Wow! Ini Nama Asli Artis Indonesia yang Kita Jarang Tahu

Wow! Ini Nama Asli Artis Indonesia yang Kita Jarang Tahu
info gambar utama

Kawan GNFI, di balik ketenaran para pesohor atau selebritas di Indonesia, ternyata banyak perjuangan yang harus mereka relakan. Salah satunya menanggalkan nama asli untuk kebutuhan komersil.

Mereka menyebutnya dengan nama panggung, yang kadang terdengar kocak dan lucu, namun tak sedikit juga yang keren. Nama-nama panggung tersebut nyatanya membuat mereka moncer dan dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Meski tentunya banyak sekali artis atau pesohor Indonesia yang menggunakan nama panggung, berikut kami sarikan beberapa di antaranya dari berbagai sumber.

Anji

Erdian Aji Prihartanto atau lebih tenar disapa Anji atau Manji adalah penyanyi yang sebelum memulai debutnya bersama grup musik Drive, pada 2004 sempat mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim kedua, namun tak lolos audisi.

Ayu Ting Ting

Terlahir dengan nama asli Ayu Rosmalina, Ayu adalah penyanyi dangdut, aktris, dan pembawa acara. Ia menjadi terkenal saat menyanyikan lagu utamanya yang berjudul Geol Ajep Ajep dan Alamat Palsu.

Amara ''Lingua''

Aktris cantik ini memiliki nama asli Tuwuhadijatitesih Amaranggana. Ia adalah pemain sinetron dan penyanyi Indonesia yang tergabung dalam grup musik Lingua di era 90-an. Amara juga karib disapa Mara.

Bebi ''Romeo''

Virdy Megananda atau akrab dipanggil Bebi merupakan musisi, penyanyi, dan produser yang mendirikan grup musik Bima dan Romeo. Berkat tangan dinginnya, nama penyanyi Afgan pun moncer di pasaran.

Bolot

Siapa tak kenal pelawak kawakan, Bolot. Memiliki nama asli Muhammad Sulaeman Harsono, pria kelahiran Bogor ini memulai karier sebagai pemain lenong Betawi yang khas dengan karakter ''budeg''nya. Dalam setiap aksi panggunnya, Ia tak bisa terpisahkan dari lawan mainnya, Malih Tong Tong.

Baim Wong

Lahir dengan nama Muhammad Ibrahim, pria kelahiran Jakarta ini sekarang aktif sebagai pembuat konten Youtube (Youtuber). Baim pertama kali berkarier di industri hiburan Indonesia pada 2001 sebagai pemain sinetron.

Charly Van Houten

Tak ada yang menyangka jika vokalis grup musik Setia Band dan ST 12 ini memiliki nama asli Muhammad Casmali Parli. Selain sebagai musisi, Charly juga merupakan komposer dan produser musik.

Cici Tegal

Komedian Cici Tegal kerap tampil dengan logat Jawanya yang ngapak dan medok, seperti orang Tegal. Makanya ada kata Tegal di belakang nama Cici. Padahal pemilik nama asli Sri Wahyuningsih ini berdarah asli Betawi.

Chrisye

Chrisye (alm), memiliki nama asli Krisman Rahardi. Namanya masih sangat lekat dan tetap dikenang karena merupakan salah satu legenda di industri musik Indonesia.

Cak Lontong

Nama Cak Lontong dianggap sebagai pelawak yang membawa perubahan baru dalam dunia komedi Indonesia. Lawakannya sederhana, dengan bahasa baku, tanpa menjelekkan dan merendahkan pihak lain.

Nama aslinya ternyata Lies Hartono, yang semasa kecil ia dijuluki ''Lontong'' oleh teman sepermainannya. Sementara ''Cak'' merupakan panggilan bagi laki-laki di Jawa Timur, tempat kelahirannya (Magetan).

Dorce Gamalama

Karib disapa Bunda Dorce, pemilik nama lahir Dedi Yuliardi Ashadi asal Solok, Sumatera Barat, ini merupakan sosok penghibur di industri hiburan Indonesia. Nama besar Dorce dikenal sebagai pelawak, pembawa acara, pemain film, dan penyanyi.

Deddy Corbuzier

Aktif sebagai pembawa acara dan Youtuber, Deddy Corbuzier ternyata memiliki nama asli Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo. Memulai kariernya sebagai mentalist, Deddy kini dikenal sebagai bagian dari industri hiburan digital Indonesia.

Dede Yusuf

Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013 ini memiliki nama asli Yusuf Macan Effendi. Meski bercita-cita menjadi ninja dan aktif mengikuti olahraga beladiri, nyatanya Dede lebih dikenal sebagai pesinetron yang kini terjun ke dunia politik.

Didi Kempot

Nama asli Didi Kempot (alm) adalah Didik Prasetyo. Semasa hidupnya ia dikenal sebagai seorang penyanyi dan pencipta lagu campursari dan congdut dari Surakarta.

Ia merupakan putra dari seniman tradisional terkenal, Ranto Edi Gudel, serta adik kandung dari pelawak senior Srimulat, Mamiek Prakoso.

Evie Tamala

Tak banyak yang tahu jika Evie terlahir dengan nama Cucu Suraningsih. Tapi sepertinya nama Evie Tamala memberi berkah tersendiri untuk kariernya. Evie juga dikenal sebagai bagian dari legenda musik dangdut Indonesia.

Eddy Brokoli

Mulai top ketika menggawangi grup musik Harapan Jaya, pemilik nama asli Edi Hidayatullah ini memang cukup nyentrik. Sosoknya mudah dikenal dengan tampilan rambut kribo nan mekar, bak sayuran Brokoli.

Inul Daratista

Pedangdut kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, ini memiliki nama asli Ainur Rokhimah. Muasalnya nama Inul dikenal sebagai penyanyi dangdut dengan goyang ngebornya.

Ian Kasela ''Radja''

Tak ada yang menduga jika Samijan adalah nama lahir Ian Kasela, sang vokalis grup musik Radja yang kondang di era 2000-an. Kini nama Iandhika Mulya Ramadan menjadi nama di balik nama panggung Ian.

Jarwo Kwat

Sujarwo adalah nama aslinya. Bersama grup lawak Diamor, nama Jarwo melejit di industri hiburan Indonesia bersama lawan mainnya, Komeng.

Jarwo ''Naif''

Musisi yang karib disapa Jarwo Naif ini memiliki nama asli Fajar Endra Taruna Mangkudisastro. Ia adalah seorang musisi Indonesia yang merupakan gitaris dan vokal latar dari grup bandnya.

Ki Joko Bodo

Paranormal nyentrik ini memang dikenal dengan wajah yang sangar dengan rambut gondrongnya. Saat ini, pemilik nama lengkap Agung Yulianto ini pindah haluan dan kerap tampil dalam berbagai program acara komedi di TV.

Komeng

Tak ada yang tak kenal Komeng, pelawak yang kerap bertingkah konyol dengan ucapan yang ceplas-ceplos. Memiliki nama asli Alfiansyah, komedian berdarah Sunda dan Betawi ini awalnya dikenal melalui grup lawak Diamor, bersama Jarwo.

Mi'ing ''Bagito''

Tubagus Dedi Suwendi Gumelar, atau kondang dengan nama panggung Mi'ing adalah salah komedian berdarah Sunda yang merupakan pendiri grup lawak Bagito. Belakangan, Mi'ing aktif terjun di dunia politik dengan menjadi anggota DPR periode 2009-2014.

Moldy ''Radja''

Selain Ian Kasela, nama grup musik Radja tak bisa lepas dari performa sang gitaris, Moldy. Yup, pemilik nama lengkap Mulyadi ini rela menanggalkan nama aslinya untuk kebutuhan komersil.

Memes

Nama lahirnya Meidiana Maemunah, namun kemudian berganti menjadi Meisje yang dalam bahasa Belanda bermakna anak perempuan.

Namun karena orangtuanya berlidah khas Sunda, maka Meisje lebih mudah terucap dengan kata Memes. Sebelum menjadi penyanyi, Memes memulai kariernya sebagai modeling di usia 15 hingga remaja dan menjadi gadis sampul di beberapa majalah populer, seperti Femina, Kartini, dan Gadis.

Mulan Jameela

Penyanyi Mulan Jameela sempat berapa kali berganti nama. Sempat bernama Mulan Kwok saat tergabung dalam grup musik duo Ratu, lalu berganti menjadi Mulan Jameela saat bersolo karier.

Pemilik nama lengkap Raden Terry Tantri Wulansari ini pun hingga saat ini masih aktif di industri musik Indonesia.

Pasha ''Ungu''

Vokalis band Ungu ini memiliki nama asli Sigit Purnomo Syamsuddin Said. Lepas dari industri musik Indonesia, kini Pasha aktif sebagai Wakil Walikota Palu periode 2015-2020.

Pepeng

Pepeng (alm) dikenal sebagai komedian, presenter, aktor, dan politikus. Nama aslinya Ferrasta Soebardi yang semasa hidupnya selalu memiliki banyak karya. Karya-karya Pepeng tentu akan selalu diingat, karena ia juga aktif sebagai penulis.

Pepeng ''Naif''

Nama aslinya Franki Indrasmoro Sumbodo yang merupakan seorang penabuh drum (drummer) grup musik Naif. Selain sebagai seorang musisi, Pepeng juga pegiat komik (komikus). Pepeng merupakan lulusan D-3 Fakultas Seni Rupa/Desain Grafis Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Polo

Memiliki nama komplet Barata Nugraha, Polo dikenal sebagai komedian legendaris Srimulat. Bersama Tarzan, Yati Pesek, dan Mamiek Prakoso (alm), Polo melejitkan nama Srimulat sebagai bagian dari legenda komedi Indonesia.

Parto ''Patrio''

Parto, merupakan pendiri grup lawak Trio Patrio bersama Eko dan Akri. Pemilik nama nama Eddy Soepono ini masih melejit hingga kini melalui program komedi TV, Ini Baru OVJ yang tayang di Trans7 saban pekan.

Sule

Pelawak asal Bandung, Jawa Barat, ini disebut-sebut sebagai yang paling laris dan paling mahal saat ini. Bernama asli Entis Sutisna, Sule menjadi bagian dari komedian paling top di Indonesia.

Tompi

Tompi alias Teuku Adifitrian, pria kelahiran Aceh yang merupakan seorang penyanyi jazz dan pembawa acara di Indonesia. Selain itu dirinya juga dikenal juga sebagai dokter.

Tarsan

Nama lengkapnya Toto Maryadi kelahiran Malang, Jawa Timur. Tarsan adalah pelawak yang dikenal luas sebagai bagian dari anggota grup Srimulat.

Nama panggung Tarsan didapat saat ia sukses memerankan tokoh itu--Tarzan--dalam suatu pertunjukan, dan seterusnya dipakai hingga sekarang.

Titik Puspa

Legenda hidup industri hiburan Indonesia ini memiliki nama lengkap Sudarwati. Pospo, nama sang ayah terus ia kenakan hingga kini yang membuatnya menjadi salah satu artis senior, penyanyi, dan pencipta lagu terbaik sepanjang masa yang dimiliki Indonesia.

Titi Kamal

Titi Kamal memiliki nama asli Kurniaty Kamalia. Istri aktor dan enterpreneur Christian Sugiono ini kariernya sebagai model dan kemudian merambah dunia akting.

Uya Kuya

Selain sebagai presenter top, Uya yang bernama paspor Surya Utama ini memiliki tangan dingin dalam berbisnis. Ia memiliki banyak usaha, mulai dari pisang goreng, distro, ternak kucing, hingga jual beli mobil.

Winky Wiryawan

Namanya dikenal sebagai model, Disc Jokey (DJ), dan aktor. Ketiga profesi itu masih terus dijalani oleh Winky Wiryawan yang bernama asli Nurayendra Irwindo itu hingga kini.

Yuni Shara

Yuni Shara lahir dengan nama Wahyu Setyaning Budi. Wanita yang masuk dalam jajaran penyanyi legendaris Indonesia ini juga merupakan kakak kandung dari Krisdayanti.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini