KIPIN Lanjutkan Perjalanan ke Gresik

KIPIN Lanjutkan Perjalanan ke Gresik

KIPIN ATM di Perpusda Gresik © kipin.id

  • KIPIN pada awal bulan ini melanjutkan perjalanan ke Gresik, Jawa Timur.
  • Sebelumnya, KIPIN telah diluncurkan di Surabaya, diperkenalkan di Jakarta, dan ditempatkan di Singapura.
  • Ini merupakan rangkaian program KIPIN Goes to Public Library

Perjalanan KIPIN ATM terus berlanjut. Usai beberapa waktu lalu ditempatkan di Singapura, kali ini KIPIN kembali ke Indonesia dan singgah di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Gresik, Jawa Timur, pada 4 Maret lalu. Ini termasuk rangkaian program KIPIN Goes to Public Library.

KIPIN yang merupakan perpustakaan versi digital, singgah di Perpusda Gresik selama dua minggu. Di sana, KIPIN mengajak masyarakat terutama anak siswa usia sekolah (SD, SMP, dan SMA) untuk memanfaatkan gawai sebagai media belajar dan membaca buku literasi.

Dengan hadirnya KIPIN di Perpusda Gresik, para pengunjung kini tidak hanya bisa membaca buku-buku saja, tapi juga bisa mendapat video pembelajaran, latihan soal, dan komik literasi.

Baca juga: Setelah Surabaya, KIPIN Tebar Pesona di Jakarta

Seluruh pelajar di kabupaten Gresik dapat memanfaatkan KIPIN ATM untuk sarana belajar dan berlatih soal. Bahkan, pelajar tidak perlu berebut materi yang diperlukan, karena mereka bisa mendapatkan semua datanya langsung ke gawai masing-masing.

Dilansir dari siaran pers yang diterima GNFI, Kepala Perpusda Gresik, Siti Jaiyaroh, mengatakan bahwa para pengunjung usia pelajar sangat senang dengan hadirnya KIPIN di Perpusda Gresik. Menurutnya, rata-rata pengunjung suka membaca komik dan berlatih soal di spot KIPIN ATM. Sebagian pengunjung lainnya mengambil data video dan komik, lalu dikirim ke smartphone.

Para murid sangat antusias dengan hadirnya KIPIN ATM di Perpusda Gresik | Foto: kipin.id

“KIPIN ATM berfungsi cukup baik dan para pengunjung menyukainya. Hanya saja para pelajar usia SD agak kesulitan mengakses, karena tinggi badannya kurang sesuai,” ucap wanita yang biasa dipanggil Bu Jay ini.

“Perpusda Gresik tengah menggalakan program Pengembangan Literasi untuk Kesejahteraan, salah satunya kami wujudkan melalui workshop story telling untuk siswa. Komik-komik yang ada di dalam KIPIN ATM ini juga bisa menjadi salah satu bahan belajar siswa untuk mengasah kemampuan membaca dan story telling mereka,” imbuhnya.

Baca juga: KIPIN Menembus Singapura

Tentang KIPIN ATM

KIPIN ATM merupakan perpustakaan versi digital yang berisi konten pembelajaran untuk anak sekolah dan pra sekolah yang terdiri dari buku elektronik (e-book), video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Konten-kontennya tersedia untuk semua tingkatan sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK.

Semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM dapat diakses gratis tanpa internet (offline), karena KIPIN ATM telah dilengkapi dengan wifi internal (dinamakan eduSPOT).

Bahkan para pengunjung perpustakaan bisa mengirim semua konten yang ada di dalam KIPIN ATM ke gawai masing-masing, juga tanpa memerlukan kuota internet. Konten-konten yang telah diunduh ke gawai bisa diakses kapanpun dan di manapun secara offline.**

Baca juga: Digitalisasi Sekolah ala SMA Labschool UNESA

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Tarian Masal Akan Meriahkan Konser Musik Perbatasan NTT Sebelummnya

Tarian Masal Akan Meriahkan Konser Musik Perbatasan NTT

Perairan di Indonesia dengan Kemunculan Lumba-Lumba (Bagian I) Selanjutnya

Perairan di Indonesia dengan Kemunculan Lumba-Lumba (Bagian I)

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.