10 Merek Indonesia dengan Interaksi Terbaik di Instagram

10 Merek Indonesia dengan Interaksi Terbaik di Instagram
info gambar utama

Kawan GNFI, berbicara tentang interaksi di media sosial, tentunya tak lepas dari apa dan bagaimana pengelola media sosial itu melakukan strategi suatu percakapan.

Instagram, selain sebagai media sosial berbasis interaksi antar-individu, juga merupakan sarana yang ciamik untuk para jenama (brand) dalam mempromosikan produk mereka.

Desain dan karakter media sosial sejatinya juga dapat memberikan banyak keuntungan bagi merek dagang itu sendiri, karena tentunya masing-masing media sosial memiliki karakter yang bisa digunakan secara optimal.

Berikut daftar merek dagang Indonesia yang berhasil memikat dengan interaksi terbaik di platform media sosial Instagram.

Shopee kuasai 5 besar

Dari daftar yang dirilis SocialBakers, jenama e-commerce Shopee menjadi yang paling banyak menuai interaksi dengan berada di posisi 5 besar untuk periode Januari-Juni 2020 (Semester I 2020).

Shoppe Indonesia berada pada posisi puncak dengan membukukan 20 jutaan interaksi. Kemudian Shopee Kpop berada pada posisi ke-2 dengan catatan 9,5 jutaan interaksi. Dan, Shopee Beauty berhasil masuk posisi ke-4 dengan 9 jutaan interaksi.

Sementara itu merek dagang penyedia perkakas petualang dan gaya hidup, Eiger, berhasil masuk pada posisi ke-3 dengan berhasil mendulang 9,1 jutaan interaksi. Disusul kemudian oleh Giladiskon Indonesia yang menuai 7,2 jutaan interaksi.

Brand Indonesia dengan interaksi terbaik di instagram

Lain itu, posisi 6-10 juga diisi oleh jenama yang tak kalah memikat dalam melakukan interaksi dengan follower-nya. Mereka adalah;

  • GMX | Geoff Max Footwear (6,9 jutaan interaksi),
  • Heaven_Lights (6,3 jutaan interaksi),
  • Alfamart (5,9 jutaan interaksi),
  • Rubylicious (5,2 jutaan interaksi), dan
  • Pricebook (5 jutaan interaksi).

Keuntungan interaksi di media sosial instagram

Dalam ilmu pemasaran digital (digital marketing), engagement rate (ER) atau rating interaksi dalam instagram dianggap cukup penting untuk mengukur seberapa pemilik akun instagram melakukan interaksi dengan audiens-nya. Semakin tinggi ER, maka dipastikan akun tersebut memiliki interaksi yang baik.

Lantas, apa keuntungan interaksi di media sosial instagram?

Seperti dijelaskan dalam laman blog Xendit, tentunya banyak hal yang bisa dicapai sebuah jenama dengan melakukan interaksi di media sosial--khususnya pada instagram. Di antaranya adalah;

Meningkatkan brand awareness

Sederhananya, bisnis dari sebuah perusahaan akan lebih dikenal masyarakat melalui media sosial instagram yang mereka akses. Salah satu agensi digital marketing di Amerika Serikat bahkan menyebutkan bahwa sebesar 78 persen usaha kecil menarik pelanggan baru melalui media sosial.

Sementara berdasarkan data dari eMarketer, sejumlah 33 persen konsumen menggunakan media sosial untuk melakukan pencarian produk maupun jasa baru.

Hal lain yang lebih menarik adalah konsistensi pemilik akun dalam mengunggah (update) konten ternyata dapat meningkatkan brand awareness terhadap bisnis yang dijalankan. Platform instagram juga menyediakan fitur SEO (search engine optimalization) agar akun dapat dengan mudah terdeteksi.

Akses informasi yang lebih fleksibel

Fleksibilitas akses informasi adalah kelebihan media sosial instagram ketimbang dengan media lain yang cenderung kurang fleksibel.

Pendek kata, melalui media sosial instagram para pengguna dapat mengakses informasi apa saja, kapan saja, dan dimana saja saat dibutuhkan, termasuk produk pada sebuah perusahaan.

Perusahaan juga bisa memantau aktivitas pelanggan, mengamati kompetitor, dan tentunya mengakses informasi soal pengembangan usaha sebagai strategi selanjutnya.

Jaringan bisnis menjadi lebih luas

Bagi kalangan pebisnis, jejaring (networking) menjadi salah satu unsur penting yang akan menunjang kesuksesan bisnis. Dan, media sosial instagram memberikan peluang untuk membuka jaringan bisnis seluas-luasnya secara global.

Hal ini tetunya akan memberikan kesempatan kepada investor untuk berinvestasi pada sebuah perusahaan, sehingga penting bagi sebuah perusahaan untuk mengelola media sosial semaksimal mungkin.

Interaksi media sosial instagram sebagai basis riset dan promosi

ilustrasi pengguna media sosial
info gambar

Hal menarik lainnya yang bisa didapat sebuah merusahaan dengan melakukan interaksi di media sosial di instagram adalah sebagai bahan riset untuk pengembangan bisnisnya.

Karena dalam setiap bisnis, penting kiranya untuk menentukan target pasar untuk menentukan kesuksesan penjualan produk.

Saat ini banyak sekali berbagai tools untuk media sosial instagram yang bisa dimanfaatkan untuk menganalisa target pasar serta memantau aktivitas pemilik akun instagram.

Melalui data-data yang didapatkan dari tools tersebut, para pebisnis akan lebih mudah untuk mengetahui aktivitas pasar serta mengukur seberapa berhasil strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan.

Lain itu, dengan memanfaatkan platform media sosial instagram sebagai media promosi, dapat juga menekan ongkos promosi ketimbang promosi melalui jalur offline.

Selain ramah biaya, akun media sosial instagram perusahaan juga dapat meningkatkan jumlah pengikut (follower), yang berpotensi meningkatkan brand awareness perusahaan.

Baca juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini