagian dalam kerak telor berubah menjadi lembut.

Bahan-bahan dan Cara Membuat Kerak Telor

Untuk membuat kerak telor sangat mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat Kawan GNFI bisa mencobanya di rumah. Yuk, simak bahan-bahan dan cara membuat kerak telor berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- 1 butir kelapa parut yang sudah disangrai kering

- 3 sdm udang rebon goreng

- 2 sdm gula pasir

- 1 sdt bubuk kaldu jamur

- 2 bungkus kecil bubuk cabe

- 2 butir telur

- 1 sdt bumbu putih halus terdiri dari bawang merah dan bawang putih

- 3-4 sdm nasi putih

- Garam, lada, dan kaldu bubuk secukupnya

Mengenal Besengek Tempe Benguk, Makanan Khas Kulon Progo yang Melegenda

Bahan taburan kerak telor:

- Bubuk kelapa rebon dan bawang yang digoreng

Cara membuat kerak telor:

- Buat bubuk kelapa rebon, kelapa parut disangrai sampai garing dan berubah warna menjadi coklat, lalu dihaluskan dengan udang rebon yang telah digoreng, penyedap rasa gula, bubuk cabe, kaldu, dan garam.

- Pada waktu menghaluskan, adonan kerak telor jangan terlalu ditekan supaya minyak tidak keluar, lalu di sisihkan.

- Lalu telur dikocok, tambahkan nasi, garam, lada, kaldu, bumbu putih halus, dan bubuk kelapa rebon aduk-aduk sampai merata.

- Adonan di tuang ke teflon yang sudah panas, sambil ratakan dan terus dimasak sampai bawah kerak telor sedikit gosong dan berubah menjadi kerak.

- Wajannya dibalik dan terus dilakukan sampai berubah sedikit gosong. Setelah itu diangkat.

- Terakhir kerak telor ditaburi dengan kelapa rebon dan bawang goreng.

- Sajikan kerak telor yang sudah matang.

Nah, itulah informasi jajanan kerak telor dari Jakarta yang masih eksis sampai sekarang. Luar biasa kaya negara tercinta kita kan, Kawan GNFI. Banyak sekali jajanan dari Indonesia yang lezat di lidah. Bagi Kawan GNFI belum mencoba kerak telor, harus dicoba segera.

Madumongso, Kudapan Manis Asal Jawa Timur yang jadi Makanan Khas Lebaran

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini